Puncak Kampanye '95 Pesan untuk Masa Depan' Frisian Flag Indonesia - Press Release

Nov 27, 2017

Puncak Kampanye '95 Pesan untuk Masa Depan' Frisian Flag Indonesia

Membangun Keluarga Kuat dengan Pesan Kearifan


Jakarta, 24 November 2017 - Kampanye '95 Pesan untuk Masa Depan' yang diselenggarakan oleh Frisian Flag Indonesia dalam rangka memperingati 95 tahun hadirnya produk tersebut di negeri ini telah tiba pada puncaknya. Dalam kampanye yang berlangsung sejak bulan Agustus 2017, Frisian Flag Indonesia mengajak keluarga Indonesia berbagi pesan kearifan masing-masing. Terkumpul lebih dari 12.000 pesan kearifan yang dikirimkan oleh belasan ribu keluarga Indonesia dari berbagai daerah di Indonesia.

Sosiolog Universitas Indonesia Prof. Dr. Paulus Wirutomo, M.Sc,
yang telah mengulas sebagian pesan yang terkumpul sepanjang Kampanye '95 Pesan untuk Masa Depan' Frisian Flag Indonesia, memperhatikan adanya beberapa pesan yang cukup sering muncul dari keluarga-keluarga Indonesia. "Pesan tentang kebersamaan adalah pesan yang paling sering muncul. Selain itu, ada pula tentang keterbukaan, kasih sayang, kemandirian, toleransi pada perbedaan pendapat, kepercayaan, sopan santun, dan keharmonisan. Jadi, di era social media ini keluarga Indonesia justru semakin rindu berkumpul walaupun gawai bisa mempermudah komunikasi tanpa perlu tatap muka," jelasnya.

Prof. Paulus menekankan bahwa pesan-pesan kearifan keluarga tersebut penting untuk membangun keluarga yang kuat dan berujung pada bangsa yang kuat. "Kedepannya, pesan-pesan tersebut harus dijaga oleh seluruh anggota keluarga dan diupayakan agar terwujud. Apalagi di tengah situasi saat ini di mana banyak terjadi konflik karena banyak yang tidak bisa menerima perbedaan pandangan. Dan konflik tersebut dipertajam dengan tutur kata yang kurang apik di berbagai sosial media. Apabila pesan kearifan benar-benar diwujudkan dan diwariskan terus menerus dalam keluarga sebagai unit terkecil masyarakat, maka konflik seperti itu dapat diredam. Kampanye Frisian Flag Indonesia tentang pesan-pesan kearifan keluarga ini merupakan suatu upaya yang patut diacungi jempol," tuturnya.

Menambahkan penjelasan Prof. Paulus, psikolog keluarga Dessy Ilsanti, M.Psi menilai keluarga memiliki peran yang sangat penting dalam membangun karakter individu. "Bagaimana individu berperilaku menghadapi problem di kehidupan ditentukan oleh bagaimana keluarga membentuk karakternya," ujarnya. "Disinilah pesan kearifan keluarga memainkan perannya sebagai norma pembimbing diri untuk selalu on the right track," lanjutnya.

Dessy juga menekankan bahwa orang tua adalah role model terdekat dalam memberi contoh bagi anak-anaknya. "Cara terbaik meneruskan pesan kearifan di dalam keluarga adalah dengan melakukannya sepenuh hati. Contohnya, orang tua mencontohkan dengan bertutur kata lembut baik kepada anak-anak, nenek dan kakek, saudara dan kerabat, bahkan kepada mereka yang bekerja membantu di rumah. Hal ini menunjukkan rasa hormat, sopan santun, selalu menghargai orang lain, dan tidak mudah berucap kasar kepada orang-orang di sekitar kita," tambah Dessy.

Menjelajah pesan kearifan keluarga di berbagai daerah di Indonesia adalah pengalaman menarik bagi musisi Nugie. Bersama Frisian Flag Indonesia, Nugie berpetualang mengunjungi delapan provinsi di Indonesia, bertemu dengan keluarga-keluarga di sana, bersilaturahmi dan mempelajari pesan kearifan yang diturunkan dari generasi ke generasi. "Perjalanan bersama Frisian Flag ke berbagai daerah di Indonesia seperti sebuah oase yang menyegarkan. Saya terkesima mendengar bagaimana nilai-nilai kehidupan yang begitu mulia yang disampaikan orang tua kita masih tertanam kuat dan diteruskan oleh keluarga generasi berikutnya. Betapa nilai-nilai ini telah menjadikan kita sebagai bangsa yang besar dan berdaulat. Satu hal yang akan selalu saya genggam adalah bila kita ingin membangun bangsa tercinta menjadi bangsa kuat, kita harus kembali ke keluarga. Bila keluarga kita kuat, maka kuat pula bangsa ini. Mari kita pegang teguh kearifan pesan keluarga dan membangun menjadikan Indonesia bangsa yang tangguh dan berdaulat di masa depan," pungkasnya.

Pentingnya pesan kearifan dalam keluarga menjadi tema besar dalam perayaan 95 tahun kehadiran Frisian Flag di Indonesia. Marketing Director Frisian Flag Indonesia Felicia Julian mengatakan Kampanye '95 Pesan untuk Masa Depan' bertujuan untuk mengajak keluarga Indonesia menilik kembali pesan kearifan dalam keluarga dan membagikannya untuk generasi selanjutnya. "Kami sangat berbahagia melihat antusiasme keluarga Indonesia berbagi pesan kearifan untuk generasi mendatang dalam kampanye ini. Semoga kegiatan ini membuat kita ingat kembali akan pesan kearifan dari kakek nenek atau orang tua kita dan menguatkan kita dalam menghadapi tantangan yang ada. Selain itu, semoga pesan kearifan itu dapat terus diwariskan kepada generasi berikutnya agar terwujud keluarga yang kuat dan bangsa yang sehat," tuturnya.

Semangat tersebut memang sejalan dengan nilai Frisian Flag Indonesia yaitu 'Building Strong Family' yang bisa diartikan menjadi 'Membangun Keluarga Indonesia yang Sehat dan Kuat'. "Sebagai perwujudan nilai tersebut, kami terus berupaya memenuhi kebutuhan gizi keluarga Indonesia melalui berbagai inovasi. Format produk susu kami lengkap mulai dari bubuk, cair, dan kental manis dengan kandungan gizi yang bermanfaat bagi setiap anggota keluarga. Baik yang tua maupun yang muda, semuanya dapat menikmati rasa susu Frisian Flag Indonesia yang lezat dengan harga terjangkau. Produk kami telah hadir 95 tahun di negeri ini dan kami ingin terus menjadi bagian dari pertumbuhan keluarga Indonesia agar selalu sehat dan kuat," tutup Felicia.

Download PDF