Apa Kata Para Ahli Soal Waktu Minum Susu yang Baik?

| 15 Feb 2018

Apa Kata Para Ahli Soal Waktu Minum Susu yang Baik?

Banyak orang yang menjadikan minum susu sebagai kebiasaan yang terbawa sejak masa kecil, baik di pagi hari saat sarapan atau di malam hari sebelum tidur. Tapi sebenarnya, kapankah waktu minum susu yang baik?

Sebuah studi dari para peneliti di Australia yang dipublikasikan di American Journal of Clinical Nutrition menyebutkan bahwa minum susu rendah lemak di pagi hari bisa membantu kenyang lebih lama dan mengurangi jumlah makanan yang dikonsumsi saat makan siang, dibandingkan jika mengonsumsi sari buah. Untuk diet, susu juga bermanfaat mengekang nafsu makan  sepanjang hari. Caranya adalah mengonsumsi di waktu pagi hari. Namun jika Anda punya masalah pencernaan, seperti sering kembung setelah bangun tidur di pagi hari, hindari dan ganti waktu minum susu di waktu lain.

Dalam laman curejoy.com, pakar Ayurveda, Dr. Kedar Upadhyay, menyebutkan bahwa Anda harus memerhatikan jumlah susu yang Anda minum saat sarapan. Ia juga menyarankan, sebaiknya susu dijadikan  sebagai menu pendamping saat sarapan, bersama sereal atau oats, buah dan sayuran. Lebih lanjut, ia menyebutkan bahwa waktu minum susu yang baik adalah di malam hari. Susu mengandung asam amino triptofan, yang mendorong tubuh memproduksi serotonin dan melanin, yang bisa membantu Anda tidur lebih nyenyak. 

Lalu kapan sebaiknya Anda minum susu setiap harinya?

Langkah yang tepat dalam memilih waktu minum susu yang paling baik adalah menyesuaikan dengan kebiasaan dan kebutuhan harian Anda. Misalnya, Anda yang rutin berolahraga pagi sebaiknya minum susu 90 menit sebelum berolahraga untuk memenuhi asupan protein, kalsium, vitamin, dan mineral lainnya. Anda yang ingin merasa relaks sebelum tidur, bisa mencoba membiasakan minum susu di malam hari.

Kini Anda tahu, tidak ada waktu yang salah untuk minum susu, baik pagi, siang, sore, atau malam hari. Dukung kebutuhan manfaat susu setiap hari dengan Susu Siap Minum Frisian Flag. Diproduksi dengan susu segar pilihan, Susu Siap Minum Frisian Flag mengandung rangkaian zat gizi makro (zat gizi penting: protein, karbohidrat dan lemak) dan zat gizi mikro (multi vitamin dan mineral), dengan cita rasa yang lezat untuk mendukung asupan gizi harian keluarga Indonesia. Susu Siap Minum Frisian Flag tersedia dalam merk Frisian Flag Purefarm untuk anggota keluarga dan Frisian Flag Kid, Milky dan Fruity untuk anak-anak.


Cari tahu fakta mengenai waktu minum susu yang paling baik di sini! Untuk memenuhi kebutuhan gizi keluarga, Frisian Flag siap membantu dengan pilihan produk Frisian Flag Purefarm & Frisian Flag Milky.

Artikel Terkait