Kumpul Keluarga, Manfaat Dan Resep Es Campur Yang Bisa Kamu Coba


Acara kumpul keluarga bisa menjadi salah satu acara yang paling di tunggu-tunggu, punya kesempatan untuk bisa berkumpul dan bercengkrama dengan keluarga yang biasanya disibukkan dengan kegiatan masing-masing bisa menjadi momen langka yang jarang terjadi. Di acara ini, kamu bisa menyiapkan resep es campur terbaik kamu. Apalagi bila dapat berkumpul dengan keluarga besar yang biasanya hanya terjadi pada momen lebaran saja karena biasanya terpisah oleh jarak, tentunya kamu tidak ingin melewatkan momen seperti ini bukan? Belum lagi dengan kemungkinan menyajikan resep es campur terbaik yang baru saja kamu pelajari.

Manfaat Acara Kumpul Keluarga

Acara kumpul keluarga memang sangat menyenangkan, tetapi bukan hanya menyenangkan lho. Acara kumpul keluarga juga memiliki beragam manfaat yang bisa kamu dan keluarga kamu dapatkan saat melakukan aktivitas ini. Yuk, siapkan resep es campur dan resep lainnya untuk menyambut keluarga kamu.

Lalu apa saja manfaat yang bisa kamu dapatkan dari acara kumpul keluarga ini?


1. Makan Lebih Sehat

Pada acara makan bersama keluarga, hal yang pasti ada adalah makanan. Karena acara kumpul keluarga, makanan yang disajikan juga pasti dimasak langsung dan memiliki sumber gizi yang mencukupi lho. Itu lah kenapa pada acara kumpul bersama keluarga, kamu akan punya kesempatan untuk makan lebih sehat.


2. Terhindar Dari Masalah

Kenapa acara kumpul keluarga bisa menjauhkan kamu dari masalah? Hal ini dikarenakan kamu memiliki banyak tempat untuk bertukar pikiran saat kamu sedang ada masalah dan dengan suasana yang kekeluargaan kamu akan lebih nyaman untuk menyampaikan permasalahan kamu kepada orang lain.


3. Anak-anak Terhindar Dari Perilaku Buruk

Seperti poin nomor dua, anak-anak yang sering di ikut sertakan dalam acara kumpul keluarga besar akan terhindar dari perilaku buruk. Hal ini karena dikarenakan mereka terbiasa berhadapan dan berinteraksi dengan orang lain sehingga membentuk karakter yang penuh empati.


4. Menambah Perbendaharaan Kata

Semakin banyaknya orang, maka akan semakin banyak pelajaran yang bisa kamu serap. Karena acara kumpul keluarga berarti menyatukan berbagai macam orang yang tinggal berbeda pulau pada satu tempat, hal ini dapat membantu kamu untuk menambah perbendaharaan kata dan ilmu lain yang berguna. Misalnya menambah resep es campur dari berbagai daerah.


5. Mengurangi Stres

Bercengkerama dengan keluarga yang sudah lama tidak bertatap muka bisa menjadi salah satu faktor yang menurunkan stres kamu lho, karena saat kamu merasa senang maka tingkat stres kamu juga akan menurun. Mungkin kamu bisa melepas rindu dengan berkreasi resep es campur bersama keluarga kamu.


6. Menciptakan Kebersamaan

Tidak ada yang lebih penting selain kebersamaan di dalam keluarga, semakin seringnya kamu menghabiskan waktu dengan keluarga makan kebersamaan yang kamu bangun juga akan semakin kuat. Kamu bisa melakukan aktivitas bersama seperti melakukan kombinasi resep es campur antara tempat tinggal kamu dan saudara kamu.


7. Sambutan Hangat Untuk Anggota Keluarga Baru

Semakin lama, keluarga kamu mungkin akan semakin besar pula karena kedatangan anggota-anggota baru. Acara kumpul keluarga bisa menjadi salah satu sarana dalam menyambut anggota keluarga baru lho. Untuk mencairkan suasana, kamu bisa menyajikan resep es campur ala kamu.


8. Meningkatkan Prestasi

Dengan tingkat stres yang rendah dan perasaan senang yang kamu rasakan sehabis acara kumpul keluarga, otomatis tingkat prestasi kamu juga akan meningkat lho. Untuk menyebarkan kesenangan ini, mungkin kamu bisa membawa minuman hasil resep es campur yang telah kamu buat ke kantor kamu.


9. Ajang Unjuk Kebolehan Di Dapur

Siapa yang akan menyia-nyiakan kesempatan untuk ajang unjuk kebolehan dalam mengolah makanan dan minuman di dapur? Mulai dari resep es campur betawi, resep es campur agar-agar, resep es campur kolang-kaling, resep es campur selasih, resep es campur gula merah dan masih banyak resep es campur lainnya yang bisa kamu sajikan.


10. Memperluas Kesempatan dan Informasi

Pada acara kumpul keluarga, informasi yang kamu dapatkan ataupun kamu sebarkan secara tidak langsung juga akan lebih mudah tersebar lho. Misalnya saja kamu baru membuka suatu usaha baru, dengan memberikan informasi saat kumpul keluarga besar informasi mengenai usaha kamu bisa lebih mudah tersebar dan membuka kesempatan baru untuk kamu mengembangkan resep es campur. Namun bila sudah berbicara acara kumpul keluarga besar, tentu tidak lengkap tanpa makanan atau minuman yang harus disajikan untuk menemani suasana acara bercengkerama itu sendiri. Kadang kala memilih pilihan minuman atau makanan yang harus disajikan saja menjadi sangat sulit lho. Oleh karena itu, pada artikel kali ini kamu bisa melihat beberapa pilihan resep es campur dan resep lainnya yang bisa menjadi referensi dalam menyajikan makanan atau minuman untuk acara keluarga kamu.

Berbagai Resep Makanan dan Minuman Untuk Acara Kumpul Keluarga

 

Resep Es Campur Betawi Khas DKI Jakarta

Bahan:

  • 25 gr sagu mutiara merah, rebus
  • 100 gr tapai singkong, potong kotak
  • 100 gr cincau hitam, potong-potong
  • 4 buah nangka, potong dadu
  • 100 gr kolang kaling, belah 2 bagian, rebus
  • 100 gr kelapa muda, keruk lebar
  • 100 gr alpukat, keruk lebar
  • 600 gr es serut
  • 100 ml Susu Kental Manis Frisian Flag Gold
  • 100 ml sirup cocopandan

Bahan Kuah Santan:

  • 200 ml santan
  • ½ sdt garam
  • 2 lbr daun pandan

Cara membuat:

  • Kuah: Rebus santan, garam, dan daun pandan sambil diaduk sampai mendidih dan matang. Sisihkan.
  • Campur sagu mutiara, tapai singkong, cincau hitam, nangka, kolang kaling, kelapa muda, dan alpukat. Aduk rata.
  • Sajikan campuran sagu mutiara dengan es serut, Susu Kental Manis Frisian Flag Gold, sirup cocopandan, dan kuah santan.

4 porsi

20 menit

Selain minuman segar seperti yang ditunjukan oleh resep es campur khas betawi di atas, kamu bisa juga lho menyajikan makanan saat acara kumpul keluarga seperti resep di bawah ini:

 

Resep Creamy Mashed Potato

Bahan:

  • 400 gr kentang
  • 200 ml FF Full Cream
  • 2 sdm mentega
  • 1 siung bawang putih
  • 30 gr daging asap
  • 1 sdt peterseli
  • Garam dan merica secukupnya

Cara membuat:

  1. Rebus kentang 400gr
  2. Panaskan wajan, masukkan butter 2 sdm, bawang putih 1 siung, daging asap 30gr, lalu tumis dengan merata
  3. Tumbuk kentang yang sudah di rebus agar menjadi halus, tuang Frisian Flag Susu Cair Full Cream 200ml, tambahkan garam ½ sdt, merica ½ sdt, daging yang sudah ditumis lalu aduk secara merata
  4. Tambahkan peterseli 1 sdt di atasnya dan creamy mashed potato siap untuk dihidangkan untuk acara kumpul keluarga bersama dengan hasil resep es campur khas betawi.

Melakukan Aktivitas Bareng Keluarga

Selain melalui aktivitas bersantap bersama, masih banyak opsi yang bisa Kamu lakukan untuk menghadirkan kualitas terbaik dalam waktu kumpul keluarga. Melakukan aktivitas bersama merupakan salah satu cara dalam memaksimalkan kualitas kumpul keluarga. Kumpul keluarga bisa kamu jadikan agenda untuk sebagai pelepas penat setelah seminggu penuh sibuk bekerja.


Dengan berada di dalam lingkungan yang memberi kenyamanan dan rasa hangat, besar kemungkinan dengan melakukan aktivitas bersama di saat kumpul keluarga, energi yang telah terkuras selama seminggu penuh bekerja jadi dapat terisi kembali secara baik dan menambah keceriaan untuk diri sendiri dan untuk seluruh suasana di dalam rumah.


Dalam menyiapkan waktu untuk kumpul keluarga bersama, setidaknya satu kali di akhir pekan, kamu dan keluarga mampu mempelajari banyak hal untuk tetap menjaga keharmonisan, kekompakkan, serta menguatkan rasa percaya satu dan yang lainnya. Selain itu, waktu kumpul keluarga juga jadi hal yang penting dalam membantu tumbuh kembang pendidikan anak secara sosial di dalam rumah.


Pertama, kumpul keluarga tentu dilaksanakan sebagai sebuah sarana untuk menguatkan ikatan tali kasih antara seluruh anggota keluarga. Kamu bisa menguatkan ikatan tersebut dengan membagikan cerita-cerita yang kamu lalui di hari-hari sebelumnya. Dengan hal tersebut, lambat laun rasa kepercayaan di antara anggota keluarga pun akan meningkat. Selain itu cerita yang kamu sampaikan pun bisa jadi bentuk pembelajaran bagi seluruh anggota keluarga, terutama anak-anak dalam bersikap dan bertanggung jawab ketika mereka berada di dalam lingkungan sosial.

Tidak perlu Kamu mempersiapkan waktu dan uang lebih untuk sekadar melakukan aktivitas kumpul keluarga. Kamu sangat bisa untuk menghadirkan keceriaan saat kumpul keluarga di rumah saja.


1. Memasak

Memasak bisa jadi pilihan sebagai sarana bonding di saat kumpul keluarga. Pasalnya, dengan memasak bersama keluarga, kamu tidak hanya bisa berkreasi dalam membuat makanan beresep unik, kamu juga bisa meningkatkan komunikasi di antara seluruh anggota keluarga sehingga menjadi lebih kompak. Seperti mengetahui tentang makanan favorit anggota keluarga lainnya atau saling bekerja sama untuk menghadirkan makanan baru untuk disantap bersama. Maka dari itu, melakukan aktivitas bersama untuk kumpul keluarga penting untuk dilakukan pada waktu-waktu tertentu.


2. Olahraga

Mungkin ada yang senang dengan melakukan olahraga dengan sendirian, namun agar lebih seru dan hangat tidak ada salahnya kamu melakukan olahraga ringan di pagi hari bersama keluarga. Olahraga bisa jadi alternatif untuk hadirkan keseruan di tengah-tengah waktu kumpul keluarga. Jogging atau bersepeda bersama keluarga di pagi hari tidak hanya menjaga kesehatan kamu dan keluarga, tapi waktu kumpul keluarga jadi lebih menyenangkan karena bisa melakukan food hunting untuk sarapan seusai berolahraga bersama.


3. Berbagi pekerjaan rumah

Melakukan pekerjaan rumah jika dilakukan sendirian kerap kali terasa membosankan dan membutuhkan waktu yang lama untuk dikerjakan, namun jika dikerjakan bersama-sama, apalagi seluruh anggota keluarga tampaknya hal tersebut akan terasa jadi lebih ringan. Maka dari itu, aktivitas menjaga kebersihan rumah ini bisa jadi aktivitas yang menarik untuk memaksimalkan waktu kumpul keluarga. Kamu bisa meningkatkan cara komunikasi antara keluarga dengan cara pembagian tugas pekerjaan rumah. Hal tersebut perlu dilakukan agar mengurangi risiko miskomunikasi serta meringankan pekerjaan rumah masing-masing.


4. Berkreasi

Untuk kamu yang memiliki anak kecil di dalam keluarga, berkreasi dengan kesenian adalah cara baik dalam membantu tumbuh kembang kreatif anak sekaligus jadi cara yang menyenangkan untuk memaksimalkan kumpul keluarga. Aktivitas kumpul keluarga satu ini bisa dilakukan dengan cara seperti menggambar, melukis, atau berkreasi dengan menggunakan lilin mainan. Hal ini juga bisa digunakan sebagai alternatif untuk mengajarkan anak dalam mengurangi pemakaian smartphone atau gadget untuk sekadar menghilangkan rasa bosan.


5. Menonton film

Ketika sudah selesai melakukan aktivitas bersama di rumah yang cukup memakan tenaga, menonton film bersama bisa jadi pilihan sebagai salah satu aktivitas bonding kumpul keluarga untuk menjaga kekompakkan serta keharmonisan di dalam rumah. Melalui aktivitas kumpul keluarga satu ini, kamu dan keluarga bisa saling belajar tentang pentingnya kebersamaan. Selain itu, menonton film juga bisa mengajarkan satu sama lain dalam mengutarakan opini atau sudut pandang melalui diskusi tentang film yang sudah ditonton. Sesaat waktu berdiskusi tetaplah menjaga suasana kumpul keluarga selalu nyaman.


6. Melakukan hobi bersama

Selain berkreasi dengan cara menggambar atau melukis, melakukan hobi bersama di dalam rumah juga jadi salah satu cara meningkatkan kualitas dalam kumpul keluarga. Dengan melakukan aktivitas ini, kamu dan keluarga bisa saling bertukar hobi dan belajar tentang kesukaan masing-masing, seperti membaca buku, bermain alat musik, hingga mengotak-atik mesin kendaraan di rumah. Selain dapat memahami anggota keluarga lain melalui hal yang digemarinya, kamu juga berkesempatan dalam memiliki hobi baru lainnya.


Bagaimana? cukup mudah bukan kedua resep tadi untuk menemani dan melengkapi acara kumpul keluarga kamu? Silahkan mencoba ya! Mau tau kreasi resep lainnya dengan bahan Frisian Flag Purefarm? Klik disini.


RESEP LAINNYA

RESEP SUNDREK CENDOL KHAS JAWA BARAT

Resep Sundrek Cendol Khas Jawa Barat

RESEP PISANG OWOL KHAS JAWA TENGAH

Resep Pisang Owol Khas Jawa Tengah

RESEP RUJAK ES KRIM KHAS YOGYAKARTA

Resep Rujak Es Krim Khas Yogyakarta