Frisian Flag Indonesia Bantu Peternak Tingkatkan Produktivitas Sapi Perah Melalui Program Renovasi Kandang

Berita

Jul 22, 2020

Frisian Flag Indonesia Bantu Peternak Tingkatkan Produktivitas Sapi Perah Melalui Program Renovasi Kandang

Frisian Flag Indonesia Bantu Peternak Tingkatkan Produktivitas Sapi Perah  Melalui Program Renovasi Kandang

Untuk membantu peternak sapi perah menghasilkan susu yang yang berkualitas, PT Frisian Flag Indonesia (FFI) saat ini tenga menjalankan program renovasi kandang bagi para peternak di Lembang dan Pangalengan, Jawa Barat. 


Memiliki kandang yang baik dan sesuai standar adalah syarat penting bagi kenyamanan peternak dan sapi perah. Kandang yang baik ditentukan oleh pemilihan lokasi tata letak, konstruksi, bahan, sirkulasi udara dan perlengkapan kandang. Saat ini sebagaian besar kondisi kandang sapi perah di Indonesia belum memenuhi syarat-syarat tersebut. Selain faktor pengetahuan, masalah biaya yang cukup besar untuk membangun kandang yang baik, menjadi tantangan utama para peternak.

Program renovasi kandang dari FFI ini mengacu pada Good Dairy Farming Practice (GDFP) yang diterapkan oleh FrieslandCampina seluruh dunia, dimana bertujuan untuk membantu peternak sapi perah dalam menghadapi tantangan menyamankan sapi perah mereka dan memudahkan peternak bekerja di kandang.

“Program ini memiliki empat tujuan, yakni memperbaiki kondisi kandang, meningkatkan kenyamanan sapi perah, meningkatkan produktivitas ternak, serta menjadikan peternak dan kandanganya sebagai contoh bagi peternak sapi perah lainnya,” ujar Akhmad Sawaldi selaku Manager DDP & Project FDOV PT Frisian Flag Indonesia.

Salah satu peternak dari KPSBU Lembang, Dadang Sadikin, mengakui banyak manfaat yang ia rasakan setelah kandang sapinya di renovasi. “Manfaat yang saya rasakan dari program ini adalah, peningkatan hasil produksi susu sapi sebanyak satu hingga dua liter sehari dengan jumlah pakan yang sama. Saya berharap program ini bisa terus berlanjut dan bisa dinikmati oleh peternak sapi perah lainnya,” ucapnya.

Dukungan penuh disampaikan oleh Ketua KPSBU Lembang sekaligus Ketua Gabungan Koperasi Seluruh Indonesia (GKSI), Dedi Setiadi. Bahwasannya program renovasi kandang memberikan manfaat nyata dalam meningkatkan produksi susu sapi.

“Dengan jumlah pakan yang sama, peningkatan hasil produksi susu sapi yang dialami rekan-rekan peternak dengan perbaikan kandang ini. Ini membuktikan bahwa kandang sapi perah yang dibangun dengan baik sesuai standar GDFP mampu meningkatkan produksi,” jelas Dedi yang berharap program ini bisa menjadi program renovasi secara mandiri dengan mencontoh kandang-kandang yang sudah diperbaiki.

Hingga saat ini sudah tujuh kandang peternak dari koperasi Lembang dan Pangalengan yang berhasil di renovasi kandanganya. Sedangkan bagi para peternak sapi perah mitra FFI di Lembang & Pangalengan yang ingin mengikuti program ini, bisa mendaftarkan diri dan akan ditindaklanjuti melalui proses verifikasi dan seleksi. Setelah persyaratan terpenihi, tim kontraktor yang ditunjuk tim proyek akan memulai proses administrasi dan melakukan renovasi.

Sebagai informasi, Program Renovasi Kandang merupakan salah satu bagian dari FDOV (Fasilitas untuk Kewirausahaan dan Keamanan Pangan Berkelanjutan). Fasilitas ini untuk memperkuat sektor swasta di Negara berkembang dan untuk meningkatkan keamanan pangan melalui kerjasama pemerintah dan swasta.