Yuk cobain beberapa resep kue khas Pulau Sumatera

| 04 Sep 2019

Yuk cobain beberapa resep kue khas Pulau Sumatera

Bicara soal kuliner, Sumatra adalah surga makanan enak. Pulau ini identik dengan beragam rempah dan citarasa pedas. Sebutlah rendang, mie aceh, hingga asam padeh. Tapi selain itu, jajanan pasarnya pun juga nggak kalah enak misalnya roti canai, kue putri kandis dan kue 8 jam. Ingin tahu cara membuatnya? Simak daftar Resep Kue Khas Sumatera ini, yuk!


  1. Roti Canai

Roti tipis yang dikenal sebagai roti maryam ini mirip dengan roti prata khas Timur Tengah. Bedanya, tekstur roti prata lebih tipis dan kering. Kudapan ini dibuat dengan terigu, telur, minyak, dan air hangat yang kemudian diulen hingga kalis. Adonan ini nantinya dipanggang di atas wajan. Roti canai bisa disajikan dengan topping manis atau gurih, untuk topping manis bisa tambahkan dengan susu kental manis Frisian Flag GOLD untuk rasa manis dan gurih yang nikmat.


  1. Putri Kandis

Namanya cantik sekali, ya? Tak heran, tampilan kue basah inipun sama cantiknya. Bentuknya mirip kue lapis, hanya saja bertekstur lebih padat dan beragam. Mengapa beragam? Karena ada tiga lapisan dalam kue ini, yakni coklat, kuning, dan hijau. Lapisan coklat dan kuning memiliki kepadatan yang sama. Bedanya, lapisan coklat diberi perasa coklat. Untuk lapisan hijau, bahan bakunya cukup berbeda dengan dua lapis sebelumnya. Teksturnya lebih creamy dan lembut, plus warna hijaunya berasal dari air daun suji.


  1. Kue 8 Jam

Sesuai namanya, kue 8 jam dibuat dalam waktu 8 jam. Cara buatnya pun hampir mirip rendang, yakni kue dikukus dalam panci dandang dengan api kecil (slow cooking). Unik sekali, ya? Tapi tak sembarang hari saat membuatnya, karena kue 8 jam lebih banyak ditemukan saat hari Lebaran. Secara garis besar, proses mengolahnya sama seperti kue bolu. Bedanya, bahan kue 8 jam terbilang unik nih, yaitu telur bebek, margarin, gula, agar-agar putih, dan terakhir Frisian Flag Full Cream Gold. Frisian Flag Full Cream Gold memiliki rasa yang istimewa, mampu membuat hidangan kue 8 jam jadi lebih terasa nikmat dan jadi pembeda. Hasil akhirnya adalah kue dengan permukaan kecoklatan dan tekstur lembut-kenyal. Rasanya manis sekali dan benar-benar legit, sampai-sampai makan seiris kecil saja sudah cukup.


Hidangan Kue menjadi lebih nikmat dan special dengan Frisian Flag Full Cream Gold. Info lebih lengkap Frisian Flag Full Cream Gold cek di sini!

Artikel Terkait