Lima Sosok Inspirasional Penerima Penghargaan Arkatama

Our Milkpedia

Berita

Aug 31, 2022

Lima Sosok Inspirasional Penerima Penghargaan Arkatama

Lima Sosok Inspirasional Penerima Penghargaan Arkatama

Sebagai puncak kampanye Pahlawan Kemajuan Keluarga, FFI memberikan Penghargaan Arkatama kepada 5 sosok inspiratif, yang dengan caranya mampu menghadapi berbagai tantangan, memampukan diri, memajukan keluarga, dan memberi dampak positif bagi lingkungan sekitarnya. Sesuai dengan namanya, yakni ‘Penghargaan Arkatama’, penghargaan ini khusus diberikan kepada sosok-sosok yang telah menjadi permata yang menerangi keluarga masing-masing maupun keluarga lainnya.


Kelima sosok yang terpilih untuk menerima penghargaan Arkatama adalah Ewaldina Sawi Meo, seorang bidan yang berhasil membantu menekan angka kematian ibu dan anak di Kabupaten Nagekeo, NTT; Devirisal Djabumir, Sosok pemuda yang memilih untuk meninggalkan dan kembali ke kampung halamannya demi memajukan pendidikan dan melestarikan lingkungan di kampung halamannya yaitu di Kepulauan Aru; Sri Utami, sosok ibu tangguh sekaligus pemilik fasilitas kesehatan berbiaya murah di Solo; Robertus Kenedy Diaz, Pegiat lingkungan di Labuan Bajo; dan Ni Komang Warsiki, sosok ibu tangguh dan orang tua tunggal yang memiliki anak-anak penyandang difabel. Anak pertamanya telah menulis 4 buku, sementara karya lukisan anak keduanya juga banyak diminati hingga mancanegara.

Corporate Affairs Director Frisian Flag Indonesia, Andrew F. Saputro menyampaikan, “Sejak Februari lalu, FFI bersama Kick Andy menjaring ratusan cerita Pahlawan Kemajuan Keluarga yang berasal dari berbagai wilayah di Indonesia. FFI bersama 2 dewan juri lain: Sosiolog, Imam B. Prasodjo; serta Host Kick Andy, Andy F. Noya, kemudian menetapkan 5 sosok terpilih - yang kisah hidupnya bukan hanya menginspirasi, tetapi juga selaras dengan 3 pilar yang menjadi fokus utama FFI di bidang kesehatan, kesejahteraan dan keselarasan dengan lingkungan.”

“Selama ini orang menganggap bahwa untuk menjadi pahlawan, kita harus melakukan aksi besar yang heroik. Namun kali ini, kita melihat ternyata di sekitar kita banyak sosok pahlawan yang terbukti mampu mengatasi keterbatasan dan menjadi pahlawan bagi keluarga dan lingkungan sekitar. Hidup ini hanya sekali, karena itu hidup kita harus berarti,” ungkap Host Kick Andy, Andy F. Noya.

Di tengah kemajuan zaman dan kehidupan yang penuh tantangan, terdapat beragam kisah yang sangat menyentuh dan memotivasi melalui perjuangan yang mereka lakukan untuk terus berdaya.

Sosiolog yang juga merupakan Dewan Juri, Imam B. Prasodjo mengatakan, “Mereka nyatanya bukan hanya mampu menghalau berbagai tantangan untuk diri sendiri, tetapi juga keluarga dan lingkungan di sekitarnya. Setiap cerita yang kami terima, sesungguhnya telah memberi makna dengan caranya, namun kita tetap harus memilih kisah yang perlu ditonjolkan, sebagai inspirasi bagi para pejuang kemajuan keluarga dan lingkungan lainnya.”