Hari Pelanggan Nasional: Frisian Flag Indonesia Jaga Kepercayaan Pelanggan dengan Inovasi Produk Bergizi dan Layanan Terbaik

Berita

Sep 01, 2020

Hari Pelanggan Nasional: Frisian Flag Indonesia Jaga Kepercayaan Pelanggan dengan Inovasi Produk Bergizi dan Layanan Terbaik

Hari Pelanggan Nasional: Frisian Flag Indonesia Jaga Kepercayaan Pelanggan dengan Inovasi Produk Bergizi dan Layanan Terbaik

Menyambut Hari Pelanggan Nasional 2020 yang diperingati setiap 4 September, FRISIAN FLAG® berkomitmen memberikan layanan terbaik untuk kemudahan pelanggan mendapatkan produk-produk bergizi. 


Hari Pelanggan Nasional merupakan momen penting bagi Frisian Flag Indonesia (FFI) dalam menjaga kepercayaan pelanggan dengan menyediakan produk dan layanan terbaik. Inovasi untuk terus menghasilkan produk berkualitas menjadi pedoman bagi FFI agar dapat menyedikan gizi yang baik untuk keluarga Indonesia.

“Meskipun masyarakat dihadapkan pada keterbatasan mobilitas dengan adanya Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), produk-produk FRISIAN FLAG® tetap mudah diperoleh agar pelanggan dapat terus menyediakan minuman bergizi untuk diri dan keluarganya. Kami juga terus berupaya untuk menjadi mitra keluarga Indonesia dengan terus memberikan informasi tentang pentingnya edukasi gizi dan menjaga kesehatan,” jelas Corporate Affairs Director Frisian Flag Indonesia, Andrew F. Saputro.

Pandemi COVID-19 ini tidak hanya berdampak pada dunia usaha, akan tetapi juga mengubah perilaku pelanggan di seluruh dunia. Menurut laporan ‘Tinjauan Big Data 2020 terhadapDampak Covid-19’ oleh Badan Pusat Statistik (BPS), penjualan melalui daring di Indonesia pada Februari – Juli 2020 meningkat tajam dibandingkan penjualan pada Januari 2020 yaitu mencapai angka 320% di Maret 2020 dan 480% di April 2020. Menurut lembaga survey konsumen Nielsen, 30% konsumen merencanakan untuk lebih sering berbelanja secara daring sejak pandemic COVID-19 merebak.

Riset serupa juga dilakukan oleh Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen, Fakultas Ekologi Manusia, IPB pada 1126 keluarga di 27 propinsi di Indonesia pada bulan Mei 2020. Hasil riset tersebut menyatakan bahwa ada peningkatan frekuensi pembelian secara daring meningkat hingga 35,3%. Selian itu, alokasi pengeluaran keluarga juga meningkat pada pangan pokok sebesar 61,1%, perlengkapan kesehatan dan sanitasi/kebersihan sebesar 76%, serta vitamin/suplemen sebesar 55%. Dari data tersebut menunjukkan adanya sikap konsumen yang mementingkan manfaat khususnya menyangkut aspek kesehatan. Produk makanan dan minuman sehat kaya gizi seperti susu, suplemen, menjadi hal yang paling dicari oleh konsumen selain produk-produk kebutuhan sanitasi.

“Jika dilihat dari survei konsumen tersebut, produk kesehatan seperti makanan sehat, suplemen, minuman kaya gizi seperti susu dan yoghurt menjadi barang yang paling dicari, karena saat ini konsumen lebih focus pada produk-produk yang memiliki nilai bagi kesehatannya,” ungkap Dosen Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen, IPB, Dr. Megawati Simanjuntak. Ia juga menyarankan agar konsumen jeli memperhatikan produk-prosuk yang dipilih saat melakukan belanja secara daring.

Hal serupa juga disampaikan oleh Psikolog Keluarga, Ajeng Raviando yang mengatakan bahwa perubahan perilaku konsumen tercermin dari keputusannya membeli kebutuhan sehari-hari. Maka dari itu, disarankan agar konsumen berhati-hati dalam mengambil keputusan dan menjadikan risiko kesehatan sebagai perrtimbangan utama.

Kondisi masa pandemi ini memang mau tidak mau menuntut masyarakat untuk melakukan kebiasaan baru, terutama dalam hal menjaga kesehatan dan kebersihan. Ketua Pusat kajian Gizi dan Kesehatan (PKGK) FKM Universitas Indonesia, Ir. Ahmada Syafiq, M.Sc. Ph.D menyampaikan bahwa di tengah AKB, masyarakat mau tidak mau harus beradaptasi dan terum mencari informasi tentang kesehatan termasuk gizi.

“Dalam situasi seperti ini muncul kesadaran mengenai pentingnya menjaga imunitas tubuh sebagai hal yang utama dengan secara teratur mengasup makanan bergizi, salah satunya adalah mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung protein hewani. Karena, dengan asupan gizi seimbang , aktivitas fisik atau olahraga rutin, serta istirahat yang cukup mampu menjaga imunitas tetap bekerja optimal” jelasnya.

Selama 98 tahun FRISIAN FLAG® selalu berupaya secara optimal memberikan pelayanan terbaik untuk seluruh konsumennya. Untuk memenuhi layanan kepada pelanggan di seluruh Indonesia, FFI telah bekerjasama dengan perusahaan-perusahaan e-commerce dan semenjak bulan Mei 2020, FFI juga melayani program Home Delivery Service di beberapa area terpilih.