Mengapa Insomnia Harus Diatasi?

| 16 Nov 2018

Mengapa Insomnia Harus Diatasi?

Susah tidur atau insomnia dianggap merupakan hal biasa apalagi buat mahasiswa dan orang kantoran. Asumsinya mereka banyak pikiran atau banyak pekerjaan sehingga tidak bisa tidur cepat. Hanya saja apabila ini terjadi jangka panjang, ia dapat mempengaruhi kesehatan tubuh dan mental. Baiknya tidak boleh dianggap enteng karena berpeluang memicu penyakit dan alasan lainnya seperti: 


1. Paranoid 

Kurang tidur dapat menyebabkan perasaan cemas berlebihan hingga akhirnya parno sendiri. Bila dibiarkan, hormon stres meningkat disertai darah tinggi. Dampaknya adalah kamu makin mudah berhalusinasi sebab tubuhmu terlalu lelah dan berpikir yang tidak rasional. Persoalan ini menjadi serius apabila sudah mempengaruhi kinerjamu. 


2. Daya ingat menurun

Stres memicu kepanikan di segala arah yang membuatmu tidak bisa berpikir jernih. Kepalamu yang sangat berpotensi menurunkan daya ingat. Tentu saja secara otomatis akan berpengaruh ke pekerjaan. Mungkin kamu akan lupa jadwal meeting, pekerjaan yang belum selesai bahkan akan sulit diajak berbicara karena sulit berkonsentrasi.


3. Mudah marah

Barangkali kamu pernah merasa sangat sensitif akibat jam tidur berantakan. Nah penelitian menunjukkan bahwa memang benar jika insomnia akan sangat mempengaruhi emosi kita sebab tubuh kita dipaksa untuk melakukan pekerjaan padahal masih lelah namun sulit tidur. Situasi internal tubuh bertengkar yang mempengaruhi caramu berperilaku.


4. Berat badan naik 

Kamu yang merasa cepat gendut, coba jangan hanya melihat pada takaran makanan yang sudah dikonsumsi. Tapi juga ingat-ingat kembali pola hidup yang kamu jalani selamai ini. Insomnia menjadi salah satu faktor alasan badanmu semakin berat. Penelitian membuktikan bahwa perempuan yang tidurnya kurang dari 6 jam akan mengalami kenaikan 5 kilogram dibanding perempuan yang waktu tidurnya 7 jam. Ngeri juga ya!


5. Penuaan dini

Wajah orang yang sulit tidur di malam hari berpotensi mempunyai kerutan di wajah lebih banyak dibanding yang tidur cukup. Sebabnya, saat kamu menjalani tidur normal, tubuh akan membentuk kolagen sebuah zat untuk menjaga dan meremajakan kulit ketika kamu tidur. Kolagen inilah yang mencegah penuaan. Sementara jika kamu dalam keadaan insomnia, kolagen tidak akan bisa bekerja sebagaimana mestinya.


Susah tidur harus dibasmi dengan mengontrol pikiran. Memberatkan kepala dengan hal yang tidak penting akan menyusahkan hidup serta tubuhmu. Cara lain mengatasinya adalah minum Susu Bubuk Frisian Flag Purefarm Full Cream yang mengandung zat gizi makro (protein, karbohidrat dan lemak) dan tinggi Vitamin A, B2 dan D, serta tinggi Kalsium. Susu terbukti membantu relaksasi tubuh di malam hari sehingga membantu meringankan insomnia.


Selain itu, ciptakan suasana kamar yang nyaman dan bersih supaya badan lebih santai. Jika sudah sampai di tempat tidur, jauhkanlah gadget karena paparan cahaya biru menyebabkan berkurangnya produksi melatonin, sebuah hormon natural yang diproduksi tubuh untuk mengatur jam tidur biologis manusia. Yuk usahakan tidurmu berkualitas demi kesehatan badan jangka panjang. 

 

 

 

Artikel Terkait