BERANDA

SUSTAINABILITY

Sehat Sejahtera Selaras

MILKPEDIA

Nutrisi & Kesehatan Manfaat Minum Susu Kapan & Bagaimana Cara Minum Susu FAQ

RESEP KAMI

Resep dengan Susu Cair Resep dengan Kental Manis Resep dengan Susu Bubuk

AKTIVITAS KAMI

Menangkan Puasamu dengan Frisian Flag Cokelatnya Bikin Semua Nikmat Dunia Zuzhu Games Zuzhu & Zazha Kebaikan Susu 100 Tahun Frisian Flag Professional

PRODUK KAMI

Susu Kental Manis Susu Siap Minum Susu Bubuk Keluarga Susu Ibu dan Balita

PERUSAHAAN KAMI

Tentang Kami Galeri Photo Berita Siaran Pers Business Principles Safety Policy Tujuan Kami

KARIR

Overview Pusat Karir Event Artikel

FITUR KAMI

Massa Tubuh Gizi Harian

25 Januari 2021

Explore Atau Exploit

Tidak jarang kita merasa sulit untuk memilih. Entah karena merasa tidak punya pilihan atau malah terlalu banyak pilihan. Tidak hanya keputusan yang besar, pilihan sehari-hari juga tidak jarang membuat kita overwhelmed.

Dalam presentasinya di Ted talk tahun 2017, Tom Griffiths, seorang cognitive scientist memberikan tips agar memilih jadi lebih mudah. Yaitu dengan membaginya menjadi 2 kategori : explore atau exploit.

Pilihan yang masuk kategori explore adalah pilihan yang lebih tidak familiar, bukan sebuah rutinitas atau belum pernah kita coba sebelumnya. Pilihan ini bisa menjadi lead untuk sebuah inovasi atau hal yang baru.

Sementara exploit adalah pilihan yang sudah familiar, yang sudah pernah kita pilih dan sudah bisa diperkirakan outcomenya.

Keduanya jelas memiliki konsekuensi masing-masing. Exploit terkesan lebih aman, tapi kan kalau kita takut salah kita tidak akan belajar hal baru. Salah satu faktor yang bisa menjadi penentu kapan explore atau exploit adalah waktu. Waktu yang terbatas membuat pilihan exploit lebih ideal karena kita sudah memiliki latar belakang dan desired outcome.

Decisiveness merupakan salah satu manifestasi dari #CommerciallyObsessedkarena dengan kemampuan mengambil keputusan, kita bisa memberikan yang terbaik bagi market maupun diri sendiri.


Share This Entry

ARTIKEL LAINNYA