Resep Singkong Thailand

Singkong adalah salah satu bahan makanan asli Indonesia yang kaya akan karbohidrat. Sayangnya singkong tidak bisa bertahan lama, sekalipun disimpan di lemari pendingin. Jadi, kamu harus segera memasak singkong sebelum mengalami kerusakan dan menjadi beracun. Singkong termasuk dalam tanaman perdu yang umbinya dapat dimanfaatkan sebagai makanan pokok dan daunnya sebagai sayuran bergizi.

 

Agar lebih aman dikonsumsi, kupas kulit singkong terlebih dahulu sampai bersih. Kemudian rendam bagian batangnya yang berwarna putih dalam air bersih selama 48-60 jam. Hal ini dilakukan untuk mengeluarkan zat sianida yang berbahaya dari singkong.

 

Cara mengonsumsi singkong sangat beragam, biasanya dengan dikukus atau digoreng. Bahan makanan yang biasa dikenal dengan nama ubi kayu ini cukup mudah didapat dan sangat murah harganya. Tidak heran jika sekarang ada beraneka jenis kudapan lezat yang berbahan dasar singkong. Pada saat bulan Ramadan, singkong banyak diolah menjadi kolak singkong atau singkong thailand sebagai menu takjil yang lezat.

Manfaat Singkong untuk Kesehatan

Walaupun murah, ternyata singkong memiliki banyak manfaat buat kesehatan. Dalam sebuah singkong terkandung aneka nutrisi seperti karbohidrat, protein, serat, mineral, vitamin C dan vitamin A. Karena kandungannya yang beragam, singkong bermanfaat untuk kesehatan, antara lain:

1. Menambah Energi

Singkong mengandung kalori yang cukup tinggi, sekitar 110-150 kalori dalam 100 gram singkong. Jumlah kalori ini adalah tertinggi dibandingkan jenis umbi lainnya. Kudapan yang berbahan dasar singkong cocok digunakan untuk menu takjil berbuka puasa karena dapat mengembalikan energi yang hilang setelah seharian berpuasa.

2. Merupakan Sumber Serat dan Karbohidrat Komplek

Serat dan karbohidrat komplek berguna untuk memperlancar pencernaan, mengurangi peradangan, dan mengendalikan gula darah. Jika kadar gula darah terkendali, akan jauh dari risiko diabetes tipe dua dan juga obesitas. Singkong juga termasuk dalam bahan makanan pokok alternatif pengganti nasi. Beberapa orang dengan kondisi tertentu tidak mengonsumsi nasi, melainkan singkong rebus.

3. Memiliki Kandungan Antioksidan yang Baik

Vitamin C dan Vitamin A yang terkandung dalam singkong merupakan antioksidan yang baik untuk tubuh kamu. Antioksidan berfungsi untuk melindungi tubuh manusia dari efek radikal bebas, mencegah penyakit jantung, dan mengurangi kerutan di kulit.

 

Untuk mengonsumsi singkong, pastikan kamu mengolahnya dengan benar. Olahan singkong yang terkenal di negeri ini banyak sekali jenisnya, seperti singkong keju,  keripik singkong dan getuk. Tidak hanya di Indonesia, olahan singkong yang lezat juga cukup populer di Bangkok, Thailand. Dikenal dengan nama singkong thailand, kudapan ini memiliki cita rasa lembut dipadukan kuah santan kental dan gurih. Menu singkong thailand sering digunakan sebagai menu andalan dessert di hotel-hotel terkenal di Indonesia.

 

Kamu tidak perlu jauh-jauh pergi ke Bangkok atau menginap di hotel mahal hanya untuk menikmati singkong thailand yang lezat dan bergizi. Aneka resep singkong thailand istimewa bisa kamu coba buat sendiri di rumah. Memasuki bulan Ramadan, singkong thailand sangat cocok digunakan sebagai takjil yang lezat dengan tekstur lembut dan kuah yang legit. Berikut ini adalah beberapa resep singkong thailand yang bisa kamu coba buat sendiri di rumah.

Resep Singkong Thailand Sederhana

Bahan yang harus disiapkan:

 

Bahan membuat saus santan:

  • 250 ml santan kental, bisa menggunakan santan instan
  • 2 lembar daun pandan
  • 1 sendok teh tepung maizena
  • ¼ sendok teh garam

 

Cara membuat:

  1. Masukkan air 500 ml ke dalam panci, singkong 300 gr, daun pandan 2 lembar, lalu rebus hingga medidih dan pastikan singkong telah empuk.
  2. Tambahkan gula pasir 70 gr dan Frisian Flag Full Cream Gold 80 ml, aduk hingga merata.
  3. Panaskan wajan lalu masukkan santan 250 ml, daun pandan 2 lembar, aduk sampai semuanya tercampur dan jangan sampai adonan pecah.
  4. Hidangkan singkong thailand dengan santan yang sudah jadi.

 

Mudah sekali, bukan? Kudapan singkong thailand ini mampu bertahan di suhu ruangan selama 12 jam.

Resep Singkong Thailand Keju

Banyak sekali cara untuk modifikasi resep singkong thailand menjadi takjil lezat di kala berbuka puasa. Salah satunya adalah dengan menambahkan parutan keju yang berpadu dengan gurih dan kentalnya saus santan. Bagi kamu yang benar-benar suka gurih, jangan sampai kelewatan membuat resep singkong thailand keju berikut ini.

 

Bahan-bahan:

500 gr singkong segar

20 gr keju parut atau sesuai selera

3 sendok makan Susu Bubuk Frisian Flag Purefarm Full Cream

2 lembar daun pandan

2 sendok makan gula pasir

½ sendok teh garam

700 ml air

 

Bahan saus:

100 ml santan kental

2 sendok makan tepung maizena

130 gr gula pasir

2 lembar daun pandan

500 ml Frisian Flag UHT Purefarm Full Cream

 

Cara membuat:

  1. Masukkan 700 ml air, 500 gr potongan singkong, 2 lembar daun pandan, ½ sendok teh garam dalam satu panci
  2. Masak sampai singkong benar-benar empuk, kemudian tiriskan sebentar
  3. Campurkan singkong dengan 3 sendok makan Susu Bubuk Frisian Flag Purefarm Full Cream dan gula pasir, lalu tekan dan hancurkan sampai rata
  4. Tunggu sebentar hingga adonan agak dingin, selanjutnya bentuk bulat-bulat dan sisihkan.
  5. Pada panci terpisah, tuang 100 ml santan, 130 gr gula pasir, 2 lembar daun pandan, dan 500 ml Frisian Flag UHT Purefarm Full Cream
  6. Gunakan api kecil sambil terus aduk-aduk santan agar adonan tidak pecah
  7. Masukkan 2 sendok makan tepung maizena, lanjutkan mengaduk hingga adonan mengental
  8. Jangan lupa tes rasa dan tambahkan gula atau garam jika diperlukan
  9. Tuangkan adonan santan di atas bulatan singkong, kemudian taburkan keju di atasnya selagi masih panas.

 

Tekstur singkong yang lembut berpadu dengan legitnya kuah santan dan taburan keju akan memanjakan lidah kamu saat buka puasa.

Resep Singkong Thailand Kuah Susu

Berbuka puasa memang lebih enak dengan makanan atau minuman yang manis dan segar. Kamu bisa berkreasi dengan sedikit memodifikasi resep singkong thailand. Bikin singkong thailand kuah susu, yuk!

 

Bahan yang dibutuhkan:

 

Cara membuat:

  1. Kupas singkong dan potong memanjang seperti kentang goreng, lalu rebus sampai empuk. Jangan lupa untuk menambahkan garam.
  2. Pada panci terpisah, masukkan 150 ml air, 200 gr gula merah, dan 2 lembar daun pandan

200 gr gula merah, dan 2 lembar daun pandan sambil sesekali diaduk

  1. Setelah air gula mendidih, masukkan ½ sendok teh bubuk kayu manis dan 500 ml Frisian Flag Susu Cair Purefarm Low Fat French Vanilla.
  2. Siram singkong yang sudah empuk menggunakan kuah susu yang dibuat.
  3. Sajikan dengan es batu, nikmati selagi dingin.

 

Resep singkong thailand yang mudah ini cocok disantap sebagai menu takjil berbuka puasa. Perpaduan manis dan segar akan menambah energi selepas berbuka.

Tips Membuat Resep Singkong Thailand yang Empuk dan Legit

Ciri khas hidangan singkong thailand adalah tekstur singkongnya yang empuk dan kuah saus santannya yang gurih legit. Untuk mendapatkan cita rasa mewah pada hidangan ini, bisa dibilang susah dan gampang. Susah karena kamu harus memastikan bahwa singkong yang digunakan adalah fresh dan direbus hingga benar-benar empuk. Terbilang mudah karena bahan yang digunakan tidak banyak dan tersedia di toko atau minimarket terdekat.

1. Tambahkan Garam dan Gula Saat Merebus Singkong

Pada saat merebus singkong, tambahkan gula atau garam supaya ada cita rasa manis gurih di dalamnya. Selain direbus, singkong bisa juga dikukus. Namun pastikan bahwa singkong benar-benar sudah empuk dan merekah. Pemberian garam juga mempengaruhi tekstur singkong menjadi lebih empuk dan lembut.

2. Kreasikan dengan Aneka Topping

Kamu bisa berkreasi pada resep singkong thailand dengan menambahkan beberapa pilihan topping. Misalnya saja dengan menambahkan durian di atas hidangan singkong thailand sehingga menghasilkan rasa legit dan gurih. Caranya mudah sekali yaitu dengan menambahkan 3 sampai 5 sendok makan daging durian pada saat memasak saus singkong thailand. Kamu juga bisa menambahkan potongan daging durian saat penyajian akhir.

3. Gunakan Santan Kental dan Tambahan Susu

Selanjutnya, untuk saus santannya gunakan santan kental yang diperas dari parutan kelapa. Menggunakan santan instan juga tidak masalah, namun pastikan jangan terlalu banyak dicampur dengan air. Tambahkan sedikit garam untuk menghasilkan cita rasa gurih dan creamy pada kuah santan.

 

Untuk menambah cita rasa gurih pada saus atau kuah santan yang legit, kuncinya adalah pada penambahan susu yang pas. Frisian Flag hadir sebagai pemimpin pasar di industri susu Indonesia yang menyediakan produk susu terlengkap. Mulai dari susu ibu hamil, susu anak-anak, dan susu untuk keluarga.

 

Susu Kental Manis Frisian Flag membantu menambah kelezatan cita rasa makanan dan minuman. Dengan menambahkan Susu Kental Manis Frisian Flag pada resep singkong thailand kamu, dapat menghasilkan rasa yang manis, gurih dan legit yang pas. Susu Kental Manis Frisian Flag mengandung zat gizi makro seperti protein, karbohidrat, dan lemak serta zat gizi mikro seperti multivitamin dan mineral. Tersedia dalam kemasan kaleng, sachet atau pouch yang praktis dan ekonomis sesuai kebutuhan.

 

Selain susu kental manis, Susu Frisian Flag Purefarm juga merupakan kunci mendapatkan rasa gurih pada kuah santan resep singkong thailand. Susu Frisian Flag Purefarm dihasilkan dari susu segar pilihan sehingga menghasilkan cita rasa lezat dan bergizi. Frisian Flag juga memiliki produk susu bubuk keluarga dengan harga terjangkau. Susu bubuk Frisian Flag Purefarm Full Cream atau Kompleta Vanilla bisa menjadi pilihan kamu untuk menyempurnakan resep singkong thailand yang lezat.


RESEP LAINNYA

Resep Biji Salak Manis Untuk Pemula

Resep Biji Salak Manis Untuk Pemula

RESEP ICE COFFEE JELLY

Resep Ice Coffee Jelly

RESEP WEDANG RONDE

Resep Wedang Ronde