Frisian Flag Indonesia Gelar Program Renovasi Kandang dan Bantu Peternak Tingkatkan Produktivitas Sapi Perah - Press Release

Jul 20, 2020

Frisian Flag Indonesia Gelar Program Renovasi Kandang dan Bantu Peternak Tingkatkan Produktivitas Sapi Perah

Jakarta, 16 Juli 2020, PT Frisian Flag Indonesia (FFI) saat ini tengah menjalankan program renovasi kandang bagi para peternak sapi perah di Lembang dan Pangalengan, Jawa Barat. Program ini digelar untuk membantu para peternak yang merupakan mitra FFI dalam menyediakan produk – produk bergizi untuk memiliki kandang ideal yang lebih nyaman dan higienis bagi sapi perah ternaknya agar dapat meningkatkan produktivitas susu sapi.

Memiliki kandang yang baik dan sesuai standar adalah syarat penting bagi kenyamanan peternak dan sapi perah, karena kandang berfungsi sebagai rumah bagi ternak dan sarana untuk melakukan berbagai aktivitas produksi lainnya. Syarat kandang yang baik ditentukan oleh pemilihan lokasi, tata letak, konstruksi, bahan, sirkulasi udara dan perlengkapan kandang. Saat ini sebagian besar kondisi kandang sapi perah di Indonesia belum memenuhi syarat-syarat tersebut. Selain karena faktor pengetahuan, biaya yang cukup besar untuk membangun kandang yang baik juga menjadi tantangan peternak.

Project Manager DDP & FDOV PT Frisian Flag Indonesia, Akhmad Sawaldi, menyampaikan bahwa Program Renovasi Kandang dari FFI mengacu pada Good Dairy Farming Practice (GDFP) yang diterapkan oleh FrieslandCampina di seluruh dunia. Program ini dimaksudkan untuk membantu peternak sapi perah menghadapi tantangan menyamankan sapi perah dan memudahkan pekerjaan peternak di kandang menjadi lebih ringan, karena dengan meningkatkan kenyamanan sapi perah sehingga menghasilkan produktivitas sapi yang lebih baik. “Program Renovasi Kandang dari FFI memiliki empat tujuan, yakni memperbaiki kondisi kandang, meningkatkan kenyamanan sapi perah, meningkatkan produktivitas ternak, serta menjadikan peternak dan kandangnya sebagai contoh bagi peternak sapi perah lainnya,” ujar Akhmad.

Download PDF