Resep Wedang Ronde



Indonesia memiliki kekayaan budaya berupa resep kuliner yang amat beragam. Hampir di setiap daerahnya, terdapat jenis minuman atau makanan yang sangat khas. Seperti di wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta. Di dua daerah tersebut, terdapat satu jenis kuliner minuman yang cukup populer, yakni wedang ronde.

 

Wedang ronde adalah sejenis minuman yang berisi kuah jahe serta kue kenyal yang berisi kacang tanah dan sangrai. Biasanya, wedang ronde dihidangkan secara panas atau hangat sebagai teman bersantai di malam hari. Hangatnya kuah jahe yang berpadu dengan manis kue kenyal yang biasa disebut ronde tersebut, sangat cocok untuk menemani hawa dingin di kala malam.

 

Tidak hanya sebagai pelepas dahaga, wedang ronde dipercaya juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Mengapa? Karena banyak kandungan rempah dan herbal yang terkandung dalam semangkuk wedang ronde. Meski termasuk jenis kuliner tradisional, penikmat wedang ronde datang dari berbagai kalangan. Pun, wedang ronde kini tidak hanya disajikan di gerobak-gerobak kecil, melainkan juga kafe hingga restoran-restoran ternama. Karena popularitasnya itulah, wedang ronde kini mudah ditemui, tidak hanya di daerah-daera di Jawa Tengah ataupun Yogyakarta.

 

Meski kini mudah dijumpai, wedang ronde juga termasuk hidangan yang tak sulit untuk diracik sendiri di rumah. Resep wedang ronde terbilang mudah untuk dipraktikkan. Berikut ulasannya.

 

Resep wedang ronde

Tidak sulit untuk membuat wedang ronde. Yang pertama harus dilakukan adalah menyiapkan bahan-bahannya.

Untuk membuat semangkuk sajian berkuah ini, bahan-bahan yang Anda perlukan antara lain :

  • 200 gr tepung ketan
  • 1 sdm tapioka
  • 180 ml air hangat
  • ¼ sdt garam
  • Pewarna merah secukupnya
  • Pasta pandan secukupnya
  • 80 gr kacang sangrai halus
  • 100 gr gula pasir
  • 500 ml air panas
  • 4 sachet Frisian Flag Kental Manis Jahe sebagai pengganti jahe

 

Cara membuat wedang ronde :

  1. Siapkan tepung ketan 200 gr, tambahkan garam 1/4 sdt, air hangat 180 ml, lalu aduk dengan merata sampai membentuk adonan
  2. Pisahkan adonan menjadi 2 bagian lalu tuang pasta pandan dan pewarna merah secukupnya
  3. Siapkan kacang sangrai halus 80 gr, gula pasir 120 gr, aduk hingga merata lalu masukkan ke dalam adonan tadi dan membentuk bulat-bulat, rebus hingga mengembang
  4. Siapkan air hangat 500 ml, Frisian Flag Kental Manis Jahe 4 sachet , aduk hingga merata
  5. Wedang Ronde siap dihidangkan dengan Frisian Flag Kental Manis Jahe sebagai teman bersantai di sore atau malam hari.

 

Kandungan yang terdapat dalam wedang ronde

 

Wedang ronde merupakan kuliner yang kaya akan bahan-bahan rempah. Karena itu banyak kandungan nilai gizi yang terdapat di dalamnya. Bahan baku wedang ronde seperti jahe dan kacang-kacangan, membuat minuman ini kaya akan nutrisi, antara lain:

 

  • Kalium

Kalium merupakan zat mineral yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Zat ini mempunyai peran mengatur cairan tubuh, karena itu asupan kalium penting untuk tercukupi agar tubuh tidak mengalami gangguan. Kandungan kalium pada wedang ronde terdapat pada kacang-kacangan. Kalium memiliki beberapa manfaat seperti menjaga kesehatan jantung, memelihara fungsi saraf, serta menjaga kesehatan tulang.

  • Magnesium

Zat mineral ini memiliki manfaat dalam membentuk struktur tulang. Selain itu, magnesium juga membantu menetralkan asam lambung dan melancarkan tinja di dalam usus sehingga membantu proses ekskresi. Magnesium terdapat pada jahe dan kacang-kacangan.

  • Vitamin C dan asam folat

Vitamin C memiliki beragam manfaat pada tubuh. Antara lain menjaga jaringan tubuh, sistem imun, dan melindungi sistem jantung. Karena itu penting untuk menjaga asupan vitamin C pada tubuh. Kandungan vitamin C ini terdapat pada jahe sebagai bahan dasar wedang ronde. Selain vitamin C, jahe juga memiliki kandungan lainnya yakni folat atau vitamin B9.

 

 

 

 

 

Manfaat wedang ronde

 

Seperti diketahui, selain rasanya yang nikmat, wedang ronde juga memiliki segudang manfaat untuk tubuh. Kandungan herbal dan rempah yang ada di bahan baku wedang ronde menjadi alasannya. Umumnya, khasiat yang langsung dirasakan saat menikmati wedang ronde adalah tubuh menjadi hangat. Namun, banyak manfaat lain yang bisa dirasakan ketika menyantap wedang ronde. Apa saja? Berikut ulasannya.

  •   Mengatasi mual atau mabuk

Manfaat pertama yang bisa dirasakan setelah mengkonsumsi wedang ronde adalah mengatasi mual atau mabuk. Tentunya, perut yang terasa mual sangat mengganggu kenyamanan ketika beraktivitas serta menimbulkan kondisi tidak enak makan. Wedang ronde bisa mengatasi rasa mual karena kandungan jahe yang terdapat di dalamnya.

 

  • Mengatasi perut kembung

Seperti halnya perut mual, mengkonsumsi wedang ronde juga bisa menanggulangi permasalahan pada perut lainnya, yakni perut kembung. Sama dengan sebelumnya, wedang ronde dipercaya mampu mengatasi perut kembung lantaran kandungan jahe yang terdapat di dalamnya.

 

  • Meredakan sakit kepala

Lagi-lagi kandungan jahe yang terdapat pada wedang ronde membuat minuman lezat ini memiliki manfaat pada tubuh. Rempah-rempah yang satu ini memang dipercaya bisa mengatasi banyak masalah kesehatan. Salah satunya adalah meredakan sakit kepala.

 

  • Meredakan sakit tenggorokan

Satu lagi manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan mengkonsumsi wedang ronde adalah bisa meredakan sakit tenggorokan. Hal ini karena kandungan jahe yang terdapat pada wedang ronde memiliki kandungan gingerol aktif yang memiliki fungsi meringankan serta menyembuhkan sakit tenggorokan.

 

  • Mencegah risiko serangan jantung

Selain permasalahan perut dan tenggorokan, mengkonsumsi wedang ronde ternyata juga bisa mencegah risiko terjadinya serangan jantung. Hal ini karena kandungan jahe pada kuah ronde. Jahe selain bisa menghangatkan tubuh, juga bisa membantu mencegah penyakit jantung dan kolesterol.

 

  • Mengobati diabetes

Dirangkum dari berbagai studi, jahe memiliki manfaat yang beragam bagi tubuh manusia. Salah satunya adalah mengobati diabetes. Kandungan dalam jahe inilah yang bisa Anda rasakan bila mengkonsumsi wedang ronde. Namun tentu saja, hal ini menjadi sia-sia bila kandungan gula yang tersaji dalam secangkir wedang ronde yang Anda nikmati, melebihi batas normal. Jadi, gunakan gula secukupnya saja.

 

  • Meningkatkan stamina tubuh

Mengkonsumsi wedang ronde juga bisa membantu Anda meningkatkan stamina tubuh. Hal itu karena setelah menyantap wedang ronde tubuh akan terasa hangat. Ketika tubuh terasa hangat, makan ada efek psikologis sehingga stamina di tubuh yang awalnya drop bisa naik kembali.

 

  • Mencegah masuk angin

Efek menghangatkan tubuh yang ditimbulkan setelah mengkonsumsi wedang ronde, menjadikan minuman lezat ini dipercaya sebagai penangkal penyakit seperti masuk angin. Biasanya, masuk angin ditandai dengan suhu badan tinggi, demam, pusing kepala, serta flu dan batuk. Nah, kandungan jahe pada wedang ronde, dipercaya mampu mengobati penyakit masuk angin.

 

  • Meningkatkan imunitas tubuh

Bahan-bahan rempah yang terdapat pada wedang ronde, pastinya membuat hidangan yang satu ini memiliki manfaat yang baik pada tubuh. Kuah jahe yang terkandung dalam wedang ronde memiliki khasiat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan meningkatkan daya tahan tubuh, tentu saja mencegah masuknya penyakit-penyakit yang disebabkan virus, seperti flu.

 

Secara garis besar, manfaat utama wedang ronde terletak pada kandungan yang terdapat pada jahe. Pada resep wedang ronde yang disajikan di atas, bahan jahe bisa digantikan oleh 4 sachet Frisian Flag (FF) kental manis jahe. Tidak perlu khawatir kehilangan kandungan alami jahe, karena FF kental manis jahe memiliki kandungan zat gizi makro (protein, karbohidrat, dan lemak) serta mengandung 6 vitamin (Vitamin A, D3, E, B1, B3, dan B6) dan mineral seperti kalsium, natrium, dan kalium.

 

Selain lezat, banyak kandungan gizi lainnya yang terdapat pada FF kental manis jahe. Informasi selengkapnya mengenai kandungan gizi dan nutrisi pada FF kental manis jahe bisa dilihat di sini .

 

https://www.frisianflag.com/produk/susu-kental-manis/krimer-kental-manis-frisian-flag-bendera-rasa-susu-jahe

 

https://www.frisianflag.com/aktivitas-kami/ramadan-istimewa/resep-takjil-istimewa/resep-wedang-ronde


RESEP LAINNYA

RESEP BROWN SUGAR BUBBLE MILK

Resep Brown Sugar Bubble Milk

RESEP DADAR GULUNG

Resep Dadar Gulung

RESEP ICE MOCCA WITH COFFEE CUBES

Resep Ice Mocca With Coffee Cubes