FRISIAN FLAG® Ajak UMKM Perempuan untuk Memberikan Produk dan Layanan Terbaik bagi Pelanggan

Our Milkpedia

Berita

Sep 26, 2022

FRISIAN FLAG® Ajak UMKM Perempuan untuk Memberikan Produk dan Layanan Terbaik bagi Pelanggan

FRISIAN FLAG® Ajak UMKM Perempuan untuk Memberikan Produk dan Layanan Terbaik bagi Pelanggan

Dalam rangka Hari Pelanggan Nasional yang jatuh pada 4 September, Frisian Flag Indonesia (FFI) mengajak para pelaku UMKM perempuan untuk terus meningkatkan produk dan layanannya kepada pelanggan. Dengan semangat 100 tahun #MelajuKuatBersama, FRISIAN FLAG® mendorong pelaku UMKM  perempuan untuk terus berkarya memberikan produk dan layanan terbaik yang menempatkan pelanggan sebagai prioritas utama. 


Semangat FFI dalam melayani pelanggan di Indonesia disampaikan dalam diskusi santai bersama rekan media dan komunitas Ibu Profesional yang tergabung dalam program Kedai Kreatif Susu Kental Manis FRISIAN FLAG®, Jumat (16/9/2022).

Pada diskusi kali ini, FFI menggandeng Founder Ibu Profesional Septi Peni Wulandani, Costumer Service Excellent Expert Lidya Angelina Rinaldi, serta dua ibu inspiratif yang tergabung dalam program Kedai Kratif Susu Kental Manis FRISIAN FLAG®, yaitu Nurin Silvia selaku founder Dapur MamaRins dan Wedaraningtyas selaku founder dari Gibran Cake and Cookies. Mereka saling berbagi cerita dan pengalamannya bagaimana pelaku UMKM perempuan dapat bekerja sama dan memajukan UMKM Indonesia dengan mengutamakan kepuasan pelanggan.

Corporate Affairs Director FFI Andrew F Saputro mengatakan, “Misi kami adalah memberikan produk-produk susu bergizi berkualitas dan terjangkau yang dapat dinikmati oleh masyarakat Indonesia di setiap tahap kehidupan. Kami mengembangkan produk-produk susu melalui berbagai inovasi dengan memperhatikan kebutuhan gizi dan selera masyarakat. Kami mengembangkan cara bagaimana dapat berinteraksi dengan para pelanggan FRISIAN FLAG®.

Saat ini, menurut hasil sebuah studi Qualtrics 2022 Global Consumer Trend, menyebutkan bahwa hampir semua konsumen di Indonesia (96%) tidak puas dengan layanan pelanggan yang mereka dapatkan pada tahun 2021 dan ketidakpuasan ini berpotensi merugikan usaha hingga US$59 miliar per tahun.

Oleh karena itu, Founder Ibu Profesional Septi Peni Wulandani sangat menyadari pentingnya pelaku UMKM untuk terus meningkatkan layanan kepada pelanggan. Septi mengatakan, “Potensi UMKM sangat besar dan memiliki dampak yang sangat positif bagi pemberdayaan para ibu yang memilih profesi Ibu Rumah Tangga. Kuncinya adalah bagaimana para ibu meningkatkan pengetahuannya dalam hal mengelola usaha rumahan secara professional dan melayani pelanggan dengan baik. Selain itu kualitas produk sangat berpengaruh secara siginifikan terhadap kepuasan pelanggan dan memberikan efek domino pada loyalitas pelanggan.”

Dari sisi praktisi, Costumer Service Excellent Expert Lidya Angelina Rinaldi mengatakan edukasi dan kepuasaan pelanggan adalah dua dari beberapa modal penting dalam keberhasilan sebuah usaha, termasuk yang sedang dia jalani saat ini. “Untuk menjaga loyalitas pelanggan, kami fokus melakukan bonding dengan mereka antara lain melalui sharing resep, melakukan baking online, dan sebagainya, sehingga mereka tertarik dan bisa tetap setia,” ujar Lidya.

Diskusi kali ini juga menjadi pengingat FFI untuk senantiasa menjaga komitmen dalam melayani pelanggan. Melalui produk-produk berbasis susu yang bergizi dan berkualitas dengan harga terjangkau, merupakan salah satu upaya FFI untuk memberikan pelayanan yang lebih baik, sehingga dapat mendorong keluarga Indonesia untuk mewujudkan generasi yang lebih sehat, sejahtera, dan selaras.