Waspadai Anak Menyentuh Bermacam Benda Di Tempat Umum

| 03 Nov 2017

Waspadai Anak Menyentuh Bermacam Benda Di Tempat Umum

Meningkatkan daya tahan tubuh anak adalah hal yang penting karena kuman penyebab penyakit dapat menyerang kapan dan di mana saja, apalagi di tempat umum. Hati-hati jika anak Anda menyentuh benda-benda yang biasa ditemukan di fasilitas umum, 5 di antaranya adalah: 

Tombol lift

Sebuah penelitian dalam jurnal Open Medicine yang dipublikasikan oleh National Center for Biotechnology Information membandingkan jumlah bakteri pada 120 tombol lift di 3 rumah sakit di Toronto dan Ontario. Hasilnya tombol lift 18% lebih kotor dari pada dudukan toilet. Tak heran sebab tombol lift disentuh oleh banyak orang hingga tingkat perpindahan bakterinya jadi tinggi.

Pegangan tangga

Dikutip dari CCN International, Professor of Environmental Microbiology dari University of Arizona, Charles Gerba dan tim menemukan banyak sampel kotoran di pegangan eskalator, antara lain sisa makanan dan bakteri E. coli.

Gagang troli supermarket

Charles Gerba juga melakukan penelitian kebersihan pada troli belanjaan di area parkir supermarket di San Frasisco, Los Angeles, Atlanta, Portland, dan Iowa. Hasilnya, Gerba menyatakan bahwa 72% dari 85 troli penuh dengan bakteri. Bahkan 50% dari 36 troli tersebut menjadi sarang bakteri E. coli yang menjadi penyebab diare.

Uang

Jurnal PLOS ONE mempublikasikan sebuah penelitian dengan uang kertas US$ 1 dari sebuah bank di kota New York pada bulan Februari dan Juni 2013 sebagai objek penelitian dan menemukan bermacam mikoorganisme dan virus pada permukaan uang kertas.               

Menu restoran

ABC News Consumer Correspondent Elisabeth Leamy mengunjungi 10 restoran untuk mengambil sampel, salah satunya menu restoran. Sampel lalu diteliti lebih lanjut oleh Dr. Philip Tierno dari New York University Microbiology Department dan tim. Ternyata Leamy menemukan setidaknya 1 bakteri penyebab infeksi staph (infeksi kulit, sepsis, osteomielitis) dan kuman penyebab radang tenggorokan.

Tak perlu melarang anak keluar rumah. Cukup ajarkan anak kebiasaan baik, terutama cuci tangan sebelum makan, dan tingkatkan daya tahan tubuhnya. Salah satu cara meningkatkan daya tahan tubuh anak adalah dengan mencukupi kebutuhan gizi hariannya.

Susu Siap Minum Frisian Flag Milky Kotak diproduksi dengan susu segar dengan kandungan zat gizi makro (protein, karbohidrat dan lemak) dan tinggi akan kalsium, vitamin A, B1, B2, B6 dan D3 untuk mendukung pertumbuhan dan daya tahan tubuh si Kecil dengan rasa yang enak.

Artikel Terkait