MilkVersation Patahkan Mitos Seputar Susu dengan Bukti Ilmiah

Berita

Jun 01, 2019

MilkVersation Patahkan Mitos Seputar Susu dengan Bukti Ilmiah

MilkVersation Patahkan Mitos Seputar Susu dengan Bukti Ilmiah

Frisian Flag Indonesia kembali mengundang rekan-rekan media untuk mengikuti acara MilkVersation untuk sama-sama mengupas mitos dan fakta seputar susu. 

 

Dalam rangka menyambut Hari Susu Dunia, Frisian Flag Indonesia kembali menggelar MilkVersation kedua di tahun 2019 bersama para pakar dan juga rekan-rekan media. Tema yang diambil kali ini adalah Mitos vs Fakta Tentang Susu karena ternyata masih banyak masyarakat yang percaya dengan mitos-mitos seputar susu, antara lain susu bisa menyebabkan gemuk, mengakibatkan sakit perut, atau bahwa susu hanya untuk anak-anak. Spesialis Gizi Klinis dr. Diana F. Suganda, M.Kes, Sp.GK, menjabarkan beberapa data klinis yang bisa mematahkan mitos tersebut.

“Susu disebut sebagai sumber bahan makanan lengkap karena mengandung tiga nutrisi esensial (makro nutrisi) yang dibutuhkan tubuh, yaitu protein, lemak dan karbohidrat, serta berbagai kandungan mikro nutrisi seperti kalsium, potasium dan magnesium. Sehingga, jika dikonsumsi sesuai aturan, susu akan memberi dampak positif bagi kesehatan tubuh dalam jangka panjang,” papar Diana. Ia juga menambahkan bahwa manfaat baik susu akan terasa maksimal jika dikombinasikan dengan variasi asupan makanan lainnya, serta didukung aktivitas fisik atau olahraga secara rutin.

Penting untuk diingat bahwa penyerapan zat gizi dalam susu ke tubuh harus dibantu dengan aktivitas fisik, seperti kalsium dalam susu, yang tidak akan bekerja sempurna jika tidak diimbangi dengan aktivitas fisik. Pendapat ini dinyatakan langsung oleh Dokter Timnas Sepakbola Wanita Indonesia ASIAN GAMES 2018, dr. Grace Joselini. Menurutnya, susu memenuhi lima prinsip yang harus didapatkan setelah berolahraga: re-energize, re-vitalize, re-build, re-oxygenate, dan re-hydrate. “Karbohidrat yang terkandung dalam susu cepat menggantikan (re-energize) cadangan glikogen yang terpakai saat berolahraga. Sedangkan kandungan antioksidan, vitamin, dan mineral yang ada pada susu akan merevitalisasi (re-vitalize) otot. Lalu kandungan proteinnya akan membentuk kembali (re-build) tubuh dan otot, zat besi bermanfaat untuk re-oxygenate otot, dan kandungan air dari susu akan membantu rehidrasi (re-hydrate) tubuh,” jelas Grace.

 Sebagai salah satu asupan bernutrisi baik, manfaat susu telah dipercaya dari generasi ke generasi untuk melengkapi kebutuhan nutrisi harian seseorang. Namun, banyak informasi yang kurang tepat terkait susu yang beredar di tengah masyarakat dan seringkali menimbulkan kesalahpahaman. “Kebaikan susu sudah dikenal luas di masyarakat, namun masih banyak mitos mengenai susu yang menjadi ganjalan dalam mengonsumsi susu. Sebagai perusahaan yang berkomitmen untuk menghadirkan kebaikan susu bagi keluarga Indonesia, Frisian Flag terus berupaya mengedukasi masyarakat tentang pentingnya susu dalam mendukung kesehatan masyarakat. Melalui informasi yang tepat, Frisian Flag ingin agar mitos yang kurang tepat tentang susu dapat terkikis dan melahirkan pemahaman yang benar di tengah masyarakat,” ujar Corporate Affairs Director Andrew F. Saputro.