Program Farmer2Farmer Wujud Nyata dalam Meningkatkan Kesejahteraan Peternak Sapi Perah di Indonesia

Berita

Oct 02, 2017

Program Farmer2Farmer Wujud Nyata dalam Meningkatkan Kesejahteraan Peternak Sapi Perah di Indonesia

Program Farmer2Farmer Wujud Nyata dalam Meningkatkan Kesejahteraan Peternak Sapi Perah di Indonesia

Sukses dalam membantu meningkatkan kesejahteraan peternak sapi perah lokal lewat program Farmer2Farmer, menjadi kebanggaan tersendiri bagi PT. Frisian Flag Indonesia. Aep Suherman adalah salah satu wujud nyata keberhasilan dari program berkelanjutan ini. 

Komitmen Frisian Flag Indonesia untuk mendukung meningkatkan kesejahteraan peternak sapi perah Indonesia, dengan meningkatkan kemampuan tata kelola peternakan melalui program Farmer2Farmer (F2F Program), telah membuahkan hasil yang positif. Wujud nyata keberhasilan tersebut dirasakan oleh Aep Suherman, peternak sapi perah asal Pangalengan, Bandung. Dengan dana bantuan dari Frisian Flag Indonesia, Aep telah berhasil meningkatkan produktivitas peternakannya.

Aep memanfaatkan dana bantuan sebesar Rp 10 juta tersebut untuk memperbaiki fasilitas kandang sapinya agar sesuai standar, mulai dari fasilitas air, tempat makan, hingga membangun tempat pemisahan sapi. “Saya sangat bersyukur dapat menjadi bagian dari program farmer2Farmer pada 2016 lalu. Selain mendapat ilmu dan pengalaman baru, program ini juga membantu saya dalam mengembangkan bisnis peternakan sapi perah dan memiliki hidup yang lebih baik bersama keluarga,” tutur Aep.

Menurut Aep, menjalani usaha peternakan sejak 1990, ternyata tak semudah yang ia bayangkan, terutama menyangkut kualitas susu segar hasil perahannya. Begitu pula dengan pedet atau anak sapi miliknya, yang seringkali mati karena salah perawatan. Setelah mengikuti program Farmer2Farmer, Aep mempelajari banyak hal tentang tata kelola dan tata laksana peternakan sapi perah yang baik dan benar. Kini ia berhasil memiliki 22 ekor sapi, dengan kenaikan hasil produksi susu segar sebanyak 2 liter/sapi/hari.  

“Kami sangat bangga melihat perkembangan Pak Aep Suherman. Saat mulai bergabung dalam program ini, ia hanya memiliki 6 ekor sapi. Kini ia sudah memiliki 22 ekor sapi dengan kondisi kandang yang lebih baik. Dan ini bisa menjadi contoh yang baik bagi peternak sapi perah lainnya di Indonesia,” ujar Akhmad Sawaldi, DDP & FDOV Project Manager Frisian Flag Indonesia.