Mitos atau Fakta, Alergi Susu Bisa Mempengaruhi Kesehatan

| 02 Jan 2018

Mitos atau Fakta, Alergi Susu Bisa Mempengaruhi Kesehatan

Alergi susu untuk kesehatan bisa saja terjadi. Reaksi alergi terhadap susu ini umumnya terjadi ketika Anda masih kecil dan bisa diatasi seiring bertambahnya usia. Berbeda dari intoleransi terhadap laktosa, alergi susu disebabkan reaksi tubuh terhadap protein dalam susu. Karena itu, penderita alergi susu hampir tidak bisa atau harus membatasi jumlah produk susu yang dikonsumsinya. Jika penderita alergi susu tidak memenuhi kebutuhan untuk kalsium dan vitaminnya dari produk non susu, maka ia dapat mengalami gangguan kesehatan. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Alergi susu adalah reaksi dari sistem kekebalan tubuh terhadap salah satu protein susu, terutama kasein atau dadih yang terkandung dalam susu. Saat penderita alergi protein susu lalu minum susu untuk kesehatan, maka sistem kekebalan tubuhnya akan bereaksi dengan membentuk antibodi yang melawan protein susu tersebut. Salah satu antibodi yang dihasilkan adalah histamin.

Meningkatnya jumlah histamin dalam tubuh bisa memicu peradangan dan iritasi. Biasanya histamin mempengaruhi rongga hidung, usus, paru-paru, dan kulit. Bila histamin terlepas di kulit, permukaan kulit menjadi meradang, sehingga muncul ruam kulit atau gatal bintik merah dan bengkak.

Bagi bayi yang mengalami ruam kulit atau gejala alergi lain, ibu harus mengubah makanannya. Sedangkan bagi ibu yang memang tidak bisa memberikan ASI bagi si kecil, Anda sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau tenaga medis untuk memastikan kondisi kesehatannya serta untuk menentukan alternatif sumber gizi bagi si kecil. Jika memang anak terdiagnosis pasti alergi protein susu sapi, kemungkinan dokter akan menyarankan susu formula terhidrolisis atau yang mengandung asam amino.

Susu memang dianjurkan karena manfaat susu berguna untuk kesehatan dan pertumbuhan anak, salah satunya sebagai sumber kalsium dan mineral yang sangat diperlukan untuk pertumbuhan gigi dan tulang.

Selalu dukung kecukupan gizi si Kecil dengan menyediakan asupan bergizi yang dapat dikonsumsinya setiap hari, seperti Susu Siap Minum Frisian Flag Kids yang dikemas secara higienis dalam kemasan bergambar karakter favorit buah hati. Tersedia dalam berbagai varian, yakni Frisian Flag Kid, Frisian Flag Milky dan Frisian Flag Fruty dengan cita rasa favorit si Kecil.

Artikel Terkait