Es Kopyor Jelly, Teman Buka Puasa Si Kecil


Tak terasa lagi, dalam hitungan jari, bulan Ramadan akan tiba. Apa saja nih yang Ibu sudah siapkan? Sarung baru, mukena baru, sajadah baru, dan resep makanan baru? Eittsss… Jangan karena terlalu fokus terhadap hal-hal yang baru, Ibu sampai lupa kalau si kecil sudah bisa diajak untuk berpuasa. Meskipun mereka belum wajib untuk menunaikan puasa, tidak ada salahnya Ibu menjelaskan dan mengajarkan kepada mereka arti puasa. Hal ini turut membantu mereka untuk tidak merasa asing dengan puasa di bulan-bulan Ramadan berikutnya.

 

Manfaat Puasa untuk Si Kecil



Walaupun belum mampu puasa sehari penuh, puasa yang dilakukan si anak tetap memiliki banyak manfaatnya. Dilansir dari DokterSehat, puasa berguna untuk fisik, mental, dan spiritual mereka.

 

Secara fisik, daya tahan tubuh mereka akan bertambah. Hal ini disebabkan adanya pencegahan timbulnya stres oksidatif pada tubuh ketika sang anak sedang berpuasa sehingga mereka tidak mudah terserang peradangan yang dapat mengakibatkan mereka sakit berkelanjutan. Momen mengosongkan perut ini juga dimanfaatkan tubuh untuk mendetoks racun karena energi dalam tubuh akan berfokus pada memperbaiki sel-sel tubuh.

 

Seraya belajar berpuasa, anak pun menjadi belajar untuk menstabilkan emosinya. Mereka akan mencoba untuk mengontrol amarah dan rasa ingin menangis ketika ada keinginan yang tidak terpenuhi atau diusili teman. Tak hanya itu, anak juga menjadi belajar bersabar, bersyukur, dan berempati terhadap sesama yang berkekurangan.

 

Menjalankan puasa merupakan rukun Islam ke-3. Dengan mengajarkan anak berpuasa, berarti Ibu sudah memperkenalkan ibadah dan salah satu rukun Islam ke sang anak.


Tips Mengajar Si Buah Hati untuk Puasa



Menahan rasa lapar, haus, dan hal-hal yang membatalkan puasa selama 13 jam di satu bulan penuh tentunya bukan hal yang mudah, terutama untuk anak kecil yang sedang aktif-aktifnya. Mereka gemar bermain, berlari, melompat, dan melakukan banyak hal yang menguras energi sampai sampai merasa kelelahan. Akhirnya, mereka akan mulai meminta asupan makanan dan minuman. Hal ini memanglah hal yang cukup sulit, tapi bukan berarti tidak bisa dilakukan. Ada banyak cara untuk mengajari si Kecil untuk berpuasa.

 

1. Memancing rasa penasaran si Kecil

Anak kecil biasanya mudah terpancing untuk ingin tahu banyak hal. Hal ini bisa dijadikan strategi yang jitu loh Ibu. Ibu bisa mengawali pembicaraan dengan mengatakan bahwa beberapa hari lagi bulan puasa Ramadan akan tiba. Setelah itu, jelaskan kepada mereka apa itu puasa, apa saja pantangannya, dan promosikan manfaatnya. Secara tidak sadar, akan timbul rasa ingin mencoba untuk berpuasa dibenak sang anak.

 

2. Jadilah panutan

Katakan kepada mereka bahwa ayah dan bundanya akan menunaikan puasa  dengan patuh. Rasa ingin meniru yang ada pada diri anak-anak pun akan muncul karena meniru perilaku orang tua adalah hal yang senantiasa dilakukan oleh sang anak. Oleh karena itu, Ayah dan Ibu harus taat berpuasa juga ya demi sang anak!

 

3. Jadikan puasa sebagai bentuk keikhlasan bukan paksaan

Di masa perkembangan dan pertumbuhan, anak-anak masih membutuhkan nutrisi untuk tubuh mereka. Sistem tubuh mereka pun masih belum mampu untuk menahan rasa lapar dan haus. Oleh karena itu, hindari memaksa anak untuk berpuasa sehari penuh karena hal ini dapat mengancam kesehatan anak dan membuat mereka merasa tidak nyaman dalam menjalani puasa. Ajari mereka untuk berpuasa selama beberapa jam terlebih dahulu. Apabila mereka sudah mampu melewatinya, tambahkanlah lagi jam puasanya. Mengenal dan mencoba berpuasa adalah hal yang terpenting untuk mereka, bukan seberapa lama waktunya. Sejalan dengan kebiasaan berpuasa, kemampuan mereka untuk puasa pun tentunya akan semakin meningkat, Bu.

 

4. Alihkan pikiran mereka dengan berbagai aktivitas

Ajak anak tetap melakukan banyak hal untuk menyingkirkan rasa lapar dan haus mereka selama berpuasa. Menonton film-film kartun bisa menjadi pilihan yang terbaik. Selain menambah daya imajinasi dan membantu meluaskan daya kognitif mereka, si kecil dapat terhibur. Apabila sudah merasa bosan dengan film, Ibu bisa mengajak mereka untuk berkutat dengan permainan yang ringan sehingga tidak menguras energi mereka. Opsi lainnya adalah ajak mereka mewarnai dengan bahan-bahan alami. Dengan melakukan hal ini, anak-anak dapat menjadi lebih kreatif, meningkatkan kemampuan motorik, dan mengenal warna-warna juga bahan-bahan alami di sekitarnya.

 

5. Beri hadiah sebagai bentuk penghargaan atas usaha mereka

Tidak ada salahnya untuk mengapresiasi anak. Hal ini dapat membuat sang anak menjadi senang dan lebih semangat lagi untuk berpuasa. Bentuk apresiasi bisa berwujud pujian atau memberikan hadiah. Memberi hadiah juga tidak selalu perihal mainan, lho. Ibu bisa menghidangkan makanan atau minuman yang disukai si buah hati saat buka puasa, misalnya es kopyor jelly, es campur ataupun kolak.


Sedapnya Es Kopyor Jelly sebagai Menu Buka Puasa



Ada banyak cara seru untuk menunggu waktu berbuka puasa, contohnya membuat es kopyor. Es kopyor merupakan minuman dingin yang berisi daging kelapa yang dicampur dengan sirup dan susu. Sebagai variasi, Ibu bisa menambahkan jelly untuk isian es kopyor. Rasa dingin dan manis yang menyelimuti es kopyor jelly tentunya dapat memuaskan dahaga si kecil selama berpuasa. Sudah dipastikan si kecil akan bertambah semangat untuk berpuasa. Namun, mohon dipastikan si kecil berpuasa bukan hanya karena berharap segelas es kopyor ya, Bu.

 

Perlu diingat, es kopyor jelly tidak hanya sekadar minuman pelepas dahaga, tapi juga bermanfaat. Berdasarkan SehatQ, daging kelapa berfungsi untuk melancarkan BAB, memperkuat daya tahan tubuh, dan mendukung fungsi otak. Jelly yang terdapat pada es kopyor jelly pun bermanfaat untuk memperbaharui sel pada kulit, mencegah rambut rontok, dan menurunkan stres, seperti yang dikutip dari Mag for Women. Ibu tentunya sudah tau kan manfaat dari susu? Ingin lebih tau? Atau belum tau sama sekali? Yuk, intip di sini!

 

Bahan-bahan untuk membuat es kopyor jelly mudah dicari di pasaran. Cara membuatnya juga tergolong sederhana. Sembari menunggu waktu berbuka, coba libatkan si kecil untuk membuat es kopyor jelly bersama. Seperti apa sih resep es kopyor jelly yang lezat?

Bahan-bahan yang Diperlukan untuk Membuat Es Kopyor Jelly

  • 250 ml santan kental
  • 200 ml air
  • 5 gr jelly
  • 5 gr agar bubuk
  • 80 gr gula pasir
  • ½ sdt garam
  • 250 ml air kelapa
  • Es batu secukupnya
  • Parutan kelapa secukupnya
  • 40 ml FF Kental Manis Cocopandan

Cara Membuat Es Kopyor Jelly

  1. Masukkan santan 250ml ke dalam panci, air 200ml, gula 80gr, jelly bubuk 5gr, agar-agar 5gr, garam 1/2sdt lalu aduk secara merata
  2. Masak dengan api kecil sampai mendidih
  3. Saat membuat es kopyor, pastikan adonan tidak retak ataupun pecah
  4. Siapkan es batu dan masukkan adonan tadi ke dalamnya
  5. Masukkan air kelapa 250ml ke dalam mangkuk berisikan parutan kelapa
  6. Hidangkan di dalam gelas, tambahkan es batu secukupnya lalu tuangkan Frisian Flag Kental Manis Cocopandan 40ml sebagai pengganti sirup dan susu di es kopyor biasanya.
  7. Es Kopyor Jelly kreasi Ibu dan sang anak siap disantap.

Es Kopyor Bisa Dinikmati Kapan Saja

Es kopyor merupakan minuman dingin yang berisi daging kelapa yang dicampur dengan sirup dan susu dan biasanya dihidangkan untuk menu berbuka puasa.
Sebagai variasi, Ibu bisa menambahkan jelly untuk isian es kopyor. Namun, es kopyor ternyata bisa dinikmati juga di luar bulan puasa. Rasa dingin dan manis yang menyelimuti es kopyor tentunya dapat memuaskan dahaga si kecil serta anggota keluarga yang lain.
Nah, berikut ada beberapa resep variasi es kopyor yang bisa Ibu buat di rumah untuk menemani siang hari yang terik.

Es Kopyor Alpukat

Bahan dasar dari es kopyor alpukat tidak berbeda dengan es kopyor pada umumnya. Ibu memerlukan santan kental, air kelapa, dan parutan kelapa secukupnya.
Bahan yang membedakan dan membuat es kopyor alpukat berbeda tentu saja adanya tambahan buah alpukat sebagai topping. Tambahan alpukat tidak hanya menambah cita rasa dari es kopyor yang Ibu buat, tetapi juga menambah asupan vitamin untuk si kecil.


Es Kopyor Nata De Coco

Sama seperti menu sebelumnya, es kopyor nata de coco membutuhkan bahan dasar seperti santan kental dan parutan kelapa. Ibu bisa menambahkan nata de coco secukupnya sebagai bahan pendamping.
Rasa kenyal dari nata de coco tentunya akan membuat tekstur es kopyor Ibu kali ini semakin menarik disantap.


Es Kopyor Kue Lumpur

Menghidangkan es kopyor dengan kue, kenapa tidak? Variasi menu ini bisa ibu coba karena memiliki tampilan dan rasa yang berbeda dari es kopyor pada umumnya.
Ibu bisa membuat es kopyor menjadi es krim kopyor yang kemudian dihidangkan bersama kue lumpur. Kreasi ini akan menyatukan kue lumpur yang lembut dengan es krim kopyor yang manis dan gurih.


Es Kopyor Agar-agar

Tidak jauh berbeda dengan es kopyor nata de coco, es kopyor agar-agar bisa Ibu coba hidangkan di rumah untuk si kecil karena memiliki tampilan dan tekstur menarik.
Tekstur kenyal dari agar-agar atau puding akan menambah kenikmatan saat menyantap es kopyor yang menyegarkan.


Frisian Flag Kental Manis Cocopandan merupakan inovasi baru yang mencampurkan rasa segar susu dengan cocopandan yang lezat sehingga sangat cocok untuk dikombinasikan dengan es kopyor jelly. Dengan bahan dasar susu yang mengandung protein, karbohidrat, dan lemak serta mengandung 6 vitamin dan 4 mineral, Frisian Flag Kental Manis Cocopandan memberikan berbagai manfaat untuk si kecil. Kental manis ini tidak hanya digunakan untuk es kopyor saja lho, tapi juga untuk resep-resep lainnya yang bisa Ibu buat untuk sajian buka puasa, seperti es buah, puding, dan aneka ragam kue.

 

Baca juga:

Resep Kue Semprit Istimewa

Cara Membuat Es Soda Gembira Cocopandan


RESEP LAINNYA

RESEP POFFERTJES SAUS KARAMEL

Resep Poffertjes Saus Karamel

Es Soda Gembira, Penyegar Dahaga di Setiap Waktu

Es Soda Gembira, Penyegar Dahaga Di Setiap Waktu

RESEP MATCHA CHEESE TEA

Resep Matcha Cheese Tea