Kampanye 'Semangat Pagi' dari Frisian Flag Indonesia untuk Bangun Keluarga Kuat Indonesia

Berita

Mar 28, 2018

Kampanye 'Semangat Pagi' dari Frisian Flag Indonesia untuk Bangun Keluarga Kuat Indonesia

Kampanye 'Semangat Pagi' dari Frisian Flag Indonesia untuk Bangun Keluarga Kuat Indonesia

Rendahnya angka kecukupan gizi dan sarapan di Indonesia, mendorong Frisian Flag untuk meluncurkan kampanye #SemangatPagi untuk mendorong para orangtua untuk menumbuhkan kebiasaan baik minum susu saat sarapan, dan menciptakan waktu keluarga berkualitas secara kreatif. 

Kebiasaan sarapan di kalangan masyarakat Indonesia masih tergolong rendah. Menurut Naskah Akademik Pekan Sarapan Nasional, PERGIZI PANGAN Indonesia 2012, prevelensi tidak biasa sarapan pada anak dan remaja mencapai 17% sampai 59%, dan pada orang dewasa mencapai 31,2%. Rendahnya angka ini juga didasari oleh beberapa faktor, salah satunya tidak ada waktu untuk sarapan atau merasa mual jika harus makan di pagi hari. Oleh karena itu, Frisian Flag Indonesia mengajak keluarga Indonesia untuk menjaga asupan gizi di pagi hari dengan minum susu setiap hari saat sarapan karena kandungan berbagai zat gizi makro dan mikro di dalam susu bisa membantu memenuhi kebutuhan gizi harian tubuh.

“Kami ingin berkontribusi membangun keluarga Indonesia yang kuat dan sehat, dan kami menyadari pentingnya inisiatif ini untuk membantu memenuhi kebutuhan gizi anak-anak dan keluarga. Kampanye #SemangatPagi ingin menyampaikan bahwa kebiasaan sehat merupakan pilihan yang mudah bagi anak-anak dan orangtua, yang akan membantu membentuk generasi kuat dan sehat di masa depan,” papar Andrew F. Saputro Direktur Corporate Affairs Frisian Flag Indonesia.

Kebiasaan sarapan sendiri sudah dicanangkan dalam kebijakan pemerintah untuk mewujudkan Gizi Seimbang, yang tercantum dalam PERMENKES nomor 41 tahun 2014. Sarapan sehat dianggap bisa memenuhi kebutuhan gizi seimbang di pagi hari. Guru Besar Ilmu Gizi IPB dan Ketua Umum PERGIZI PANGAN Indonesia, Prof. Dr. Hardinsyah, MS, mengatakan bahwa setiap tahunnya PERGIZI PANGAN Indonesia memperingati Pekan Sarapan Nasional (Pesan) untuk mendorong masyarakat menerapkan pola menu gizi seimbang. “Kami menyambut baik dukungan dari berbagai pihak, termasuk Frisian Flag Indonesia, yang mengangkat tentang pentingnya sarapan sehat bagi kesehatan dan kecerdasan. Kampanye #SemangatPagi sejalan dengan misi kami dalam membentuk generasi sehat dan berprestasi melalui sarapan sehat,” ungkapnya. 

Di lain sisi, sarapan dinilai bukan hanya baik untuk kesehatan fisik, namun sarapan sehat juga memberikan manfaat bagi kesehatan mental. Hal ini disampaikan oleh Psikolog Anita Chandra, M.Psi, yang mengatakan bahwa sarapan dan minum susu di pagi hari merupakan kebiasaan baik, karena bisa menjadi waktu berkualitas untuk berkumpul bersama keluarga.