Penghijauan dan Kemandirian Ekonomi Warga Melalui Budidaya Hidroponik

Berita

Jan 22, 2019

Penghijauan dan Kemandirian Ekonomi Warga Melalui Budidaya Hidroponik

Penghijauan dan Kemandirian Ekonomi Warga Melalui Budidaya Hidroponik

Di akhir tahun 2018, FFI melaksanakan kegiatan pelatihan pemberdayaan tanaman hidroponik untuk para warga sekitar pabrik di kelurahan Gedong dan Ciracas. Kegiatan, yang merupakan salah satu perwujudan program Corporate Social Responsibility (CSR), ini diharapkan bisa memberikan manfaat lebih kepada warga, sehingga bisa meningkatkan perekonomian keluarga. 

 

Keterbatasan lahan kini bukan alasan untuk tidak melakukan penghijauan di lingkungan sekitar. Melihat peluang serta kebutuhan tersebut, Frisian Flag Indonesia mengajak warga sekitar pabrik di kelurahan Gedong dan Ciracas untuk melakukan budi daya tanaman hidroponik. Kegiatan ini pun mendapat sambutan yang sangat positif dari warga sekitar, pasalnya bukan hanya membuat lingkungan sekitar menjadi asri, namun juga ada manfaat lain dari budi daya tanaman hidroponik ini.

“Pada dasarnya kami ingin memastikan semua kegiatan CSR yang dilakukan di lingkungan masyarakat itu bisa berkelanjutan. Nah, kami menilai bahwa kegiatan pemberdayaan tanaman hidroponik ini bermanfaat bagi masyarakat sekitar. Selain berfungsi sebagai penghijauan, tanaman hidroponik bisa juga untuk memenuhi kebutuhan mereka, dan juga sebagai salah satu cara untuk memberdayakan ekonomi tentunya. Karena, hasil dari tanaman ini bisa dikonsumsi sendiri atau dijual untuk kesejahteraan masyarakat sekitar,” papar Corporate Sustainability Development Manager FFI Refa Hayudi Griyanda.

Antusias warga makin terasa saat mereka berhasil memanen dari apa yang mereka tanam. Pada akhir 2018, warga dari RW 09 Kelurahan Gedong dan warga RW 08 Kelurahan Ciracas, Jakarta Timur, berhasil menunjukkan hasil panennya. Beberapa jenis sayuran seperti pakcoy, sawi, kangkung, dan bayam tumbuh subur di atas pipa-pipa paralon, yang dibangun warga sebagai media tanamnya.

“Kami warga RW 09 sangat senang dan antusias sekali dengan adanya kegiatan budi daya tanaman hidroponik ini. Terlebih usai panen kemarin, banyak warga yang semakin antusias bertanya dan ingin ikut belajar. Yang pasti kami tidak akan berhenti sampai di sini saja, ke depannya kami akan terus mengembangkan dan berinovasi dengan menanam berbagai jenis tanaman lainnya,” ujar Neneng, Ketua RW 09 Kelurahan Gedong.

 Kegiatan ini sesuai dengan komitmen Frisian Flag Indonesia, yaitu membantu upaya peningkatan status gizi masyarakat Indonesia. Hidroponik adalah salah satu cara yang dilakukan untuk membantu masyarakat sekitar sadar bahwa asupan gizi yang seimbang penting bagi masa depan keluarga Indonesia. “Untuk ke depannya, kami akan tetap melanjutkan pemberdayaan hidroponik ini. Selain itu, kami juga tetap mengedukasi masyarakat tentang kebaikan susu dengan memberikan pelatihan-pelatihan tentang ilmu gizi yang bermanfaat bagi mereka. Karena susu adalah salah satu produk bergizi yang memberikan kontribusi terbaik untuk kesehatan masyarakat. Kegiatan ini nantinya akan kita mulai dari sekolah-sekolah, lalu ke masyarakat,” kata Refa.