Frisian Flag Indonesia Pecahkan Rekor MURI untuk Pemeriksaan USG Terbanyak dari 1228 Ibu Hamil

Berita

Apr 24, 2015

Frisian Flag Indonesia Pecahkan Rekor MURI untuk Pemeriksaan USG Terbanyak dari 1228 Ibu Hamil

Frisian Flag Indonesia Pecahkan Rekor MURI untuk Pemeriksaan USG Terbanyak dari 1228 Ibu Hamil

Pemeriksaan Ultrasonografi (USG) terhadap 1228 ibu hamil berhasil tercatat sebagai rekor baru pada Museum Rekor Indonesia (MURI) di Cirebon, Jawa Barat.

Kegiatan ini merupakan program kemitraan yang dilakukanPerkumpulan Obstetri dan Ginekologi (POGI) Jawa Barat Korwil V Cirebon, Ikatan Bidan Indonesia (IBI), Pemda Kota Cirebon, Pemkab Cirebon, dan FrieslandCampina melalui Frisian Flag Indonesia (FFI).

Acara tersebut juga merupakan salah satu rangkaian kegiatan pengabdian masyarakat dalam menyongsong Kongres Obstetri dan Ginekologi Indonesia Ke-16 di Bandung pada bulan Agustus 2015 mendatang serta memperingati Hari Jadi ke-533 Kabupaten Cirebon dan Hari Kartini.

Turut hadir Bupati Cirebon, Drs.H. Sunjaya Purwadisastra, MM.,M.Si, Wali Kota Cirebon, Drs.Nasruddin Aziz, SH, Ketua POGI Provinsi Jawa Barat, Dr.dr Yudi M. Hidayat, SpOG (K) serta Ketua IBI Jawa Barat, Bidan Hj. Mien Ratminah.,Am.Keb., SKM dan Head of Medical Marketing FFI Hendro Wibowo.

Di akhir sambutannya, Hj.Mimin berpesan kepada para ibu hamil untuk mengajak ibu-ibu lainnya agar rutin memeriksakan kandungan minimal 4 kali selama masa kehamilan. Sementara Bupati Cirebon,memberikan apresiasi kepada semua pihak yang terlibat dalam mendukung program-program peningkatan pelayanan kesehatan untuk masyarakat Cirebon, salah satunya pemeriksaan USG secara gratis untuk deteksi dini sehingga risiko tingginya gangguan kelahiran dapat ditangani dengan baik.

“Kasus kematian ibu hamil dan bayi masih menjadi tantangan dan tanggung jawab kita bersama. Pemeriksaan rutin dan USG menjadi salah upaya mencegah risiko selama kehamilan untuk menurunkan angka kematian ibu dan bayi,” ungkap Ketua Panitia, yang juga Ketua POGI Jawa Barat KORWIL V Cirebon, dr. Hermawan, SpOG.

Setelah penandatangan moratorium yang menandai dimulainya acara, Peserta tidak hanya bisa melakukan pemeriksaan USG, namun juga dapat berkunjung ke booth ruang konsultasi laktasi, ruang konsultasi gizi dan ruang senam segar Mama dari Frisian Flag.

Menurut salah satu peserta, Ibu Mulyaningsih (36) dari Pegambiran, Pronggol. Pemeriksaan USG ini baru pertama kali diadakan di Cirebon dan sangat istimewa, ia pun berharap kegiatan ini dapat terus diadakan supaya wawasan ibu-ibu mengenai kehamilan dan kesehatan meningkat.

Siang harinya, jumlah ibu hamil yang memeriksakan kandungannya jauh di atas perkiraan awal dan berhasil memecahkan rekor MURI (Museum Rekor Indonesia) 2015, yakni sebanyak 1228 orang ibu hamil. Penyerahan penghargaan dilakukan oleh Sri Widayati, Manager MURI, kepada Dr. Ali Budi Harsono, Sp.OG(K), perwakilan POGI Jawa Barat; kemudian Dr. Hermawan, SpOG, Ketua POGI Jabar Korwil V serta Head of Medical Marketing FFI Hendro Wibowo.