Karir | Frisian Flag Indonesia
18 Agustus 2018

Langkah-langkah Memulai Pertemanan di Kantor Baru Untuk Si Introvert

Memulai pekerjaan baru berarti menapaki langkah baru untuk harapan baru. Tantangan baru pun akan muncul. Untuk Anda para introvert, salah satu “masalah” yang datang sejak hari pertama kerja adalah bagaimana menjalin relasi pertemanan dengan orang-orang yang baru Anda temui.

 

Berteman dengan rekan-rekan kantor punya peran penting dalam menjalankan pekerjaan. Steven Miranda, peneliti dari Cornell University, mengatakan bahwa tanpa adanya rasa koneksi sosial, semangat kerja seseorang bisa menurun sehingga produktivitas pun tidak optimal. Lalu bagaimana agar seorang introvert dapat lebih mudah membangun pertemanan pada lingkungan kantor baru?

 

Lihat dulu langkah-langkah di bawah ini sebelum memulai pertemanan di kantor bagi Anda para introvert.

 

1.Observasi lingkungan

Jangan merasa terpaksa untuk langsung menerjunkan diri ke lingkungan baru. Perasaan itu justru dapat mempersulit Anda dalam berinteraksi. Amati dulu lingkungan Anda dan lihat dengan siapa sekiranya Anda bisa nyaman untuk memulai percakapan.

 

2.Jangan takut ditolak

Sebagai seorang introvert, tembok utama yang harus Anda hadapi kala memasuki lingkungan baru adalah diri Anda sendiri. Jangan sampai ketakutan Anda sendiri akan penolakan membuat Anda tidak dapat mencoba mengenal rekan-rekan Anda. Buat diri Anda rileks, dan approachable karena setiap orang punya karakter berbeda. Sebagian orang mungkin akan langsung menyukai Anda, namun akan ada pula beberapa orang yang butuh waktu lebih lama untuk mengenal Anda sebelum dapat mulai berteman.

 

3.Langkah kecil

Mulailah dari langkah sederhana untuk memulai pertemanan. Coba berbincang dengan satu orang terlebih dahulu. Mungkin yang duduknya paling dekat dengan Anda. Pada hari-hari selanjutnya, berusahalah untuk mengobrol dengan orang-orang berbeda. Ketika Anda menemukan kesamaan-kesamaan pada diri teman-teman Anda, maka interaksi bisa lebih mudah dilakukan.

 

4.Bersikap baik

Yang terpenting dari semuanya adalah menunjukkan bahwa Anda adalah seseorang yang bisa didekati. Ketika ada rekan yang berinisiatif untuk berkomunikasi dengan Anda, responlah dengan baik dan terbuka. 

 

Yang penting untuk diingat, adalah untuk tidak memaksakan diri dan keadaan. Hanya lakukan yang menurut Anda alami, dan jangan mudah tersinggung jika ada rekan kerja yang tidak ingin mengenal Anda lebih dekat. Melalui relasi yang baik dan ikatan emosional dengan rekan-rekan sekantor, hari-hari kerja pun akan lebih nyaman dijalani sehingga Anda jadi lebih bersemangat dan produktif dalam bekerja.

Artikel Lainnya

14 Januari 2019

6 Hal yang Akan Bikin Anda Lebih Diperhitungkan Di Kantor

Dalam dunia profesional Anda tentu tidak ingin hanya menjadi bagian dari sistem. Bukan bermaksud mencari perhatian, namun kinerja dan eksistensi yang diakui pastinya akan meningkatkan motivasi Anda dalam bekerja dan memberikan yang terbaik. 

Lebih Lanjut
08 Juli 2020

Grow Strong Give More

Apa sih tujuan kamu belajar lebih banyak, berusaha lebih produktif dan terus mengembangkan diri? Apakah semata-mata untuk diri sendiri? 


Lebih Lanjut
24 Desember 2017

5 Langkah Tetap Sehat Meski Deadline Padat

Ada cara singkat dan efektif untuk menjaga kesehatan dari dalam kubikel Anda setiap hari. Mulai dari olahraga simpel hingga berjemur sesekali.

Lebih Lanjut