Bagaimana Susu Mengoptimalkan Pertumbuhan Anak?

| 02 Jan 2018

Bagaimana Susu Mengoptimalkan Pertumbuhan Anak?

Batas tinggi maksimal atau tinggi potensial anak dipengaruhi oleh faktor genetik. Pada dasarnya tinggi badan anak tidak dapat melebihi tinggi potensialnya. Namun, pemenuhan nutrisi melalui asupan bergizi tetap diperlukan agar anak dapat meraih tinggi potensialnya, salah satunya dari susu. Susu bisa membantu pertumbuhan tinggi badan anak lewat kandungan gizinya, di antaranya:

Protein

Komponen terbesar kedua setelah air pada tubuh manusia adalah protein. Berdasarkan salah satu jurnal penelitian Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, protein berguna dalam menyediakan asam amino bagi formasi matriks tulang, masa dan kekuatan otot, serta mendukung produksi hormon pertumbuhan IGF-1. Selain itu, memenuhi kebutuhan protein pada juga penting untuk mengurangi risiko stunting atau gagal tumbuh.

IGF-1

Insulin-like Growth Factor-1 atau IGF-1 adalah hormon yang secara alami dihasilkan oleh tubuh manusia yang berfungsi untuk mendukung perkembangan dan pertumbuhan tulang serta jaringan lainnya. Hormon pertumbuhan ini juga ditemukan pada kandungan susu. Minum susu secara rutin memicu tubuh untuk menghasilkan lebih banyak IGF-1.

Kalsium

Hingga usia 21 tahun, anak akan terus mengalami pembentukan massa tulang dan akan membutuhkan kalsium untuk mendukung pertumbuhan. Selain itu, kalsium pun dibutuhkan agar anak terhindar dari risiko pengeroposan tulang pada usia dini. Tapi berapa kebutuhan kalsium anak? Di portal WebMD, Institute of Medicine menerangkan bahwa kebutuhan kalsium anak dibedakan berdasarkan usianya, yakni 500 mg pada anak usia 1-3 tahun, 800 mg pada anak usia 4-8 tahun, dan 1300 mg pada anak usia 9-18 tahun. 

Vitamin D

Penyerapan kalsium dan magnesium pada tubuh baru dapat berjalan dengan maksimal bila dibarengi dengan konsumsi vitamin D. Selain didapatkan secara alami dari sinar matahari puluk 6-9 pagi, vitamin D alami juga bisa didapatkan dari salmon, tuna, kuning telur, dan lemak susu.           

Pastikan si Kecil mendapatkan manfaat dari minum susu setiap hari untuk mencegah terjadinya hambatan pertumbuhan. Susu Siap Minum Frisian Flag Kid diproduksi dengan susu segar dengan kandungan zat gizi makro (protein, karbohidrat dan lemak) dan mengandung Vitamin A & D, serta Kalsium & Magnesium untuk mendukung pertumbuhan si Kecil dengan rasa yang enak.

Artikel Terkait