Mana Penambah Stamina yang Lebih Unggul: Minuman Isotonik atau Susu?

| 20 Okt 2017

Mana Penambah Stamina yang Lebih Unggul: Minuman Isotonik atau Susu?

Agar bisa berolahraga dengan optimal, Anda perlu “menabung” energi. Beri waktu waktu 2-4 jam sebelum olahraga untuk mengonsumsi makanan seperti pasta atau oatmeal dan 60-45 menit untuk kudapan seperti pisang dan yogurt. Cukupi juga kebutuhan cairan agar terhindar dari dehidrasi dan rasa lelah berlebihan setelah berolahraga. Selain air putih, Anda bisa mengonsumsi minuman isotonik atau susu. Namun di antara keduanya, benarkah susu penambah stamina yang lebih baik dibanding dengan minuman isotonik?

Kandungan Minuman Isotonik 

Minuman isotonik memiliki konsentrasi dan tekanan osmotik yang sama dengan cairan tubuh dan mengandung 4-8% karbohidrat, elektrolit, dan mineral seperti Natrium, Kalium, dan Klorida. minuman isotonik dirancang khusus untuk menggantikan dengan cepat cairan tubuh yang hilang. Karena itu, minuman ini baik diminum ketika Anda sedang berolahraga selama lebih dari 60 menit. Meski mudah diserap oleh tubuh, cukup konsumsi saat tubuh Anda mengalami dehidrasi karena sedang melakukan aktivitas berat atau terkena penyakit diare. Hindari menjadikan isotonik sebagai minuman sehari-hari karena konsumsi minuman isotonik berlebihan dapat menyebabkan lonjakan kadar gula dan garam dalam tubuh.

Berbeda dengan minuman isotonik, Anda dapat mengandalkan susu sebagai penambah stamina tubuh sebelum berolahraga. Hasil penelitian dari University of Colorado Anschuz Medical Campus yang melibatkan 52 pengendara sepeda pria berusia 18-45 tahun menunjukkan bahwa mereka yang mengonsumsi makanan atau minuman dengan kandungan kalsium dan vitamin D 30 menit sebelum olahraga mampu meminimalisir terbuangnya kalsium dari tubuh lewat keringat. Selain kalsium dan vitamin D, Anda pun membutuhkan protein dan karbohidrat sebagai zat gizi esensial sebelum latihan fisik. Semua zat gizi ini bisa Anda dapatkan dari segelas susu. Selain itu berdasarkan penelitian dari University of Texas di Austin, susu cokelat rendah lemak terbukti baik untuk pemulihan usai latihan fisik.

Minum susu 2-3 jam sebelum olahraga agar sistem pencernaan bekerja secara maksimal. Lengkapi asupan zat gizi Anda bersama Susu Siap Minum Frisian Flag PureFarm yang diproduksi dari susu sapi segar pilihan dengan kandungan protein, karbohidrat, kalsium, vitamin D, dan A. Nikmati kesegarannya setiap saat dalam pilihan rasa Full Cream, Flavour Milk (Coconut Delight, Strawberry, Swiss Chocolate, dan Low Fat (Plain, French Vanilla, Chocolate). 

Artikel Terkait