Facebook Pixel

Frisian Flag Indonesia Terapkan Logo ‘Pilihan Lebih Sehat’ Pada Kemasan Produk Susu Siap Minum

Our Milkpedia

Berita

Apr 09, 2021

Frisian Flag Indonesia Terapkan Logo ‘Pilihan Lebih Sehat’ Pada Kemasan Produk Susu Siap Minum

Frisian Flag Indonesia Terapkan Logo ‘Pilihan Lebih Sehat’  Pada Kemasan Produk Susu Siap Minum

Apa yang kita konsumsi akan berdampak pada kualitas kesehatan dan kehidupan kita di masa yang akan datang. Maka dari itu kita perlu untuk lebih cermat, bijak, dan berkesadaran dalam mengonsumsi produk pangan. Alasan inilah yang membuat Frisian Flag Indonesia berinisiatif menerapkan Produk Berlogo ‘Pilihan Lebih Sehat’, demi membantu masyarakat lebih mindful dalam mengonsumsi susu siap minum.


Menyambut hari kesehatan sedunia yang diperingati setiap tanggal 7 April, Frisian Flag Indonesia ingin kembali menekankan pentingnya penerapan pola hidup sehat sekaligus mengedukasi masyarakat terkait pilihan lebih sehat, dengan mengadakan webinar yang diikuti oleh rekan media dan anggota Mom Blogger Community pada Selasa (06/04/2021). Webinar bertajuk ‘Konsumsi Berkesadaran untuk Pilihan Asupan yang Lebih Sehat dan Lebih Baik, Investasi Kesehatan untuk Masa Depan’, turut menghadirkan Deputi Bidang Pengawasan Pangan Olahan BPOM, Dra. Rita Endang., Apt., M.Kes;  Nutrisionis, Seala Septiani, S. Gz, M. Gizi; dan Corporate Affairs Director Frisian Flag Indonesia, Andrew F. Saputro.

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Republik Indonesia melahirkan kebijakan positif penerapan logo ‘Pilihan Lebih Sehat’ pada bagian utama label produk, yang bertujuan untuk memudahkan konsumen dalam memilih asupan pangan yang lebih sehat. Inisiatif tersebut dilakukan demi mewujudkan ketersediaan, keterjangkauan, pemenuhan konsumsi pangan yang cukup, aman, bermutu dan bergizi seimbang, yang sejalan arahan dengan badan kesehatan dunia, sesuai UU No. 18 tahun 2012 tentang pangan.

Deputi Bidang Pengawasan Pangan Olahan BPOM, Dra. Rita Endang., Apt., M.Kes, menyatakan, “Ada syarat yang harus dipenuhi oleh produk siap minum untuk bisa mendapatkan logo ‘Pilihan Lebih Sehat’ dengan contreng hijau pada bagian utama label, yakni kandungan gula maksimum adalah 6 gram per 100ml.”

Kebijakan BPOM tersebut mendapat sambutan positif dari Corporate Affairs Director Frisian Flag Indonesia, Andrew F. Saputro, “Sejalan dengan visi perusahaan kami yaitu Nourishing by Nature, serta komitmen jangka panjang kami untuk membangun masyarakat Indonesia yang sehat, sejahtera, dan selaras, Frisian Flag Indonesia (FFI) telah menerapkan logo ‘Pilihan Lebih Sehat’ pada rangkaian susu cair siap minum FRISIAN FLAG® Purefarm dengan pilihan ukuran terlengkap: 225ml, 450ml dan 900ml - dalam berbagai varian rasa, di antaranya: Full Cream, Coconut Delight, Ketan Hitam, dan Sweet Delight, juga varian rendah lemak rasa French Vanilla dan Californian Strawberry. Bahkan, untuk varian Full Cream, penerapan tanpa gula tambahan juga telah diberlakukan.”

Tidak berhenti sampai di situ, FFI juga berkomitmen untuk menghadirkan produk dan kemasan yang lebih ramah lingkungan, yang ditandai dengan logo Forest Stewardship Council (FSC). “Artinya, bahan baku untuk kemasan karton yang digunakan berasal dari sumber yang dikelola dengan cara yang bertanggung jawab dan berkelanjutan. Ditambah lagi dengan kehadiran inovasi sedotan kertas pada rangkaian produk susu siap minum rendah lemak,” tambah Andrew.

Nutrisionis, Seala Septiani, S. Gz, M. Gizi, mengatakan, adanya logo ‘Pilihan Lebih Sehat’ dapat membantu memudahkan seseorang yang ingin menerapkan mindful consumption atau konsumsi berkesadaran dalam mempertimbangkan dengan matang keputusannya sebelum mengonsumsi atau membeli suatu produk. “Ketika bicara mindful consumption, yang dipikirkan bukan hanya kepentingan diri sendiri, tapi juga berpikir bagaimana dengan nature, bagaimana dampaknya terhadap keluarga, kemudian dampaknya pada lingkungan, di lingkup generasi yang akan datang akan seperti apa dampaknya, jadi kita berpikir di lingkup komunitas yang lebih besar,” ungkap Seala.

“Pencantuman logo pilihan lebih sehat di produk-produk susu siap minum Frisian Flag Indonesia, diharapkan dapat memudahkan masyarakat dalam memilih produk yang lebih sehat, produk yang lebih baik, sesuai dengan kebutuhan masing-masing individu. Ayo bersama-sama kita wujudkan keluarga Indonesia yang sehat, sejahtera dan selaras,” tambah Andrew.