4 Hal Yang Membuat Buka Puasa Makin Istimewa

| 21 Jul 2017

4 Hal Yang Membuat Buka Puasa Makin Istimewa

Nuansa ibadah yang kental membuat bulan Ramadan terasa berbeda dan selalu dirindukan umat Muslim. Banyak kegiatan yang hanya ada di bulan ini dan membuatnya makin istimewa. Apalagi, bulan ini waktu yang tepat untuk mengajarkan makna beribadah kepada anak, Ini tak hanya untuk pembelajaran mereka soal agama, tapi juga untuk mempererat kebersamaan keluarga sambil mendekatkan diri pada Tuhan Yang Maha Esa. Tak heran kegiatan seperti tarawih bersama dan bersiap mudik terasa spesial. Yuk simak hal-hal berikut yang Anda hanya bisa ditemukan di bulan Ramadan:

  1. Kegiatan Sahur

Dini hari yang biasanya sunyi kini jadi lebih aktif dengan kegiatan sahur. Untuk membantu warganya bangun sahur, biasanya masjid terdekat menyiarkan tadarus. Di beberapa perumahan juga ada sekelompok anak yang berkeliling membunyikan beduk atau kentungan. Selain membantu Anda sekeluarga agar tak ketinggalan sahur, suara-suara ini tentu menyemarakkan suasana makan di rumah bersama keluarga.

  1. Ngabuburit

Banyak cara untuk mengisi waktu sembari menunggu azan maghrib berkumandang. Ketika anak-anak mengisinya dengan belajar mengaji atau bermain dengan temannya, para ibu biasanya mulai menyiapkan menu buka puasa sehat atau takjil dan makan malam. Anda yang ingin menyajikan variasi menu buka puasa atau makanan sehat bisa mencari inspirasi di 34 Resep Takjil Nusantara dari Frisian Flag Indonesia di sini.

  1. Buka puasa bersama

Di bulan puasa biasanya kegiatan Anda bertambah yaitu dengan acara buka bersama dengan keluarga, rekan kerja, hingga teman-teman semasa sekolah. Acara ini menjadi ajang silaturahmi sekaligus reuni yang tentunya sangat ditunggu-tunggu. Momen ini terasa berbeda dengan bertemu di bulan-bulan lain.

  1. Momen memperbanyak ibadah

Bulan Ramadan adalah kesempatan baik untuk mendekatkan diri pada Tuhan. Jadi, ini saatnya Anda memperbanyak ibadah, mulai dari rutin salat tarawih, mendengarkan ceramah di masjid, hingga berbuka puasa bersama anak yatim. Jangan lupa ajak keluarga Anda ikut serta. Gunakan kesempatan ini untuk mengajarkan agama kepada anak, bisa melalui belajar mengaji atau hafalan surat yang tentunya juga mempererat kebersamaan dengan keluarga. Nah, untuk melengkapi kebersamaan bersama keluarga di bulan puasa carilah waktu terbaik minum susu pada saat berbuka maupun saat sahur. Masih banyak tentunya momen-momen istimewa yang hanya ada di bulan Ramadan. Seperti apa momen istimewa di keluarga Anda?

Artikel Terkait