Tips minum susu buat kamu yang mengalami intoleransi laktosa

| 01 Nov 2019

Tips minum susu buat kamu yang mengalami intoleransi laktosa

Kamu pasti punya keinginan untuk melakukan apapun yang disuka, termasuk menikmati makanan dan minuman lezat yang ada. Namun terkadang hal tersebut terhalang karena tubuh kamu tidak bisa menerima kandungan tertentu dari makanan atau minuman tersebut. Kayak ada orang yang setelah makan seafood badannya menjadi memerah dan gatal, minum kopi asam lambung kamu jadi naik, dan mual atau sebah setelah minum susu. Banyaknya hal yang membatasi kamu dalam menikmati makanan atau minuman, membuat kamu harus berhati-hati dalam memilih makanan, deh. Terutama buat kamu yang sebah setelah minum susu, mual setelah minum susu, kembung setelah minum susu, dan eneg setelah minum susu, membuat kamu susah untuk nyobain banyak makanan, apa lagi minuman. Minuman-minuman hits jaman sekarang kayak boba, milkshake, dan thai tea banyak mengandung susu. Kamu jadi harus berpikir ulang kalau mau menikmati minuman tersebut. 


Keadaan di mana kamu mengalami sebah setelah minum susu, mual setelah minum susu, kembung setelah minum susu, dan eneg setelah minum susu terjadi karena intolerance lactose. Intolerance lactose atau intoleransi laktosa adalah kurangnya enzim laktase dalam tubuh kamu untuk memecah laktosa, karena laktosa ini tidak terpecah maka menjadi gas yang masuk ke perut kamu, akhirnya kamu sebah, mual, kembung, atau eneg setelah minum susu. 


Faktanya, tidak jarang bahwa tubuh membutuhkan nutrisi dan kalsium yang bisa kamu dapatkan ketika mengkonsumsi susu. Susu siap minum Frisian Flag 225ml memilki sumber 8 Vitamin (Vitamin A, D3, B1, B2, B3, B6, dan B12), Vitamin B5, sumber 3 mineral (Kalsium, Fosfor dan Iodium). Sehingga mengkonsumsi susu tetap penting bagi kamu


Nah, untuk kamu yang sering mengalami hal di atas, kamu bisa mencoba beberapa tips ini agar bisa tetap menikmati lezat dan manfaatnya susu.


  1. Campur dengan bahan lain

Susu tidak harus menjadi minuman pokoknya, bisa kamu tambahkan dengan bahan sekunder lainnya untuk membuat menu baru. Kamu bisa mencoba mencampurkannya dengan cokelat, atau teh. Dengan menambahkannya dengan bahan lain, bisa mengurangi kandungan susu yang ada.


  1. Minum suplemen tambahan

Intoleransi laktosa terjadi karena kurangnya enzim laktase dalam tubuh kamu, jadinya tubuh kamu sulit memecah laktosa pada susu. Untuk itu kamu perlu suplemen tambahan untuk menambah enzim laktase dalam tubuh kamu. Sebelum kamu mengonsumsi susu, kamu bisa mulai dulu dengan mengonsumsi enzim laktase terlebih dahulu, agar bisa membantu memecah laktosanya.


  1. Takaran yang sesuai

Kalo kamu masih ingin minum susu hewani dengan murni tanpa campuran apapun, kamu bisa mencoba takaran yang sesuai. Takaran yang sesuai ini adalah batas di mana kamu bisa mengonsumsi tanpa memicu intoleransi laktosa, kamu bisa mencoba sedikit-sedikit saja sampai tahu batas takaran untuk kamu. Namun, sebaiknya kamu juga jangan lupa konsultasikan ke dokter ya.



Tenang saja, pada dasarnya kamu tetap bisa menikmati susu selama dengan takaran pas tanpa perlu mengalami perut kembung, atau eneg. Yuk cobain Frisian Flag Purefarm Flavour dengan berbagai pilihan rasa favorit. Info lengkapnya bisa cek di sini ya!

Artikel Terkait