BERANDA

SUSTAINABILITY

Sehat Sejahtera Selaras

MILKPEDIA

Nutrisi & Kesehatan Manfaat Minum Susu Kapan & Bagaimana Cara Minum Susu FAQ

RESEP KAMI

Resep dengan Susu Cair Resep dengan Kental Manis Resep dengan Susu Bubuk

AKTIVITAS KAMI

Menangkan Puasamu dengan Frisian Flag Cokelatnya Bikin Semua Nikmat Dunia Zuzhu Games Zuzhu & Zazha Kebaikan Susu 100 Tahun Frisian Flag Professional

PRODUK KAMI

Susu Kental Manis Susu Siap Minum Susu Bubuk Keluarga Susu Ibu dan Balita

PERUSAHAAN KAMI

Tentang Kami Galeri Photo Berita Siaran Pers Business Principles Safety Policy Tujuan Kami

KARIR

Overview Pusat Karir Event Artikel

FITUR KAMI

Massa Tubuh Gizi Harian

8 Rahasia Manfaat Susu Bagi Kesehatan
09 Sep 2019

Martabak atau Terang Bulan, Mana Favoritmu?

Mau martabak atau terang bulan, siapa yang kenal dengan salah satu camilan nikmat satu ini? Semua orang pasti pernah mencicipi bahkan menyukai martabak atau terang bulan. Bisa dibilang, baik martabak atau terang bulan, keduanya telah jadi menu favorit bagi banyak orang. Selain itu, penjualnya pun sering banyak ditemui di mana saja di Indonesia.

Berkat popularitasnya yang cukup besar, mulai banyak bermunculan inovasi martabak atau terang bulan yang memiliki cita rasa baru dan bervariasi. Salah satu martabak atau terang bulan yang paling banyak variasinya adalah varian rasa cokelat. Apalagi banyak sekali pecinta cokelat yang juga menyukai martabak atau terang bulan ini. Nah, buat Kamu yang menyukai cokelat, Kami bagikan resep martabak atau terang bulan dengan topping cokelat nikmat.

Resep martabak atau terang bulan topping cokelat

Bahan-bahan

Cara membuat martabak atau terang bulan topping cokelat,

Dengan menghidangkan sajian resep martabak manis atau terang bulan di dalam rumah, Anda bisa menjaga kadar asupan yang dibutuhkan seluruh anggota keluarga. Dibandingkan dengan resep martabak manis di luar, Anda bisa mengombinasikan resep yang dimiliki dengan menggunakan bahan-bahan yang lebih sehat dan bergizi, seperti Frisian Flag Kental Manis Cokelat.

Asal usul martabak atau terang bulan

Meskipun memiliki nama yang beda, martabak atau terang bulan ini merupakan jenis makanan yang serupa. Menurut asal usul yang beredar, jenis makanan satu ini asalnya berasal dari Bangka Belitung yang dikenal dengan nama Hok Lo Pan. Untuk penyebutan martabak atau terang bulan ini datang dari berbagai macam daerah. Misalnya di Indonesia bagian barat, mulai dari Pulau Sumatera kecuali Bangka Belitung, hingga Jakarta, Bandung, dan sekitarnya menyebut makanan ini dengan nama martabak atau martabak bangka, sesuai dengan asal hidangan ini berasal. Sedangkan untuk terang bulan, nama makanan ini lebih populer di bagian Indonesia Timur, mulai dari Jawa Timur hingga provinsi Papua. Penamaan terang bulan ini hadir karena bentuknya yang membulat sempurna seperti bulan purnama saat belum diberi topping dan dipotong menjadi beberapa bagian. Di luar daerah tersebut, masih banyak lagi nama yang tersemat untuk hidangan satu ini. Jika kamu ke daerah Jawa Tengah, ke kota Semarang misalnya, kamu akan menemukan hidangan ini dikenal dengan nama Kue Bandung oleh warga sekitar. Menarik bukan? Mengingat asal usulnya yang datang dari kawasan Bangka Belitung.

Di daerah Bangka Belitung sendiri, resep martabak atau terang bulan ini identik dengan topping gula dan wijen sangrai saja. Namun saat ini sudah banyak resep-resep variasi yang terkesan modern dan lebih menggugah selera siapa saja. Kamu juga bisa membuat resep martabak atau terang bulan favoritmu di rumah lho. Untuk membuat martabak atau terang bulan di rumah perlu ada sedikit penyesuaian dengan ukurannya. Mengingat teflon merupakan alat yang umum ditemukan di rumah dan wajan khusus dalam membuat hidangan ini bukan hal yang bisa didapatkan dengan mudah, kamu bisa membuat martabak atau terang bulan dalam bentuk mini.

Resep martabak atau terang bulan mini rasa green tea

Bahan-bahan:

Cara Membuat:

Untuk kamu pecinta hidangan martabak atau terang bulan, masih banyak resep olahan yang bisa kamu coba sajikan di rumah. Lihat resep menaik lainnya di sini. Jangan lupa juga untuk selalu tambahkan Frisian Flag Kental Manis Cokelat sebagai tambahan hidangan favorit lainnya!

Share This Entrys

Artikel Terkait
Milkpedia

Permainan lama yang bisa diajarkan Ibu ke Si Kecil

Milkpedia

Ide Membuat Macam-Macam Es Buah Cokelat

Milkpedia

3 Olahan Alpukat untuk Ceriakan Akhir Pekan