Ini Fakta Kebaikan Susu dalam Membentuk Tubuh Ideal!

| 14 Sep 2017

Ini Fakta Kebaikan Susu dalam Membentuk Tubuh Ideal!

Ada begitu banyak pro kontra soal susu. Ada penelitian yang menyebut susu bermanfaat, ada pula yang sebaliknya. Cari tahu fakta di balik semua perdebatan tersebut dan dapatkan manfaat kebaikan susu bagi tubuh kita.

Seorang ahli gizi bernama Alan Aragon, M.S., meneliti manfaat susu bagi orang dewasa, terutama apakah susu bisa membantu menurunkan kadar lemak tubuh atau membantu mereka yang ingin membentuk tubuh menjadi berotot. Penelitian Aragon didukung oleh peneliti dari University of Tennessee yang membeberkan bahwa meminum susu kaya kalsium tiga gelas sehari membantu menghilangkan lebih banyak lemak di perut dibandingkan orang yang diet dengan mengurangi jumlah susu kurang dari tiga kali tetapi mengkonsumsi suplemen kalsium. Para peneliti tersebut menemukan kalsium pada suplemen tidak sebaik kebaikan kalsium susu. Susu diketahui punya efek membakar lemak tambahan yang tidak terdapat dalam suplemen kalsium.

Susu juga baik untuk pembentukan otot. Protein dalam susu terdiri dari 20 persen whey dan 80 persen kasein. Keduanya adalah protein berkualitas tinggi. Whey cepat diserap dalam aliran darah karena cepat terpecah menjadi asam amino yang dibutuhkan tubuh. Manfaat whey akan terasa setelah beraktivitas fisik seperti usai bekerja atau berolahraga. Sedangkan kasein dicerna lebih lambat dan bermanfaat membantu Anda kenyang lebih lama dan mencegah Anda cepat lapar.

Lalu mana yang lebih baik untuk pembentukan tubuh ideal, susu skim atau susu murni? Berdasarkan penelitian, susu membantu meningkatkan kolesterol baik pada tubuh (LDL). Jika dikonsumsi lebih dari delapan ons sehari, susu akan membantu menurunkan trigliserida yang menjadi penanda risiko penyakit jantung. Nah agar Anda memperoleh kebaikan susu yang seimbang untuk menjaga agar tubuh ideal, susu skim lebih baik karena memiliki lemak rendah. Namun jika Anda ingin menghasilkan otot yang kuat, maka susu murni pilihannya.

Dapatkan kebaikan susu putih dengan konsumsi minimal satu gelas susu sehari untuk memberi tubuh Anda kombinasi ideal protein untuk pembentukan otot dan bagian dari pola makan sehat, serta seimbangkan dengan aktivitas fisik berupa olahraga rutin.

Artikel Terkait