Es Soda Gembira, Penyegar Dahaga Di Setiap Waktu

Melakukan aktivitas yang melibatkan banyak energi, seperti bermain bola basket, membersihkan rumah, dan merapikan pekarangan rumah, tentunya membuat tubuh kita kelelahan. Apalagi kalau kegiatannya dilakukan di luar rumah, lelahnya pasti bertambah berkali-kali lipat. Aktivitas tersebut tidak hanya menguras energi sehingga tubuh merasa kelelahan, tapi juga membuat kerongkongan terasa sangat haus.

 

Keringnya dahaga memang paling ampuh diatasi dengan minum minuman yang segar, seperti es teh manis, es jeruk, dan es kelapa. Namun, ada juga pilihan lainnya yang tidak kalah segarnya dengan minuman tersebut, yaitu minuman bersoda. Minuman yang memiliki banyak gelembung tersebut banyak digemari oleh berbagai kalangan, baik anak kecil maupun orang dewasa.

 

Ada beberapa minuman bersoda yang dapat kamu buat sendiri di rumah. Misalnya saja Cream Soda yang terdapat es krim rasa vanilla di atasnya. Ada pula Ice Kiwi Punch Soda yang bisa dibuat dengan mudahnya karena hanya membutuhkan sirup melon, air soda, es batu, dan potongan kiwi. Berkat warnanya yang penuh warna, Magic Potion Soda menjadi minuman soda yang menarik. Berbeda dari yang lainnya, Passion Fruit Ice Soda disajikan dengan menggunakan serutan es. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat Passion Fruit Ice Soda adalah markisa, soda, sirup markisa, dan serutan es. Jika merasa bosan dengan minuman tersebut, Es Soda Gembira juga bisa dijadikan pilihan yang tepat untuk melegakan dahaga, lho !

 

Es Soda Gembira merupakan es soda khas Indonesia. Minuman bersoda ini mudah ditemukan dimana-mana, mulai dari warung kopi sampai restoran bintang lima. Tapi, kamu tidak perlu pergi ke restoran hanya untuk mendapatkan minuman bersoda ini sebab kamu bisa membuatnya sendiri. Cara penyajiannya mudah diikuti. Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat Es Soda Gembira tidak banyak, hanya air mineral, susu kental manis, dan air soda. Apabila kamu mau mempercantik Es Soda Gembira buatan kamu sendiri, kamu bisa menambahkan beberapa topping .

Resep Es Soda Gembira

Bahan yang diperlukan untuk membuat Es Soda Gembira:

  • 300 ml air mineral
  • 150 ml Frisian Flag Kental Manis Cocopandan
  • 150 ml air soda

 

Cara membuat Es Soda Gembira:

1. Siapkan air mineral 300 ml di sebuah wadah.

2. Tuangkan Frisian Flag Kental Manis Cocopandan 150 ml ke dalam air mineral. Lalu, aduk sampai merata.

3. Setelah Frisian Flag Kental Manis Cocopandan dan air mineral tercampur dengan sempurna, tuang campuran tersebut ke dalam sebuah cetakan dan simpan ke dalam freezer hingga membeku.

4. Campuran Frisian Flag Kental Manis Cocopandan dan air yang sudah membeku dimasukkan ke dalam gelas.

5. Tuang air soda 150 ml ke dalam gelas.

6. Tadaaaa! Es Soda Gembira sudah siap dihidangkan untuk menyegarkan dahaga.

Topping yang Cocok untuk Menemani Es Soda Gembira

Es Soda Gembira memang selalu ampuh untuk melepaskan dahaga kapanpun dan dimanapun. Tapi, rasanya akan lebih seru apabila Es Soda Gembira buatan kamu diberi teman sebagai pelengkap. Kamu bisa menambahkan berbagai topping untuk membuat tampilan Es Soda Gembira lebih menarik dan rasanya lebih nikmat. Berikut ini adalah beberapa topping  yang bisa kamu gunakan untuk menemani Es Soda Gembira.

 

1. Jelly

Tekstur yang kenyal dan bentuk yang unik membuat jelly menjadi topping favorit semua orang, mulai dari anak kecil hingga orang dewasa. Ditambah lagi, jelly memiliki berbagai warna yang dapat menambah kecantikan Es Soda Gembira yang kamu buat. Selain itu, jelly bermanfaat untuk menjaga kesehatan rambut dan kulit serta meredakan stress. Kamu bisa membuat topping yang satu ini sendiri ataupun membeli yang sudah jadi di toko terdekat.

 

2. Nata de Coco

Nata de coco kerap kali dianggap sebagai jelly karena memiliki tekstur kenyal seperti jelly , padahal dua topping tersebut tentunya berbeda. Nata de coco terbuat dari air kelapa dan memiliki warna putih bersih. Jangan ragu untuk menambahkan nata de coco sebagai pelengkap di Es Soda Gembira sebab selain rasanya yang menarik, nada de coco memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Serat yang dikandung oleh nata de coco membuat topping ini berfungsi untuk melancarkan pencernaan.

 

3. Agar-agar

Siapa yang tidak menyukai agar-agar? Semua kalangan pasti menyukainya, ya. Agar-agar selalu mampu untuk memikat hati baik saat dijadikan kudapan maupun topping . Selain itu, agar-agar juga memiliki banyak varian rasa yang ramah di lidah, seperti coklat, stroberi, dan jeruk. Salah satu topping yang cocok untuk ditambahkan ke dalam Es Soda Gembira yang satu ini memiliki bahan dasar rumput laut/ganggang kelompok Rhodophyceae jenis Gracilaria dan Gelidium . Mayoritas nutrisi yang dikandung agar-agar adalah kalsium dan magnesium. Dua nutrisi tersebut bermanfaat untuk kesehatan tulang, lho .

 

4. Selasih

Kamu pasti tidak asing dengan selasih. Topping satu ini berukuran kecil dan terdapat warna hitam di bagian tengahnya serta warna putih di sekitar warna hitam. Bentuknya yang unik membuat selasih terlihat seperti mata sehingga kerap disebut sebagai mata kodok. Ada beberapa manfaat yang bisa dirasakan dari mengkonsumsi selasih, yaitu mengontrol gula darah, meningkatkan imun tubuh, dan melindungi mulut dari berbagai penyakit. Tidak hanya itu, selasih juga memberikan efek segar untuk tubuh sehingga sering dijadikan pilihan untuk menemani Es Soda Gembira.

 

5. Buah-buahan

Berbagai macam buah-buahan tidak hanya sedap digunakan sebagai jajanan anak yang sehat , tapi juga sebagai topping Es Soda Gembira. Ada beberapa buah yang pas untuk disandingkan dengan Es Soda Gembira, yaitu melon, leci, dan kelengkeng. Manfaat yang dimiliki oleh buah-buahan tersebut tidak perlu dipertimbangkan lagi. Melon mengandung kalium yang dapat meningkatkan pencegahan kenaikan tekanan darah. Menyehatkan jantung, tulang dan kulit merupakan tugas dari leci. Kelengkeng berguna memiliki peran sebagai sumber energi.

Alasan Kenapa Es Soda Gembira Layak Dikonsumsi

Selain berfungsi untuk melepaskan rasa kering di kerongkongan, ternyata Es Soda Gembira memiliki berbagai manfaat saat dikonsumsi. Meskipun begitu, kamu harus ingat bahwa sesuatu hal yang berlebihan itu tidak baik. Oleh sebab itu, konsumsi Es Soda Gembira secukupnya saja, ya .

 

  • Mengeluarkan Gas dalam Perut

Ketika kamu makan atau minum, kamu tidak hanya memasukkan asupan ke dalam perut, tapi juga gas. Soda yang terkandung di Es Soda Gembira berperan untuk melepaskan gas yang berada dalam lambung. Hal tersebut menyebabkan lambung mendapatkan ruang kosong untuk diisi makanan lagi. Kamu jangan lupa bahwa gas di dalam tubuh akan keluar melalui mulut dan membentuk sendawa. Oleh karena itu, kamu harus berhati-hati saat mengeluarkannya supaya tidak membuat orang disekitar kamu kaget.

 

  • Meredakan Enek

Sesuka apapun kita terhadap suatu makanan yang kita pandang enak, jika dimakan secara terus-menerus dapat menimbulkan perasaan enek di dalam diri kita. Rasa enek tersebut dapat dipulihkan oleh soda yang menjadi bahan dasar Es Soda Gembira. Soda mengandung rasa manis dan intens yang dapat menyebabkan kamu ingin makan sajian tersebut lagi untuk menetralisir lidahmu.

 

  • Membuat Karbohidrat Mudah Dicerna

Nasi, roti, dan kentang merupakan contoh makanan-makanan yang mengandung karbohidrat. Kandungan soda yang dimiliki oleh Es Soda Gembira dapat menghancurkan karbohidrat. Dengan demikian, soda mendorong proses pencernaan makanan yang berkarbohidrat tinggi menjadi lebih cepat.

 

  • Metabolisme Energi

Selain soda, Es Soda Gembira juga terdapat Frisian Flag Kental Manis Cocopandan di dalamnya. Ternyata, Frisian Flag Kental Manis Cocopandan mengandung Vitamin B1 (tiamin) yang berperan sebagai pengolah karbohidrat menjadi energi.

 

Bahan dasar susu dengan kandungan zat gizi makro (protein, karbohidrat, dan lemak) serta mengandung 6 Vitamin (Vitamin A, D3, E, B1, B3, dan B6) dan 4 mineral (kalsium, fosfor, natrium, dan kalium) merupakan kandungan yang dimiliki oleh Frisian Flag Kental Manis Cocopandan. Kandungan-kandungan tersebut sudah pasti baik untuk tubuh. Tidak hanya Es Soda Gembira, Frisian Flag Kental Manis Cocopandan juga sangat cocok dijadikan pelengkap kenikmatan kudapan lainnya, seperti es buah , puding, dan aneka kue. Cari tau lagi informasi selengkapnya tentang Frisian Flag Kental Manis Cocopandan di sini .

 

Artikel menarik lainnya:

5 Es Tradisional yang Tak Sedap Kalau Tak Pakai Susu Kental Manis Nikmat

Inspirasi Resep Milkshake yang Wajib Kamu Coba


RESEP LAINNYA

RESEP MATCHA CHEESE TEA

Resep Matcha Cheese Tea

RESEP PUDING SUSU LECI

Resep Puding Susu Leci

RESEP SINGKONG THAILAND

Resep Singkong Thailand