FFI Gandeng 1.500 Kader PKK dan Komunitas Perempuan Tangerang, Dorong Pentingnya Sarapan Gizi Seimbang dan Aktif Bergerak

Our Milkpedia

Berita

Feb 26, 2023

FFI Gandeng 1.500 Kader PKK dan Komunitas Perempuan Tangerang, Dorong Pentingnya Sarapan Gizi Seimbang dan Aktif Bergerak

FFI Gandeng 1.500 Kader PKK dan Komunitas Perempuan Tangerang, Dorong Pentingnya Sarapan Gizi Seimbang dan Aktif Bergerak

FFI bekerja sama dengan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) & Dinas Kesehatan setempat melakukan acara edukasi ribuan kader PKK & komunitas perempuan di Tangerang mengenai pentingnya sarapan gizi seimbang & gaya hidup sehat aktif, Minggu (26/2/2023).


Edukasi ini perlu dilakukan mengingat sarapan menjadi momen penting dan pondasi sebelum memulai hari, untuk mendukung gaya hidup aktif serta membantu membangun daya tahan alami seluruh anggota keluarga.


Corporate Affairs Director FFI, Andrew F. Saputro mengungkapkan edukasi dan intervensi terkait gizi seimbang menjadi langkah yang perlu diambil untuk membantu menyelesaikan permasalahan gizi dan kesehatan yang tengah kita hadapi. Selain itu, pembiasaan pola hidup aktif juga penting untuk terus disuarakan guna membangun generasi yang sehat, dimulai dari keluarga.


“Inisiatif edukatif yang dilakukan FFI, menjadi wujud komitmen kami dalam mendukung terciptanya masyarakat Indonesia yang Sehat, Sejahtera dan Selaras – sesuai dengan visi perusahaan ‘Nourishing Indonesia to Progress’. FFI juga ingin terus menjadi bagian dari keluarga Indonesia, khususnya menemani di momen sarapan sebagai salah satu waktu terpenting dalam pemenuhan energi dan gizi untuk memulai hari, serta membantu membangun daya tahan alami seluruh anggota keluarga,” kata Andrew.


Komitmen untuk berpartisipasi aktif dalam upaya pemenuhan gizi seimbang dan pembiasaan gaya hidup aktif di keluarga juga disampaikan oleh Ketua TP PKK Kota Tangerang, Aini Suci Wismansyah.


Menurutnya, sebagai komunitas yang menaungi para ibu sebagai penggerak keluarga, PKK ingin berperan lebih aktif lagi dalam menemani para ibu untuk sigap menyiapkan sarapan sehat guna membangun kesadaran pentingnya sarapan bergizi seimbang dan penerapan gaya hidup aktif.


“Kami mengapresiasi inisiatif dari Frisian Flag Indonesia, yang secara aktif memberikan edukasi dan inspirasi yang tentunya sangat kami butuhkan. Tak berhenti di kami, edukasi yang hari ini diterima juga akan terus kami sosialisasikan dan sebarkan, agar memberi dampak lebih, dalam upaya membangun generasi Indonesia yang lebih sehat dan aktif,” ujar Aini.


Turut hadir dalam kegiatan edukasi ini, Dina Mariana selaku Pengawas Farmasi dan Makanan Ahli Madya Direktorat Pengawasan Peredaran Pangan Olahan dari BPOM. Pada kesempatan yang sama, Dina menekankan untuk selalu mencermati label pangan yang tertera pada kemasan pada saat membeli pangan olahan.


“Penting bagi para ibu untuk mencermati label pangan yang tertera pada kemasan, mulai dari informasi kedaluwarsa, komposisi gizi, nama produsen, kehalalan produk, hingga nomor izin edar. Juga perlu membaca dengan saksama Informasi Nilai Gizi pada pangan olahan, untuk disesuaikan dengan kebutuhan gizi harian anggota keluarga. Jadi, jangan lupa untuk Cek KLIK (Kemasan, Label, Izin Edar, dan Kedaluwarsa),” kata Dina.


Urgensi edukasi terkait pemenuhan gizi seimbang juga digaungkan pemerintah, salah satunya melalui pedoman Isi Piringku. Dokter yang juga aktif mengedukasi masyarakat melalui media social, dr. Gia Pratama menjelaskan, pemenuhan gizi seimbang menjadi hal yang mutlak dibutuhkan, termasuk saat sarapan. Menjadi momen terpenting dalam memulai hari, pemenuhan gizi seimbang saat sarapan menjadi pondasi untuk mendukung gaya hidup aktif dan menjalankan berbagai kegiatan harian. Pedoman Isi Piringku dapat dijadikan acuan dalam mempersiapkan asupan untuk keluarga.


“Dalam mempersiapkan asupan keluarga perlu diingat oleh para ibu, bahwa kebutuhan setiap anggota keluarga tentu berbeda. Jika pada dewasa umumnya pedoman asupan Isi Piringku terdiri dari 50 persen sayur dan buah, sedangkan 50 persen lainnya karbohidrat dan protein - pada anggota keluarga yang membutuhkan energi lebih, kebutuhan karbohidrat dan protein pada setiap porsinya lebih besar dibanding sayur dan buah. Apalagi di pagi hari, ketika kebutuhan energi dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan aktivitas harian,” jelasnya.


Selain itu, FFI melalui produk FRISIAN FLAG Susu Kental Manis Full Cream Gold, juga menginspirasi para ibu dalam menyiapkan sarapan bergizi yang mudah dan nikmat melalui kehadiran Resep Mantul (Manis Nikmat dalam 7 Langkah). Tak hanya membantu meningkatkan rasa dari berbagai jenis asupan, FRISIAN FLAG Susu Kental Manis Full Cream Gold juga melengkapi asupan gizi pada makanan karena terbuat dari susu sapi segar dan mengandung 9 vitamin dan 5 mineral.