BERANDA

SUSTAINABILITY

Sehat Sejahtera Selaras

MILKPEDIA

Nutrisi & Kesehatan Manfaat Minum Susu Kapan & Bagaimana Cara Minum Susu FAQ

RESEP KAMI

Resep dengan Susu Cair Resep dengan Kental Manis Resep dengan Susu Bubuk

AKTIVITAS KAMI

Menangkan Puasamu dengan Frisian Flag Cokelatnya Bikin Semua Nikmat Dunia Zuzhu Games Zuzhu & Zazha Kebaikan Susu 100 Tahun Frisian Flag Professional

PRODUK KAMI

Susu Kental Manis Susu Siap Minum Susu Bubuk Keluarga Susu Ibu dan Balita

PERUSAHAAN KAMI

Tentang Kami Galeri Photo Berita Siaran Pers Business Principles Safety Policy Tujuan Kami

KARIR

Overview Pusat Karir Event Artikel

FITUR KAMI

Massa Tubuh Gizi Harian

Kapan & Bagaimana Cara Minum Susu
19 Jun 2019

Resep Kue Lebaran Yang Nikmat

Lebaran adalah momen paling berharga bersama keluarga momen yang dinantikan setelah 30 hari berpuasa. Momen berharga tersebut harus juga dilengkapi dengan sajian Kue Lebaran yang nikmat untuk disajikan ke sanak keluarga, dan teman-teman yang datang bersilaturahmi. Tentu saja banyak kue bisa kita sajikan di meja, seperti Kue Salju, Kue Nastar, Kue Sagu, Kastengel, dan lainnya. Kue-kue tersebut tentu bisa Kita buat sendiri, selain membuatnya yang mudah, kita juga bisa mencoba tambahan varian untuk menambah kenikmatannya.





1. Kue Salju

Bahan-bahan:

Cara membuatnya:

2. Kue Brownies

Bahan-bahan:

Cara membuatnya,

3. Kue Matcha

Bahan-bahan:

Cara membuatnya,

Rekomendasi Kue Lebaran Favorit

Rasanya tidak lengkap merayakan lebaran tanpa menyajikan kue kering di meja. Kue kering seolah identik dengan suasana lebaran karena selalu ada di hampir setiap rumah. Jika kamu sedang berkunjung ke rumah saudara atau kerabat, pasti disajikan dengan deretan kue kering yang berbeda jenis. 

Ada banyak sekali jenis kue kering dengan rasa yang berbeda. Bagi kamu yang sedang berencana untuk membuat resep kue lebaran, pastikan kue-kue ini tidak ketinggalan ya. Inilah rekomendasi kue lebaran paling favorit bagi banyak orang:

1. Kue Nastar

Siapa yang tidak mengenal kue yang satu ini? Kue nastar terkenal sebagai primadona kue lebaran karena hampir selalu tersedia di deretan kue yang lain. Berwarna kuning keemasan menjadikan daya tarik tersendiri bagi kue ini.

Nastar berasal dari Bahasa Belanda yaitu “ananas” dan “tart” yang artinya tart atau kue nanas. Kue yang identik dengan bentuknya bulat berwarna kuning serta isian selai nanas lembut membuat rasanya cukup unik. Perpaduan manis dan asam dari kue nastar akan membuat ketagihan siapapun yang mencobanya. 

Nastar biasanya dikemas dalam wadah toples plastik di toko roti atau swalayan. Kini, aneka resep kue nastar sudah bervariasi dan bentuknya yang unik. Apakah kamu punya rencana untuk membuat kue nastar sendiri?

2. Kastengel

Kastengel adalah kue kering idaman bagi para pecinta keju. Kue dengan rasa yang keju banget ini akan membuat siapapun yang mencobanya akan ketagihan lagi dan lagi. Rasanya yang gurih dan teksturnya yang renyah menjadikan kastengel wajib ada untuk menyambut tamu maupun keluarga yang berkunjung ke rumah. 

Sama seperti nastar, kastengel diambil dari Bahasa Belanda yang merupakan kepanjangan dari kaas artinya keju dan stengel artinya batangan. Jenis keju yang dipakai untuk membuat kue kastengel bermacam-macam tergantung resep dan selera. Biasanya banyak yang menambahkan keju parmesan.

3. Putri Salju

Kue putri salju identik dengan bentuknya mirip bulan sabit dan taburan gula halus dingin berwarna putih yang menyelimuti. Dinamakan putri salju karena bentuknya yang diselimuti gula bubuk dingin seperti salju. Perpaduan legitnya putri salju dan gula halus ini menghasilkan rasa lumer di dalam mulut. Tidak heran jika banyak sekali yang mengidolakan kue kering ini saat lebaran.

Kue salju biasanya berbahan dasar kacang. Namun kini sudah banyak resep putri salju yang dimodifikasi dengan memasukkan kacang mede atau parutan keju ke dalam adonan.

4. Sagu Keju

Sesuai dengan namanya, kue lebaran ini terbuat dari bahan sagu dan keju. Tekstur kue yang satu ini berbeda dibandingkan kue yang lain. Karena sangat renyah di luar dan berubah menjadi lumer ketika sudah masuk mulut. Selain mudah dibuat sendiri di rumah, kue lebaran sagu keju punya rasa dominan yang unik berkat penggunaan tepung sagu. 

Kue sagu keju adalah makanan khas Kepulauan Seribu yang kini menjadi salah satu makanan favorit masyarakat Indonesia. Jika kamu ingin membuat kue sagu keju sendiri, jangan lupa untuk sanggra tepung sagu terlebih dulu. Tips inilah yang membuat tekstur sagu keju lumer di mulut. 

5. Lidah Kucing

Kue kering yang satu ini seperti menjadi salah satu jenis kue yang wajib ada untuk menyambut tamu. Kue yang tipis dan panjang ini memang sekilas bentuknya mirip lidah kucing. Namanya yang cukup unik serta variasi rasa yang beragam membuat orang semakin penasaran dengan kue kering ini. Variasi rasa lain seperti green tea, cokelat, keju, hingga rainbow wajib kamu coba.

Berbahan dasar susu dan margarin, membuat rasa lidah kucing cenderung gurih dan renyah. Selain menggunakan bahan yang sedikit, proses pembuatan lidah kucing juga sangat mudah. Namun, kue ini cepat sekali matang ketika dipanggang di atas oven, oleh karena itu dibutuhkan pengawasan yang teliti saat membuatnya. 

6. Kue Kacang

Buat kamu yang tidak suka dengan kue yang terlalu manis, maka kue kacang bisa menjadi alternatif kue favorit. Kue yang bercita rasa gurih, berpadu dengan tekstur yang renyah meninggalkan rasa yang lezat di mulut. Sesuai dengan namanya, kue ini berbahan dasar kacang tanah yang dihaluskan kemudian dicampur dengan tepung terigu, telur dan susu. Rasa sedikit manis yang muncul dalam gigitan pertama, menjadikan kue ini tetap bertahan di antara deretan kue kering lainnya. 

Yang Perlu Diperhatikan saat Membuat Resep Kue Lebaran

Hari Raya Idul Fitri tidak lengkap rasanya tanpa kehadiran kue lebaran yang berjejer di meja untuk menyambut tamu. Membuat kue sendiri di rumah adalah aktivitas yang cukup banyak diminati kebanyakan orang menjelang hari raya. Apalagi himbauan untuk tetap di rumah saja atau stay at home membuat kesempatan kamu untuk mencoba membuat kue sendiri semakin besar. Jika kamu berencana untuk membuat kue lebaran sendiri, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar berhasil.

Buat Anggaran Terlebih Dahulu

Melonjaknya harga kebutuhan pangan menjelang lebaran membuat kamu harus memperhatikan daftar belanja bahan-bahan kue. Pertama, buat daftar kue yang akan dibuat kemudian lihat resepnya dan list bahan-bahan yang dibutuhkan. Dengan begitu akan terlihat berapa anggaran belanja yang harus dikeluarkan. Pastikan kamu berbelanja secukupnya sesuai dengan kebutuhan. 

Persiapkan Alat

Setelah bahan-bahan pembuat kue terkumpul, selanjutnya adalah mempersiapkan alat-alatnya. Beberapa resep kue lebaran membutuhkan mixer dan oven sebagai alat utamanya. Tidak harus beli, kamu bisa meminjam alat milik saudara atau memanfaatkan alat yang sudah ada di rumah. Manfaatkan whisk atau balon pengocok untuk menggantikan mixer. Kamu juga masih bisa menggunakan oven kompor jika tidak tersedia oven listrik.

Pastikan Takaran dan Proses

Salah satu kunci keberhasilan dalam membuat kue sendiri adalah takarannya yang tepat. Perbedaan hitungan pada tepung terigu saja bisa membuat rasa dan tekstur kue kering menjadi berantakan. Oleh karena itu penting sekali untuk memastikan bahwa kamu telah menggunakan takaran yang tepat. 

Kamu bisa menggunakan timbangan untuk perhitungan berat bahan-bahan yang dibutuhkan. Manfaatkan juga sendok takar untuk membantu menghitung perkiraan bahan. Kemudian, ikuti langkah-langkah membuat kue lebaran sesuai dengan resep yang sudah ada. 

Simpan dengan Aman

Agar kualitas dan tampilan kue lebaran tetap terjaga, pastikan kamu menyimpannya dengan aman. Gunakan toples yang bersih untuk menyimpan kue-kue lebaran hasil buatanmu. Tidak perlu buru-buru memasukkan wadah ketika masih panas. Tunggu sebentar hingga kue memiliki suhu ruangan untuk menghindari pertumbuhan jamur di dalam toples. Kemudian tutup toples dengan rapat untuk menghindari udara yang masuk. 

Perhatikan Gizi

Memperhatikan kandungan gizi ketika mengolah makanan penting untuk dilakukan karena berkaitan dengan pemberian nutrisi pada keluarga. Pilih bahan-bahan pembuat kue yang berkualitas tinggi sehingga selain rasanya yang lezat juga menghasilkan makanan yang kaya akan gizi.

Upayakan untuk memilih tepung, gula, telur, dan susu yang terjamin kualitas gizinya. Pilih rangkaian produk susu Frisian Flag yang sudah dipercaya menjadi bagian dari pertumbuhan keluarga Indonesia sejak tahun 1922. Frisian Flag berkomitmen untuk selalu menyediakan produk susu berkualitas dengan rasa lezat, bergizi, dan harga terjangkau. 

Baca juga: 4 Resep Jajanan Kekinian yang Wajib Dicoba

Nah, untuk tau resep kue lebaran istimewa lainnya, bisa lihat di sini.

Temukan resep kue lebaran yang nikmat menggunakan Susu Bubuk Frisian Flag Purefarm Full Cream di sini!

Share This Entrys

Artikel Terkait
Milkpedia

Waktu Minum Susu yang Baik? Simak Jawaban Para Ahli

Milkpedia

Indahnya Kebersamaan Lewat Kreasi Nusantara

Milkpedia

4 Hal Yang Membuat Buka Puasa Makin Istimewa