5 Tips Menyiasati Anak Susah Makan

| 20 Okt 2017

5 Tips Menyiasati Anak Susah Makan

Sebagai orang tua, anak susah akan bukan hal asing untuk Anda. Ada banyak penyebab anak susah makan. Mulai dari anak tak enak badan hingga anak bosan dengan makanan yang Anda sajikan. Jika anak sakit, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter agar anak tetap doyan makan. Namun jika anak tak mau makan karena bosan dengan makanan buatan Anda, Anda bisa menyajikan makanan penambah semangat untuk anak. Agar anak semangat makan, ada beberapa upaya yang bisa Anda coba. Simak tips berikut:

Buat bentuk makanan lebih menarik

Inspirasi cara penyajian makanan penambah semangat belajar kini tak sulit didapat, salah satunya di kanal Youtube Frisian Flag. Pilih yang mengandung bahan makanan yang digemari anak untuk mengembalikan selera makan anak.

Jelaskan dengan sabar manfaat pentingnya makanan bagi anak

Sulit mengubah selera makan anak, tetapi itulah salah satu tantangan Anda sebagai orangtua. Jelaskan tentang manfaat makanan yang akan dikonsumsi. Jadilah kreatif dengan bercerita dalam bentuk dongeng atau menggunakan boneka tentang manfaat mengonsumsi makanan bergizi.

Ikut makan bersama anak

Makan bersama adalah cara ampuh untuk mengetahui kebiasaan makan anak. Jika anak masih terlihat susah untuk makan, jangan memaksa anak menghabiskan makanannya. Hibur dengan cerita positif yang membuat anak memahami manfaat mengonsumsi berbagai jenis bahan makanan. Yang terpenting, tunjukkan Anda menikmati makan agar anak mengikuti contoh Anda.

Beri bumbu ekstra agar makanan lebih sedap

Meski menambahkan bumbu, hindari bumbu instan atau perisa buatan. Bumbu ekstra yang dimaksud adalah perisa alami yang bisa didapatkan dari bumbu dapur, misalnya dari aneka rempah.

Sesuaikan porsi dengan kebutuhan anak

Bisa jadi anak malas makan karena merasa eneg akibat porsi makanan yang Anda sajikan. Sarah Hampl, MD., seorang dokter anak dari Kansas, Amerika Serikat menjelaskan bahwa porsi makan ideal anak adalah sebesar ukuran tangan mereka. Pastikan dalam porsi ideal tersebut Anda menyajikan zat gizi yang lengkap dan seimbang.

Jika anak masih susah makan, berikan camilan bergizi sebagai makanan penambah semangat. Penuhi kebutuhan energi anak dengan konsumsi Susu Siap Minum Frisian Flag Milky yang diproduksi dengan susu segar dengan kandungan zat gizi makro (protein, karbohidrat dan lemak) dan tinggi akan kalsium, vitamin A, B1, B2, B6 dan D3 untuk mendukung pertumbuhan si Kecil dengan rasa yang enak. Dalam 180 ml Frisian Flag Milky Kotak terkandung 4 gram protein (setara dengan protein dalam setengah butir telur ayam).

Konsumsi 2 kotak Frisian Flag Milky mendukung kurang lebih 12% asupan protein harian (berdasarkan kebutuhan energi 2000 kkal). Tersedia varian rasa cokelat dan stroberi dalam kemasan kotak praktis 70 ml, 115 ml dan 180 ml. Dapat dikonsumsi dalam segala suasana terutama untuk menemani aktivitas si Kecil di luar rumah.

Artikel Terkait