Gerakan NUSANTARA 2018 Sukses Jangkau Indonesia Timur

Berita

Dec 27, 2018

Gerakan NUSANTARA 2018 Sukses Jangkau Indonesia Timur

Gerakan NUSANTARA 2018 Sukses Jangkau Indonesia Timur

Sukses menyelesaikan rangkaian kegiatan Gerakan NUSANTARA (MiNUm Susu TiAp Hari uNTuk Anak ceRdas Aktif Indonesia) 2018, Frisian Flag Indonesia berkomitmen untuk terus membangun keluarga Indonesia yang kuat melalui edukasi gizi seimbang, kebiasaan minum susu setiap hari, serta bergerak aktif untuk menunjang kebutuhan gizi harian mereka. 


Tahun ini program Gerakan NUSANTARA berhasil menjangkau 756.985 murid di 1.549 Sekolah Dasar (SD) yang tersebar di 11 kota, 9 Kabupaten pada 5 Provinsi – melebihi target sebelumnya, yaitu sebesar 700.000 murid. Selain memberikan program edukasi gizi komprehensif langsung kepada murid, Gerakan NUSANTARA tahun ini juga kembali melanjutkan kegiatan Training of Trainers (ToT), yang secara signifikan meningkatkan kapasitas guru dalam pemahaman tentang gizi.

“Berkaca pada kesuksesan tahun sebelumnya, program Gerakan NUSANTARA 2018 melanjutkan program ToT sebagai salah satu metode yang terbukti efektif untuk memberikan ilmu kepada guru mengenai Pedoman Gizi Seimbang, yang diharapkan dapat diteruskan kepada rekan guru lain dan murid,” ungkap Ketua Pusat Kajian Gizi dan Kesehatan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (PKGK UI) Ir. Ahmad Syafiq, MSc, PhD.

Tahun ini program ToT memperluas jangkauannya hingga ke Indonesia Timur. Sebanyak 434 guru dari 182 sekolah dasar di Kabupaten Timur Tengah Selatan, Kota Kupang, Kabupaten Kupang, Kota Malang, Kota Batu, Kota Sorong dan Kabupaten Sorong, serta menjangkau 65.039 murid SD. Di Kota Sorong dan Kabupaten Sorong, kegiatan ini didukung oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Sorong, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sorong, dan bekerja sama dengan PKGK UI, dan berhasil menjangkau 178 guru dan 17.324 murid dari 53 SD.

Kami menyambut baik inisiatif Frisian Flag Indonesia bersama PKGK UI untuk memberikan edukasi gizi kepada guru di Kota Sorong. Kami yakin edukasi tersebut menambah ilmu bagi guru dan membantu kami bergerak bersama mencapai poin ke-2 dari misi Kota Sorong untuk meningkatkan Kualitas Kesehatan, Pendidikan, dan Pengembangan Sosial,” papar Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Sorong Petrus Korisano, S.Pd., M. MPd.

Kegiatan di Sorong tersebut sekaligus menjadi penutup program Gerakan NUSANTARA tahun 2018. Salah satu perwakilan guru menyampaikan rasa terima kasihnya terhadap program Gerakan NUSANTARA karena menjadikan Sorong sebagai salah satu daerah jangkauan dalam program tersebut. “Kegiatan ToT program Gerakan NUSANTARA 2018 telah memberikan sudut pandang dan pengetahuan baru kepada guru mengenai perilaku gizi positif. Kami sebagai guru sadar betul akan peran dan pengaruh kami kepada anak didik kami, maka dari itu kami akan terus berusaha dan berkontribusi dalam pembentukan kebiasaan gizi positif anak didik kami,” jelas Kepala Sekolah SD Inpres 109 Perumnas Kota Sorong Maryatin M.Pd.  

“Melalui program Gerakan NUSANTARA, Frisian Flag Indonesia akan terus berkomitmen untuk membangun keluarga Indonesia yang kuat. Sebagai perusahaan produk-produk bergizi berbasis susu, selain menyediakan gizi terbaik, kami juga berusaha untuk meningkatkan pengetahuan tentang gizi seimbang, pentingnya membiasakan minum susu setiap hari, dan gaya hidup sehat dan aktif bagi seluruh keluarga Indonesia, terutama anak-anak, agar mereka dapat meraih potensi tertinggi,” kata Refa Hayudi Griyanda, Corporate Sustainability Development Manager Frisian Flag Indonesia.