Begini Cara Mendidik Anak di Luar Dinding Sekolah

| 27 Nov 2017

Begini Cara Mendidik Anak di Luar Dinding Sekolah

Sekolah memang penting, tapi bukan satu-satunya tempat mendidik anak. Di luar sekolah, ada berbagai cara mendidik anak yang bisa menjadi alternatif menyenangkan untuk diaplikasikan sehari-hari. Simak cara-caranya sebagai berikut:

Membiasakan sarapan

Membiasakan anak rutin sarapan bisa jadi salah satu cara mendidik anak agar terbiasa makan makanan sehat dan peduli terhadap kesehatan tubuhnya. Untuk melengkapi kebutuhan zat gizinya, sediakan Susu Siap Minum Frisian Flag Milky. Konsumsi 2 kotak Frisian Flag Milky mendukung kurang lebih 12% asupan protein yang dibutuhkan dalam sehari (berdasarkan kebutuhan energi 2000 kkal).

Dorong anak bersosialisasi dengan lingkungan sekitar

Bantu anak mengembangkan kecerdasan sosialnya dengan mendorong anak untuk berkenalan dengan lingkungan sekitar. Dengan bersosialisasi, anak akan memahami ada orang lain selain keluarga, sehingga tidak kaget jika bertemu orang baru. Anda juga harus memberi keleluasaan pada anak untuk bermain dengan teman sebayanya, tentunya di bawah pengawasan Anda.

Ajari anak memanfaatkan teknologi secara bijaksana

Teknologi adalah bagian tak terpisahkan dari dunia modern saat ini. Manfaatkan teknologi untuk menumbuhkan rasa ingin tahu anak dengan mengajarinya mencari jawaban di internet. Pastikan Anda selalu memantau aktivitas anak saat menggunakan akses internet agar tetap aman dan bertanggung jawab.

Berikan asupan seni dan budaya

Memperkenalkan anak dengan aktivitas seni dan budaya seperti mengunjungi museum, situs sejarah, menonton drama musikal, opera, hingga pertunjukantari bisa jadi cara alternatif mendidik anak yang baik karena anak bisa belajar sekaligus terhibur.

Bercerita sebelum tidur

Studi dari School of Psychology dari University of Sussex Brighton di Inggris menyebutkan bahwa kebiasaan membacakan cerita kepada anak menjelang tidur dapat meningkatkan daya ingat anak dalam hal mempelajari, menangkap, dan menambah kosa kata. Jika dilakukan dengan konsisten, aktivitas ini bisa membantu anak lancar membaca.

Belajar bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja, selain di ruang kelas. Dengan mempraktikkan cara-cara di atas, Anda telah menumbuhkan kesadaran dan kepedulian pada anak yang tidak diajarkan dari buku-buku di ruang kelas.


Berikan asupan gizi yang lengkap untuk anak di luar Sekolah, Frisian Flag Milky menjadi bekal anak untuk penuhi gizinya. Info lengkap Frisian Flag Milky bisa cek di sini.

Artikel Terkait