Karir | Frisian Flag Indonesia
21 Februari 2018

5 Cara Manajemen Konflik Di Kantor

Saat bekerja, Anda akan bertemu banyak orang dari berbagai latar belakang budaya dan pendidikan. Wajar jika terjadi perbedaan pendapat atau ‘gesekan’. Konflik pun jadi sebuah yang diterima sebagai sesuatu yang wajar dan tak bisa dihindarkan. 


Dalam bekerja, konflik tak bisa dihindari. Konflik bisa terjadi saat brainstorming di tengah meeting internal atau saat ada benturan kepentingan lintas divisi. Konflik juga bisa terjadi antara Anda dan kolega maupun antara Anda dan atasan Anda. Tak heran, kemampuan mengelola konflik jadi salah satu hal yang akan menentukan masa depan karir Anda. 


Agar tak salah langkah dalam menyikapi konflik, simak tips mengatasi atau mengelola konflik di kantor berikut ini:

 

1.Tetap berpikir positif

Konflik memang bisa membuat suasana jadi tak nyaman karena kecurigaan atau negative thinking, berpikir positif bisa membuat suasana menjadi lebih baik. Berpikir positif bisa membantu Anda untuk melihat ‘bigger picture’ dan fokus mencari win-win solution, tidak terjebak pada perselisihan atau menang-kalah. 

 

2.Tetap profesional

Sikap sopan bisa menimbulkan rasa segan pihak-pihak yang berkonflik pada Anda. Dengan menunjukkan profesionalitas, pihak-pihak yang berkonflik akan menghormati pendirian Anda dan tak mencoba ‘membujuk’ Anda untuk berpihak. 

 

3.Sebisa mungkin bersikap netral

Salah satu elemen penting bersikap profesional adalah dengan mengambil posisi netral. Selain untuk menjaga hubungan dan ‘merangkul’ pihak-pihak yang berkonflik, Anda juga berkesempatan untuk bisa mendengar cerita dari berbagai sisi. 


4.Kendalikan emosi

Meski Anda sudah bersikap netral, tetap ada kemungkinan Anda terseret konflik. Namun jangan biarkan emosi atau pemikiran negatif mempengaruhi interaksi atau keputusan Anda. Tetaplah bersikap objektif dan jangan tergesa-gesa mengambil keputusan. Bila terpaksa mengambil keputusan penting dalam situasi konflik, mintalah waktu agar Anda bisa memikirkan langkah yang akan diambil dengan objektif dan rasional.

 

5.Bertindak dengan empati

Ada ungkapan “One often could not see the forest for the trees”. Memang, konflik kadang membuat pihak-pihak yang terlibat terlalu fokus pada  satu masalah yang seolah tak ada jalan keluarnya. Di sinilah empati bisa membantu Anda melihat “the forest”. Dengan empati, Anda akan mampu merasakan apa yang orang lain rasakan, memahami mengapa pihak-pihak yang berkonflik mengambil keputusan tersebut, dan memahami apa dampaknya bagi mereka. Anda jadi bisa melihat ‘gambar besar’ dari konflik. Langkah berikutnya, tularkan empati Anda, ajak pihak-pihak yang terlibat untuk saling mengerti posisi satu sama lain dan mencari jalan keluar bersama-sama.

 

Meski ingin pekerjaan berjalan lancar dan Anda bisa berteman dengan semua orang, konflik tak bisa dihindari. Namun ingat, sebenarnya konflik adalah adalah pengalaman yang mengajarkan tentang pentingnya sikap mental positif: kesopanan, pengendalian stres dan emosi, serta menumbuhkan empati dan toleransi. Memang, kemampuan mengelola konflik tak bisa Anda kuasai dalam semalam. Namun dengan terus belajar dari setiap konflik yang dihadapi, tak hanya karir Anda yang terbantu, Anda pun akan tumbuh sebagai pribadi yang lebih baik.

Artikel Lainnya

21 Februari 2018

Dos and Don'ts Bercanda di Kantor

Bagaimana jika ada yang ngambek saat diajak bergurau? Cari tahu batas-batas saat melontarkan lelucon di kantor, simak panduan umum berikut.

Lebih Lanjut
24 Desember 2017

5 Langkah Tetap Sehat Meski Deadline Padat

Ada cara singkat dan efektif untuk menjaga kesehatan dari dalam kubikel Anda setiap hari. Mulai dari olahraga simpel hingga berjemur sesekali.

Lebih Lanjut
25 Januari 2021

Mimpi Untuk Mendunia

Masih ingat gak dengan cita-cita mu saat masih kecil dulu? Apakah kamu bermimpi untuk jadi pilot agar karirmu bisa membawamu berkeliling dunia? Atau punya mimpi menjadi seorang diplomat agar bisa merasakan tinggal di negeri orang sambil bekerja? 

Lebih Lanjut