Pentingnya Pendidikan Bagi Minat Anak

| 09 Sep 2019

Pentingnya Pendidikan Bagi Minat Anak

Si Kecil pasti sangat menyukai pada satu hal tertentu dan sangat senang untuk menekuninya, hal itulah yang disebut dengan minat. Minat bisa dikatakan adalah kesukaan seseorang pada satu hal tertentu, bisa minat dengan musik, olahraga, mata pelajaran tertentu atau hal lainnya. Jelas sekali banyak hal yang bisa menjadi minat, karena minat sendiri bukanlah sesuatu yang ada sejak lahir, minat tumbuh seiring waktu seseorang dalam menjalani kegiatannya. Ketika seseorang datang ke konser musik lalu tumbuh minat akan musik, atau saat pelajaran Fisika, seseorang menjadi suka akan dunia sains. Kembali lagi kepada minat Si Kecil, Si Kecil pasti sudah menunjukkan minatnya pada satu hal tertentu, dan sebagai orangtua harus peka akan minat yang muncul tersebut.

 

Ketika orangtua sudah tahu minat Si Kecil, maka orangtua bisa mendukung penuh minat Si Kecil agar terus berkembang dan menjadi sesuatu yang positif. Adalah pendidikan yang menjadi pondasi utama untuk minat berkembang secara positif di masa depan. Banyak contoh pendidikan untuk mendorong minat seseorang, semisal adanya sekolah khusus musik bagi yang sangat meminati musik, sekolah sepakbola bagi mereka yang berminat akan sepakbola. Sekolah sendiri adalah lembaga pendidikan bagi Si Kecil dalam belajar. Menurut Horton dan Hunt, salah satu fungsi dari pendidikan adalah membangun, mengembangkan minat dan bakat seseorang demi kepuasan pribadi dan kepentingan masyarakat umum.

 

Sangat jelas bahwa pendidikan memiliki peranan penting terhadap perkembangan minat Si Kecil baik untuk dirinya atau untuk orang lain. Oleh sebabnya orangtua harus pandai dan tepat untuk memilih pendidikan yang sesuai dengan minat Si Kecil. Dengan memilih pendidikan yang tepat sesuai minat Si Kecil, Si Kecil akan mendapatkan banyak hal yang sesuai dengan minatnya, mulai dari pengetahuan, mentoringdan lainnya. Misal, Si Kecil sangat memiliki minat terhadap dunia musik, melalui pendidikan seni musik yang di dapat di Sekolah, Si Kecil bisa mendapatkan pengetahuan tentang musik. Selain pendidikan secara formal, Si Kecil juga bisa didukung oleh pendidikan non-formal, misal memberikannya kursus musik, sepakbola atau hal lain sesuai minatnya. 

 

Manfaat dari pendidikan terhadap minat Si Kecil akan terasa di masa depan. Pondasi pendidikan yang disiapkan bisa membantunya dalam kesuksesan. Di samping pendidikan sebagai pondasi utama, diperlukan juga dukungan dari orangtua dan nutrisi demi kelengkapan Si Kecil. Frisian Flag sangat memahami bahwa bentuk nutrisi terbaik untuk Si Kecil adalah Susu. Melalui Frisian Flag Junio, susu segar dengan kandungan zat gizi makro (protein, karbohidrat dan lemak) dan mengandung  Omega 3, Omega 6, Kalsium, Fosfor serta 9 vitamin dan 4 mineral untuk mendukung tumbuh kembang fisik dan otak Si Kecil dengan varian rasa yang enak. 


Temukan varian Frisian Flag Junio di sini! untuk bekal si kecil meraih minat bakatnya.

Artikel Terkait