15 Rekomendasi Mainan Anak Edukatif untuk Kreativitasnya

Banner
| 26 Apr 2024

15 Rekomendasi Mainan Anak Edukatif untuk Kreativitasnya

15 Rekomendasi Mainan Anak Edukatif untuk Kreativitasnya

Bermain merupakan cara anak-anak belajar tentang diri mereka sendiri, bersosialisasi, dan tentang dunia. Bermain adalah bagian dari perkembangan kesehatan, mulai dari gerak motorik hingga kreativitasnya.

Untuk itu, Anda bisa memperkenalkan anak-anak pada mainan anak edukatif. Contohnya seperti susun balok hingga permainan yang mengajak anak-anak lebih kreatif dan beraktivitas fisik.

Simak rekomendasi mainannya dan manfaat bermain untuk anak berikut ini.

15 Rekomendasi Mainan Anak Edukatif

Rekomendasi Mainan Anak Edukatif - Frisian Flag

Kini, anak-anak bisa belajar dengan cara menarik melalui mainan anak edukatif. Ada beragam mainan menarik yang mendorong rasa ingin tahunya serta memicu pertumbuhan kognitifnya. 

Permainan ini akan memberikan mereka pengalaman belajar sambil bermain secara langsung yang seru. Simak rekomendasinya berikut ini:

  1. LEGO

    Mainan balok Lego ideal untuk anak usia 18 bulan ke atas. Mainan anak edukatif ini akan membantu mereka mengembangkan keterampilan motorik halus, kreativitas, dan imajinasi.

    Mainan ini bisa menjadi media untuk belajar storytelling dan role play yang tepat. Anda juga dapat memilih ragam jenis mainan LEGO.

  2. Interactive Learning Table

    Meja belajar interaktif dengan berbagai aktivitas edukatif untuk anak usia 2-7 tahun. Ini akan membantu anak dalam belajar huruf, angka, bentuk, warna, dan banyak lagi.

  3. Play-Doh

    Playset dapur Play-Doh ideal untuk anak usia 3 tahun ke atas. Mainan anak edukatif ini dapat membantu mengembangkan keterampilan motorik halus, kreativitas, dan imajinasi.

  4. Building Blocks

    Mainan balok atau building blocks memungkinkan anak-anak untuk membangun berbagai bentuk sesuai kreasinya. Misalnya, bangunan kecil atau bangunan besar.

    Mainan anak edukatif ini dapat melatih motorik halus, agar anak-anak dapat menggunakan tangan dan jarinya untuk menyusun, mencengkeram, dan memindahkan balok.

    Building blocks juga sangat baik untuk memperkenalkan bentuk-bentuk geometri, mengembangkan logika anak, hingga meningkatkan kemampuan interaksi sosialnya.

  5. Pasir Kinetik

    Pasir kinetik cocok dimainkan anak mulai dari usia 2 tahun. Permainan ini akan melatih kemampuan motorik anak dalam hal menggenggam, mencengkram, meremas, atau membentuk sesuatu.

    Pasir kinetik juga membebaskan anak-anak untuk berekspresi dan mengeksplorasi ragam bentuk sesuai imajinasi mereka.

  6. Permainan Alat Musik

    Alat musik bisa menjadi rekomendasi permainan anak selanjutnya yang sangat mendidik. Anda dapat memperkenalkan nada kepada anak, termasuk susunan nada dalam sebuah lagu.

    Mainan anak edukatif ini juga dirancang untuk melatih pendengaran, logika, mengenal vokal, mengasah kreativitas, dan otak kanan-kirinya. Permainan ini dapat memicu bakat kreatifnya.

  7. Stacking Toys

    Permainan menumpuk balok memang sederhana, namun efeknya baik sekali untuk anak-anak. Permainan ini akan mengajarkan cara bersosialisasi dan kerja sama.

    Anak-anak dapat mencari cara agar tumpukan balok yang disusunnya tidak runtuh. Karena itu, mainan ini juga akan melatih kemampuan berstrategi dan analisis yang baik. 

  8. Papan Gambar

    Eksplorasi berbagai hal yang ada dalam pikiran si Kecil dengan menggunakan papan gambar. Ini cara terbaik dan menghindari anak-anak mencoret-coret tembok.

    Papan gambar dapat melatih kemampuan mengekspresikan diri, belajar membangun cerita, dan menunjang kreativiitasnya.

  9. Game Matematika Elektronik

    Electronic Math Game memiliki fitur latihan operasi matematika, permainan matematika, dan rumus matematika. Permainan ini dapat membantu anak-anak mengasah keterampilan aritmatika.

    Game ini adalah cara belajar matematika yang lebih menarik. Saat melakukan aktivitas rutin, anak dapat dengan mudah menghafal rumus aritmatika.

  10. Mainan Dinosaurus

    Mainan anak edukatif ini sangat cocok untuk memperkenalkan dinosaurus untuk anak-anak usia 3 tahun ke atas. Ini adalah mainan edukatif yang membantu anak-anak belajar cara berbagi. 

    Anak-anak pun bisa berbagi dan memainkan peran dengan teman sekelasnya. Mainan ini juga akan membuat anak-anak terhibur secara kreatif di kamar mereka sendiri!

  11. Puzzle

    Permainan puzzle juga bersifat edukatif. Mainan edukasi anak 5 tahun ke atas ini akan membantu meningkatkan aktivitas otak kanan dan kirinya.

    Selain itu, logika anak-anak juga akan bekerja keras untuk menemukan susunan yang tepat dari setiap kepingan gambar dan peletakannya.

  12. Permainan Alat Teleskop

    Anak-anak akan semakin mudah mempelajari alam semesta dengan permainan teleskop. Permainan ini akan membuka imajinasinya untuk menemukan dunia dengan mainan eksplorasi. 

    Anak-anak akan lebih dekat dengan alam, mengintip ke luar angkasa, dan lebih paham tentang sains, petualangan, dan astronomi sejak dini.

  13. Permainan Bertema Hewan Bawah Laut

    Anda juga dapat mengajarkan dan mengenalkan hewan-hewan laut kepada anak-anak dengan kit permainan hewan bawah laut.

    Anda dapat memperlihatkan hewan-hewan laut itu berenang di aquarium atau ekosistem buatan dengan cara yang menyenangkan.

    Kit ini memungkinkan anak merasakan pengalaman memelihara hewan peliharaan tanpa mengharapkan terlalu banyak tanggung jawab, pembersihan, atau perawatan.

  14. Mainan Alat Dapur

    Untuk merangsang imajinasinya, perkenalkan anak dengan mainan alat dapur, khususnya untuk anak-anak usia 2-3 tahun. 

    Mainan anak edukatif ini akan membantu anak lebih banyak mengamati dan meniru orang dewasa. 

    Terutama saat orang dewasa memproses hingga mengolah makanan, mengatur alat-alat makan atau memasak, dan membersihkan setelah bermain.

    Permainan bertema rumah tangga pun cocok untuk anak-anak, sambil mereka meniru peran orang tua di rumah dan belajar meneladani masing-masing perannya.

  15. Permainan Olahraga

    Ajak anak bermain permainan olahraga yang sederhana. Tujuannya, selain menyenangkan, permainan ini juga dapat melatih koordinasi tubuh, seperti otak, tangan, dan kaki anak.

    Permainan oahraga pun dapat melatih gerak motorik dan keseimbangan tubuh, sembari mengajak anak melakukan aktivitas fisik yang menyehatkan.

    Anda bisa memperkenalkan permainan seperti basket, sepak bola, hoki, golf mini, atau pelampung untuk berenang.

Manfaat Bermain untuk Anak

Manfaat Bermain untuk Anak - Frisian Flag

Mainan anak edukatif dapat menumbuhkan kreativitas, imajinasi, membuat hubungan antara ide-ide abstrak dan penerapan praktis, gerak motorik, dan lain-lain. 

Mainan edukatif untuk anak-anak juga bermanfaat untuk mengembangkan keterampilan pemecahan masalah. Berikut adalah beberapa manfaat lainnya:

  1. Membangun Imajinasi dan Kreativitas Anak

    Bermain membantu anak mengembangkan imajinasi dan kreativitas. Mereka dapat menciptakan permainan khayalan, mencari solusi, dan membuat aturan sendiri.

    Mainan anak edukatif dapat meningkatkan kepercayaan diri anak-anak dan belajar mengikuti atau menyesuaikan aturan sesuai kebutuhan. Keterampilan ini sangat berguna untuk hubungan interpersonalnya.

    Permainan simbolik berperan penting dalam pembangunan mental yang sehat. Anak-anak akan lebih terampil untuk belajar dan memecahkan masalah.

    Hal ini juga meningkatkan kreativitas, yang berkontribusi terhadap kesuksesan sepanjang hidup seseorang.

  2. Mendorong Pertumbuhan Kognitif

    Pertumbuhan kognitif adalah perkembangan otak yang sehat. Bermain, terutama permainan tidak terstruktur, sangat penting untuk mendorong pertumbuhan kognitif.

    Permainan tidak terstruktur adalah saat anak mengarahkan permainannya sendiri tanpa arahan orang dewasa. Jenis permainan ini membantu memperkuat koneksi saraf di otak yang digunakan untuk berpikir.

    Selain itu, bermain juga dapat membangun korteks prefrontal otak yang memengaruhi cara anak belajar, memecahkan masalah, dan memahami lingkungannya.

  3. Mendorong Kemandirian yang Lebih Besar

    Bermain adalah cara penting bagi anak-anak untuk belajar tentang diri mereka sendiri dan dunia di sekitar mereka. Mereka dapat mengembangkan kemandirian dan keterampilan sosial.

    Bermain memberikan kesempatan bagi anak-anak untuk menjadi pemimpin, membuat keputusan, merangsang pikiran kreatif, serta bereksperimen dengan kreativitas dan idenya sendiri.

  4. Memberikan Manfaat Emosional dan Perilaku

    Mainan anak edukatif bisa memberikan banyak manfaat bagi emosi dan perilaku anak, mulai dari memahami dan memproses emosi mereka, mengembangkan keterampilan sosial.

    Keterampilan sosial yang dimaksud adalah bekerja sama, berbagi, dan menyelesaikan konflik. Ini juga meningkatkan kegembiraan, harga diri, mengurangi kecemasan, stres, dan mudah tersinggung.

    Orang dewasa atau orang tua pun dapat membantu anak-anak mendapatkan manfaat maksimal dari bermain dengan terlibat dan mendukung.

  5. Meningkatkan Literasi

    Bermain merupakan cara alami bagi anak-anak untuk meningkatkan literasi. Sejak lahir, mereka belajar bahasa dan literasi melalui interaksi dan permainan. Ini juga melatih percakapan bolak-balik.

    Anak-anak bisa belajar berkomunikasi, memahami peran dalam komunitas, mengembangkan kemampuan membaca, serta meningkatkan fokus dan rasa ingin tahunya.

  6. Meningkatkan Kebugaran Jasmani

    Bermain fisik adalah cara yang menyenangkan dan efektif bagi anak-anak untuk meningkatkan kebugaran jasmani dan kesehatan mereka.

    Tubuh anak-anak sudah terprogram untuk menjadi aktif. Anak-anak mempunyai kebutuhan yang besar untuk permainan fisik, yaitu segala jenis permainan yang membuat mereka bergerak.

    Permainan akan mengajarkan anak-anak cara menggunakan tubuh dan menguatkan koneksi di otak. Hal ini juga akan membuat anak-anak lebih sehat dan bugar.

Sambil bermain dan belajar dengan beragam mainan anak edukatif, pastikan Anda mencukupi kebutuhan nutrisi anak-anak Anda dengan makanan dan asupan bernutrisi.

Salah satu asupan nutrisi untuk mendapatkan nutrisi yang baik untuk anak adalah susu, dan yang mudah dikonsumsi adalah susu bubuk Frisian Flag KOMPLETA rasa vanilla.

Susu bubuk Frisian Flag KOMPLETA diformulasikan oleh Frisian Flag Indonesia, didukung oleh FrieslandCampina Netherlands Dairy Expertise dan PERGIZI PANGAN Indonesia yang formulasinya telah disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan asupan gizi harian keluarga terutama bagi anak usia sekolah, remaja dan dewasa.

Dalam 1 gelas (30 gram bubuk) susu bubuk Frisian Flag KOMPLETA rasa Vanila mengandung energi sebanyak 120 kkal. protein 4 gram, kalsium 45%, zat besi 4%, 10 vitamin dan 4 mineral (berdasarkan AKG 2150 kkal)

Jangan lupa manfaatkan Kalkulator Frisian Flag Massa Tubuh yang dapat membantu Anda dalam mengetahui angka IMT (Indeks Massa Tubuh). Setelah menghitung IMT, Anda bisa menghitung kebutuhan kalori harian dan jumlah kalori setiap makanan Anda dengan menggunakan Kalkulator Gizi. Yuk, coba fiturnya sekarang!

Artikel Terkait