Runners, Ini Caranya Mempertahankan Stamina saat Berlari!

| 15 Sep 2017

Runners, Ini Caranya Mempertahankan Stamina saat Berlari!

Setiap pelari tentu senang ketika bisa meningkatkan performa jarak dan kecepatan larinya. Untuk bisa melakukannya, tentunya perlu latihan yang tidak ringan. Simak beberapa cara di bawah ini agar Anda tidak cepat lelah, memiliki stamina yang cukup, dan mendapatkan pencapaian terbaik.

Gunakan pernapasan perut

Prinsip dasar bernapas saat berlari adalah semakin banyak oksigen yang masuk dan terangkut dalam tubuh, maka dia pasti lebih unggul dibandingkan pelari lain. Saat berlari, gunakan napas perut agar lebih efektif. Dalam pernapasan perut, otot diafragma paru-paru menjadi kembang kempis. Pernapasan perut berbeda dengan pernapasan dada yang teknik pengambilannya akan membuat dada tampak naik turun. Pastikan juga Anda bisa mengontrol napas hingga konsisten dan berirama. Untuk mendapatkan strategi bernapas yang baik, Anda harus tekun berlatih berkali-kali.

Pemanasan yang cukup

Dalam berlari, pemanasan adalah salah satu tahap terpenting. Meski hanya dilakukan 5-10 menit sebelum lari pun, efek dari pemanasan ini sangat berpengaruh untuk melancarkan aliran darah dan distribusi oksigen ke seluruh tubuh, menghindarkan Anda dari kram atau kesemutan, serta mengurangi risiko cedera. Para peneliti dari Norwegian University of Science and Technology mengungkapkan bahwa pemanasan bermanfaat mencegah nyeri otot pada daerah sentral tubuh dan mempertahankan kekuatan otot-otot penting saat berlari.

Asupan cairan yang cukup

Cara lainnya agar tidak cepat lelah saat berlari adalah dengan memastikan kebutuhan cairan tubuh sudah terpenuhi. Untuk Anda yang terbiasa berlari jarak jauh misalnya, keringat yang diproduksi selama berlari akan membuat Anda kehilangan cairan yang cukup banyak. Mengonsumsi Frisian Flag Purefarm Coconut Delight jadi salah satu cara yang bisa Anda lakukan agar tidak cepat lelah. Perpaduan kebaikan gizi yang terkandung pada susu sapi dan melimpahnya manfaat air kelapa mampu memenuhi kebutuhan cairan pada tubuh dan memberikan sensasi segar.

Sebelum berlari, tentukan target yang harus Anda capai. Ketahui batas akhir stamina Anda karena jika terlalu dipaksakan, hal tersebut akan merugikan  Anda sendiri pada akhirnya. Selain itu, konsistensi latihan juga menjadi salah satu kunci agar stamina Anda selalu stabil. Temukan rumus atau strategi berlari dari diri Anda sendiri dan evaluasi jika belum memuaskan hingga mendapatkan langkah-langkah yang sempurna.

Artikel Terkait