FFI Fasilitasi Dialog antara Peternak Muda Belanda dengan Peserta Young Farmer Academy

Berita

Oct 02, 2017

FFI Fasilitasi Dialog antara Peternak Muda Belanda dengan Peserta Young Farmer Academy

FFI Fasilitasi Dialog antara Peternak Muda Belanda dengan Peserta Young Farmer Academy

Frisian Flag Indonesia menghadirkan enam peternak muda asal Belanda untuk berbagi ilmu dan pengalaman dalam membangun organisasi peternak muda dengan para peserta Young Farmer Academy dari Indonesia. Hal ini merupakan perwujudan salah satu komitmen FFI untuk menciptakan peternak muda yang potensial di masa depan.  

Setelah melewati berbagai tahapan pelatihan teknis – mulai dari kualitas dan harga susu, pemberian pakan, cow signal, pembuatan silase, pemeliharaan pedet, dan non-teknis – berupa motivasi, sebanyak 30 peternak muda potensial dari program Young Farmer Academy berkumpul di Pangalengan, Bandung, untuk mengikuti lokakarya spesial yang dibawakan oleh enam orang peternak sapi perah muda asal Belanda. Mereka merupakan anggota Asosiasi Peternak Muda (NAJK). Para peternak muda ini berbagi pengetahuan dan pengalaman mereka dalam membangun sebuah peternakan dan memiliki organisasi peternakan sebagai sarana untuk berkembang.

Melalui kegiatan ini, diharapkan para peternak muda ini bisa mengerti dan memahami cara membangun sebuah organisasi peternakan yang berbadan hukum. Tujuannya adalah agar mereka bisa mandiri dan bisa membawa peternak muda di Indonesia menjadi pebisnis yang handal dalam usaha peternakan sapi perah. “Organisasi itu nantinya akan menjadi wadah bagi mereka untuk bertukar pikiran, berbagi ilmu dengan sesama peternak lainnya, baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Bahkan mereka bisa juga memberikan masukan kepada pemerintah atau stakeholder lain mengenai perkembangan sapi perah di Indonesia,” jelas Akhmad Sawaldi selaku Manager DDP dan FDOV Project Frisian Flag Indonesia.

Selama di Pangalengan, para peternak muda ini berkumpul dan saling berdiskusi, berbagi ilmu, serta bertukar pengalaman dalam membangun dan menjalankan sebuah peternakan. Momen ini mereka manfaatkan untuk bisa mendapatkan ilmu sebanyak-banyaknya, agar mimpi mereka untuk menjadi peternak muda yang sukses bisa terwujud. “Suatu kehormatan bagi kami bisa berbagi ilmu pengetahuan kepada peternak muda yang sangat antusias di Indonesia. Kami berharap pengalaman kami dapat memberi inspirasi, bukan hanya mengenai cara membangun peternakan sapi perah yang modern, tetapi juga mengenai pentingnya membangun sebuah organisasi peternak muda, agar mereka bisa mengembangkan potensi dalam usaha ini,” papar Cornelis Van Der Saar, salah satu peternak muda Belanda.

Program Young Farmer Academy merupakan bagian dari proyek FDOV. Proyek ini terselenggara melalui kerja sama antara FrieslandCampina dan FFI, serta rekanannya (The Friesian, Wageningen University/WUR, Agriterra, Koperasi Lembang dan Pangalengan). FDOV mendapatkan dukungan penuh dari pemerintah Belanda melalui kerja sama pemerintah-swasta dari Kementerian Luar Negeri Belanda, yang disebut FDOV (Faciliteit Duurzam Ondernemen en Voedselzekerheid). Melalui FDOV, FFI berkomitmen untuk meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan para peternak sapi perah di Indonesia agar bisa berkelanjutan, melalui rangkaian pelatihan dan dukungan teknis dari berbagai pihak.