Resep Puding Jagung

Jagung sangat mudah diolah dan kaya akan karbohidrat. Para pecinta jagung, tentu tak asing dengan rasa khas manis-gurih dari jagung, bukan? Jagung sering dijadikan alternatif pengganti nasi karena kaya akan karbohidrat dan protein. Pada beberapa daerah di Indonesia, jagung merupakan pangan pokok.

 

Tidak hanya pengganti makanan berat, jagung juga bisa diolah menjadi berbagai macam makanan dan camilan seperti puding jagung atau jagung susu keju seperti yang sering dilihat di pasaran.

 

Makanan pencuci mulut atau makanan penutup sangat diperlukan tetapi tak jarang orang bingung dan bosan. Bagaimana dengan puding jagung? Cita rasa puding yang enak dan nikmat ini memang banyak disukai berbagai kalangan mulai dari anak-anak sampai orang tua karena mampu membuat penikmatnya menjadi ketagihan. Apalagi setelah menyantap makanan berat, puding jagung dapat menjadi makanan penutup yang sangat tepat.

 

Kamu kurang menyukai jagung? Puding Jagung tentu bisa jadi alternatif. Sebagian orang  ada yang tidak menyukai jagung tapi ketika mencoba puding jagung jadi ketagihan, lho. Kami punya rekomendasi dan resep sarapan, juga cara praktis membuat puding jagung menggunakan Frisian Flag Full Cream Gold. Eits, sebelumnya, siapa yang menyangka kalo rasa manis dan lembut dari puding ternyata menyimpan banyak khasiat yang baik untuk kesehatan? Simak, yuk!

Melancarkan Pencernaan

Memakan makanan yang lembut tentu membantu melancarkan pencernaan, tapi tetaplah untuk selalu memerhatikan makanan seperti apa yang kamu konsumsi, apakah mengandung nutrisi untuk tubuh atau tidak. Untuk puding seperti puding agar-agar sendiri kenapa dibilang cocok, karena sangat kaya akan serat yang membantu usus untuk membersihkan dan menjaganya agar tetap sehat.

Melancarkan Peredaran Darah

Sering mongonsumsi makanan berlemak, membuat kamu was-was dengan kolesterol jahat, bukan? Banyak orang belum mengetahui bahwa mengonsumsi puding agar-agar bisa menjaga kadar kolesterol dalam tubuh. Kamu bisa rutin mengonsumsinya agar peredaran darahmu tetap lancar, jauh dari kolesterol dan tubuh tetap berfungsi secara baik dan optimal.

Menguatkan Tulang dan Mencegah Osteoporosis

Kesehatan tulang perlu dijaga sejak dini. Kalsium dan Zat besi yang terkandung dalam lumuran vla puding yang terbuat dari susu ini sangat baik untuk tulang dan gigi, mencegah kamu dan keluarga dari anemia dan osteoporosis. Wajib dicoba tapi jangan keseringan ya!

Melindungi Dari Penyakit Kanker

Gaya hidup yang tidak sehat dan makanan berlemak yang sering merajalela sangat memicu kanker dalam tubuh. Kamu bisa mencoba puding agar-agar instan yang dijual di minimarket atau supermarket karena ternyata puding agar-agar bisa melindungi dari tumor dan kanker serta bisa menangkal radikal bebas.

Asupan Untuk Diet

Pernah mendengar anggapan negatif tentang makan puding bisa bikin kamu gemuk? Selama tidak berlebihan tentu sangat aman untuk tubuh, karena kandungan serat dalam puding akan membuat perut kenyang lebih lama. Selain itu, mengonsumsi puding bisa dengan baik membantu menaikkan metabolisme tubuh dalam membakar lemak. Tidak jarang, katering makanan sehat selalu ada puding sebagai makanan penutup. Puding untuk diet? Kamu bisa mencoba puding buah atau puding jagung yang kaya akan nutrisi dengan memilih bahan-bahan berkualitas agar dietmu tetap berjalan normal.

Selain manfaat dari puding, sebelum membuat puding jagung, kamu tentu perlu mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan dari jagung sendiri, bukan?

Meningkatkan Kesehatan Mata

Kadar karoten zeaxanthin dan lutein yang ada dalam jagung dapat membantu mengurangi risiko degenerasi katarak.

Antinutrien

Jagung gandum utuh bisa mengganggu penyerapan normal mineral makanan karena mengandung asam fitat. Sering terlihat di negara berkembang, banyak orang berisiko kekurangan zat besi karena sering mengonsumsi gandum dan sereal.

Mengatasi Sembelit

Jagung adalah satu sumber serat yang sangat baik yang dapat membantu mengatasi masalah pencernaan seperti sembelit atau masalah pencernaan lainnya.

Mencegah Anemia

Jagung adalah sumber vitamin B12 yang sangat baik dalam membantu pembentukan sel darah yang dapat membantu mencegah anemia.

Mengurangi Risiko Cacat Bayi Saat Lahir

Untuk para ibu hamil, ini bisa jadi salah satu alternatif. Dengan mengonsumsi puding jagung atau makanan yang mengandung banyak mineral bisa menjaga janin agar tetap sehat.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Jagung adalah sumber beta-karoten, tentunya penting untuk tubuh untuk menjaga dari berbagai penyakit, serta menjaga memori yang baik khususnya saat sedang mengandung.

Mengingat puding jagung banyak digemari oleh masyarakat, apa saja bahan-bahan yang diperlukan serta bagaimana langkah-langkah pembuatan puding jagung? Yuk, simak resep puding jagung yang akan kami bagikan di bawah ini, yang siap menggugah selera kamu dan keluarga di rumah. Selamat mencoba!

 

Bahan:

  • 50 ml Frisian Flag Full Cream Gold
  • 200 ml Santan
  • 300 ml Air
  • 2 buah jagung manis
  • 1 sdm maizena
  • 60 gr gula pasir
  • ½ sdt garam
  • 5 gr agar-agar bubuk
  • 1 sdt vanilla

 

Cara Membuat:

  • Siapkan 2 jagung yang sudah dipipil
  • Masukan ke dalam blender
  • Tambahkan gula pasir 60 gr, santan 200 ml, air matang 300 ml dan tepung maizena 1 sdm lalu blender sampai semua bahan halus
  • Panaskan wajan dan masukan jagung yang sudah diblender lalu disaring dan buang ampasnya
  • Tambahkan agar-agar 5 gram, garam 1/2 sdt dan vanilla 1 sdt
  • Masukkan Frisian Flag Full Cream Gold 50 ml ke dalam adonan dan aduk secara merata sampai mendidih
  • Setelah adonan puding mendidih, tuang adonan ke dalam cup yang sudah disediakan dan tunggu sampai dingin atau uap panasnya berkurang
  • Jika sudah dingin, bisa dimasukkan ke dalam lemari es selama beberapa waktu, setelah mengeras, siap untuk dipotong dan dihidangkan. Kamu bisa menambahkan siraman vla puding instan yang ada di pasaran agar lebih praktis.

 

Tips

  • Gunakan jagung muda atau jagung manis. Bisa juga mengganti jagung segar dengan jagung kalengan
  • Didihkan adonan agar-agar menggunakan api sedang sambil terus diaduk supaya santan tidak pecah
  • Santan segar bisa diganti dengan santan instan siap pakai atau susu segar
  • Jika kamu menggunakan santan dan hasilnya santannya terasa dominan, selanjutnya, bisa menggunakan satu santan instan saja. Tetapi, sangat disarankan untuk mengganti santan dengan susu segar atau kental manis
  • Jika ingin menggunakan vla puding, takaran gula sedikit saja agar puding tidak terlalu manis
  • Supaya warnanya lebih tajam, untuk lapisan kuning bisa kamu tambahkan bahan pewarna kuning sebanyak 2 tetes
  • Untuk mendapatkan hasil puding yang hasil dan tekstur yang lembut, takaran air bisa kamu tambahkan.

 

Sangat mudah, bukan? Untuk ibu hamil, perbedaan takarannya adalah susu seperti susu full cream hanya 6 sdm. You always have a room for dessert! Semua bahan dan cara diatas tentu sangat mudah dibuat dan ditemukan. Sekarang, kamu bisa ngemil sehat tanpa kata ribet.

 

Have a great time with your family!

 

Baca juga: Pilihan Penyempurna Rasa Untuk Kreasi Lezat di Rumah


RESEP LAINNYA

RESEP KOLAK COKLAT

Resep Kolak Coklat

RESEP BANANA KATSU

Resep Banana Katsu

RESEP POPSICLE KACANG HIJAU

Resep Popsicle Kacang Hijau