FFI #MelajuKuatBersama Ibu PKK Bangun Keluarga Indonesia yang Sehat, Sejahtera & Selaras

Our Milkpedia

Berita

Jul 22, 2022

FFI #MelajuKuatBersama Ibu PKK Bangun Keluarga Indonesia yang Sehat, Sejahtera & Selaras

FFI #MelajuKuatBersama Ibu PKK Bangun Keluarga Indonesia yang Sehat, Sejahtera & Selaras

FFI berkolaborasi dengan Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Barat memberikan Training of Trainers (ToT) seputar gizi dan kesehatan, peningkatan kesejahteraan dan keselarasan dengan lingkungan melalui program #MelajuKuatBersama Ibu PKK (Pahlawan Kemajuan Keluarga). Program ini merupakan bagian dari peringatan kehadiran FRISIAN FLAG® bersama keluarga Indonesia selama 100 Tahun bersamaan dengan momen peringatan Hari Keluarga Nasional 2022.

 

Corporate Affairs Director FFI, Andrew F. Saputro menekankan pentingnya peranan perempuan khususnya ibu selaku penggerak laju kemajuan keluarga, baik di sektor kesehatan, kesejahteraan dan keselarasan dengan lingkungan. Hal inilah yang mendasari FFI meggandeng komunitas ibu-ibu PKK, dan menggagas program #MelajuKuatBersama Ibu PKK (Pahlawan Kemajuan Keluarga).

“Pada sektor kesehatan, perempuan memiliki peran besar dalam pemenuhan gizi harian keluarga dan mencegah malnutrisi. Sementara terkait kesejahteraan, tak sedikit perempuan turut ambil bagian dalam pemenuhan ekonomi, sekaligus pengelola keuangan keluarga. Tak hanya itu, perempuan juga menjadi tumpuan dalam menjaga kelestarian lingkungan, dimulai dari pengeloaan sampah rumah tangga,” kata Andrew.

Peluncuran program ini mendapat respon positif dari Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Barat. Dalam sambutannya secara daring, Selasa (19/7/2022), Ketua 1 Bidang Pembinaan Karakter Keluarga TP PKK Provinsi Jawa Barat, Hj. Lina Marlina Ruzhan menyambut baik kolaborasi dan upaya yang dilakukan FFI dengan melibatkan komunitas PKK sebagai garda terdepan dalam melakukan perubahan bagi keluarga. Terkait permasalahan gizi khususnya isu stunting, Pemerintah Provinsi Jawa Barat bersama PKK setempat menargetkan tercapainya zero stunting pada 2023 mendatang.

“PKK sebagai komunitas penggerak di bawah Kementerian Dalam Negeri mengusung 10 tujuan pokok - yang 3 diantaranya bertujuan untuk meningkatkan Kesehatan, Pengembangan Kehidupan Berkoperasi, serta Kelestarian Lingkungan Hidup. Berbagai tujuan ini tentu tidak bisa dicapai tanpa dukungan dan intervensi dari berbagai pihak. Program ‘#MelajuKuatBersama Ibu PKK’, diharapkan dapat membantu terwujudnya tujuan-tujuan tersebut, serta memberikan dampak yang signifikan bagi kemajuan keluarga, khususnya di wilayah Jawa Barat,” ungkap Lina.

Pada kesempatan ini, Ibu-ibu PKK diberikan edukasi seputar gizi dan Kesehatan yang dipaparkan oleh Ketua PKGK FKM UI, Ahmad Syafiq, Ir, MSc, PhD. Tak hanya itu, mereka juga dibekali pengetahuan mengenai perencanaan keuangan keluarga yang dibagikan oleh Pakar Perencana Keuangan, Bareyn Mochaddin. Selain itu, mereka juga mendapat pengetahuan mengenai kelestarian lingkungan hidup yang dibagikan oleh Senior Campaign Executive Waste4Change, Khairunnisa Humaam. Melalui edukasi ini diharapkan nantinya mereka dapat membagikan pengetahuanya kepada keluarga di sekitar tempat tinggalnya untuk mewujudkan Indonesia yang sehat, sejahtera dan selaras.

Selain edukasi, FFI juga akan melakukan intervensi gizi berupa pemberian produk bergizi dan berkualitas untuk masyarakat. Setelah Jawa Barat, program ini juga akan dilanjutkan ke area Jawa Timur dan diharapkan dapat terus diperluas ke provinsi lain di Indonesia.