Farmer2Farmer: Geliat Memperbaiki Produksi Susu Nasional - Press Release

Jul 08, 2019

Farmer2Farmer: Geliat Memperbaiki Produksi Susu Nasional

5 Juli 2019, Friesland, Belanda - Susu merupakan komoditas pangan penting karena merupakan sumber protein baik bagi pemenuhan kebutuhan gizi harian. Sayangnya, industri susu nasional Indonesia masih banyak yang perlu diperbaiki baik dari segi kualitas dan kuantitas. Frisian Flag Indonesia lewat program Farmer2Farmer kembali tahun ini, mengirim empat peternak sapi untuk mendapatkan kesempatan untuk mengunjungi peternakan sapi perah di Belanda, belajar tentang good dairy farming practice (GDFP)  dan mendapatkan pelatihan intensif dari peternak sukses Belanda.
“Dengan membawa para peternak ke Belanda dan mendapat ilmu peternakan lebih baik, mengekspos mereka ke budaya dan pengalaman di luar negeri, diharapkan bahwa mereka akan kembali dengan perspektif baru yang segar, termotivasi dan pendekatan baru untuk menghadapi berbagai tantangan dan meningkatkan bisnis mereka. Inisiatif ini bertujuan untuk menginspirasi dan mendorong motivasi tinggi di antara petani lokal untuk menjadi yang terbaik. Lewat program Farmer2Farmer setidaknya ada tiga aspek yang akan dipelajari, yaitu kesejahteraan peternak, pengolahan bahan baku industri pengolahan susu yang baik, sehingga dapat mendukung target dari produksi susu segar di Indonesia terpenuhi sesuai yang dicanangkan pemerintah,” ujar Fetti Fadliah, PR Manager Frisian Flag Indonesia.
Saat ini, jumlah populasi sapi laktasi di Indonesia ada di angka sekitar 267 ribu ekor dari total sapi perah 533 ribu ekor. Jumlah ini juga cenderung menurun setiap tahun jika dibandingkan dengan kenaikan populasi. Di lain sisi, tingkat konsumsi susu nasional juga masih rendah. Kebutuhan susu nasional ada di angka 4,5 juta ton, tapi produksi lokal baru mencapai 864,6 ribu ton atau sekitar 19 persen dari kebutuhan nasional.
Download PDF