FFI Bersama PERGIZI PANGAN Indonesia, Rayakan Hari Susu Sedunia & Hari Susu Nusantara Melalui Seminar Daring yang Diikuti Ribuan Peserta

Berita

Jun 03, 2020

FFI Bersama PERGIZI PANGAN Indonesia, Rayakan Hari Susu Sedunia & Hari Susu Nusantara Melalui Seminar Daring yang Diikuti Ribuan Peserta

FFI Bersama PERGIZI PANGAN Indonesia, Rayakan Hari Susu Sedunia & Hari Susu Nusantara Melalui Seminar Daring yang Diikuti Ribuan Peserta

Dalam rangka memperingati Hari Susu Sedunia & Hari Susu Nusantara 2020, PT Frisian Flag Indonesia (FFI) bersama PERGIZI PANGAN Indonesia menggelar seminar melalui daring pada 2 Juni 2020, yang diikuti oleh ribuan peserta publik , yang meliputi para akademisi. Dalam diskusi yang bertajuk ‘Kebaikan Susu sebagai Bagian Gizi Seimbang, dari Peternak Sapi Perah untuk Keluarga Indonesia Sehat Berprestasi’, FFI ingin menyebarkan dan mengingatkan kembali akan manfaat kebaikan susu serta mengajak keluarga Indonesia untuk mengapresiasi jerih payah para peternak susu sapi perah lokal, yang selama ini berkomitmen memberikan susu segar berkualitas untuk di konsumsi. Dalam kesempatan yang sama, Frisian Flag Indonesia juga menggelar Webinar yang diikuiti oleh para rekan-rekan media nasional, dengan harapan, informasi ini bisa diteruskan dan diterima oleh seluruh masyarakat Indonesia.

Diskusi daring ini menghadirkan para pembicara berkualitas dari jajaran pemerintah dan pakar gizi. Diantaranya adalah Deputi Menteri Bidang Pembangunan Manusia, Masyarakat dan Kebudayaan Kementerian PPN/BAPPENAS, Dr. Ir. Subandi Sardjoko, M.Sc.,  Deputi Menteri Bidang Tumbuh Kembang Anak KPPPA, Dra. Leny N. Rosalin, M.Sc., Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian, Dr. Drh. I Ketut Diamita, MP.,  Direktur Pengolahan dan Pemasaran Produk Hasil Peternakan Kementerian Pertanian, Ir. Fini Murfiani, M.Si.,  Ketua TP PKK Prov. Jawa Barat, Atalia Praratya Ridwan Kamil, Ketua Umum PERGIZI PANGAN Indonesia, Prof. Dr. Hardinsyah MS. beserta jajaran pengurusnya, Ketua Gabungan Koperasi Susu Indonesia, Dedi Setiadi, Ketua Ikatan Sarjana Peternakan Indonesia, Ir. Didiek Purwanto, serta pasangan legenda bulutangkis Indonesia Susy Susanti dan Alan Budikusuma.

Menariknya, sebagai salah satu rangkaian perayaan ini, Frisian Flag dan PERGIZI PANGAN bekerjasama untuk turut menyumbangkan produk susu yang dihitung dari jumlah peserta yang mengikuti seminar tersebut. Setiap peserta secara otomatis turut menyumbangkan 1 karton produk susu UHT Frisian Flag botol bagi mereka yang membutuhkan melalui kegiatan PERGIZI PEDULI. Hasilnya, setidaknya 24.000 botol susu siap minum akan segera didistribusikan langsung ke wilayah Jabodetabek.

“Ini merupakan momen penting pagi FFI untuk terus mengajak keluarga Indonesia menikmati dan mendapatkan manfaat dari kebaikan susu. Selain itu juga, pada perayaan Hari Susu Sedunia ini, kami ingin mengajak keluarga Indonesia untuk mengapresiasi para peternak susu yang telah berkomitmen dalam menghasilakan susu segar berkualitas sehingga membantu FFI menghasilkan produk-produk susu yang  bergizi,” papar Andrew F. Saputro, Corporate Affairs Director PT Frisian Flag Indonesia.

Pada diskusi ini, Ketua Umum PERGIZI PANGAN, Prof. Hardinsyah menyampaikan pengetahuan mengenai kebaikan-kebaikan dalam segelas susu. “Dalam segelas susu, terkandung separuh kebutuhan Vitamin D dan kalsium, mengandung seperempat kebutuhan Vitamin B12 dan seperenam kebutuhan protein dan asam lemak essential yang dibutuhkan tubuh setiap harinya,” paparnya.

Manfaat kebaikan susu ternyata sangat dirasakan oleh pasangan pebulutangkis legenda dunia Alan Budikusuma dan Susy Susanti. Mereka mengakui jika susu dan asupan pola makan dengan gizi seimbang membantu mendukung stamina dan kesehatan mereka hingga kini. “Kebiasaan baik ini sudah keluarga kami terapkan sejak kami kecil. Dan kini kami turunkan kebiasaan baik ini kepada anak-anak kami,” ucap Susy. Alan menambahkan jika atlet-atlet muda binaannya pun diwajibkan minum susu dan makan makanan gizi seimbang. “Porsi latihan yang besar, membutuhkan tenaga yang banyak. Minum susu dan makan makanan yang bergizi sangat membantu untuk menjaga stamina dan performa mereka di lapangan.”

Produk susu dengan gizi yang baik tentunya tidak lepas dari upaya peternak sapi perah lokal Indonesia yang berkomitmen menghasilkan susu segar berkulitas. Untuk mendukung komitmen serta membantu meningkatkan kesejahteraan para peternak sapi perah ini, FFI secara berkelanjutan memberikan edukasi dan pembekalan melalui program, diantaranya adalah Farmers2Farmers yang sudah dijalani sejak tahun 2013. Program berkelanjutan ini kini sudah menjangkau 20.000 peternak sapi perah dari 14 koperasi di Indonesia.

“Untuk bisa tumbuh dan berkembang, peternak sapi perah lokal membutuhkan dukungan berbagai pihak baik dari pemerintah maupun swasta. Kami harus selalu dan terus belajar untuk meningkatkan potensi dan kapasitas diri untuk memproduksi susu sapi yang berkualitas dan mengembangkan usaha. Kami berharap hal ini akan memberikan manfaat bagi kesejahteraan peternak dan keluarganya,” imbuh Dedi Setiadi selaku Ketua Gabungan Koperasi Susu Indonesia.