Bangun Pabrik Baru, Frisian Flag Indonesia Terapkan Teknologi Modern Ramah Lingkungan

Our Milkpedia

Berita

Mar 12, 2021

Bangun Pabrik Baru, Frisian Flag Indonesia Terapkan Teknologi Modern Ramah Lingkungan

Bangun Pabrik Baru, Frisian Flag Indonesia Terapkan Teknologi Modern Ramah Lingkungan

Untuk memperkuat komitmennya dalam berinovasi dan meningkatkan status gizi keluarga Indonesia, PT Frisian Flag Indonesia (FFI) membangun pabrik baru di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, dengan nilai investasi sebesar 3,8 triliun rupiah.


FFI menerapkan teknologi modern di pabrik Cikarang dengan membangun infrastruktur pendukung yang ramah lingkungan di atas tanah seluas 25,4 hektar yang direncanakan rampung dan siap beroperasi di tahun 2023.

Peresmian pembangunan ditandai dengan seremoni Groundbreaking oleh Presiden Direktur PT Frisian Flag Indonesia, Maurits Klavert bersama Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita, Deputi Bidang Promosi Penanaman Modal, Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Ikmal Lukman, Duta Besar Kerajaan Belanda untuk Republik Indonesia, Lambert Grijns serta Komisaris PT Frisian Flag Indonesia, Cahyadi Heriantio.

 Dalam sambutannya, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan “Kami memandang pembangunan pabrik baru FFI yang memproduksi susu cair dan susu kental manis  dan menyerap banyak tenaga kerja adalah sebuah strategi bisnis yang tepat untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia akan produksi susu olahan yang berkualitas. Kami yakin peluang pasar dan tingkat konsumsi produk susu olahan akan terus tumbuh tinggi ke depannya. Kami mengharapkan investasi akan terus dilanjutkan. Setiap investasi harus win-win; investor harus win, pemerintah harus win dan masyarakat harus win.”

Tak hanya itu, Deputi Bidang Promosi Penanaman Modal Ikmal Lukman dari BKPM memberikan apresiasinya kepada FFI. “Prosesi Groundbreaking ini adalah sebagai salah satu role model dari perusahaan yang serius merealisasikan investasi melalui fasilitas perizinan oleh pemerintah Indonesia. FFI juga berkomitmen akan bermitra dengan pelaku usaha nasional yang ada di daerah dan juga UMKM, semoga penambahan fasilitas ini dapat memberikan manfaat tidak saja untuk perusahaan, namun juga untuk masyarakat luas, khususnya di daerah Cikarang, Jawa Barat,” sambut Ikmal.

Selain itu, Presiden Direktur FFI, Maurits Klavert menambahkan, “FrieslandCampina mengusung misi Nourishing a Better Planet dan secara aktif menjaga kelestarian lingkungan di manapun kami beroperasi. Kami melakukan terobosan teknologi dan inovasi seperti penggunaan Biomass Boiler untuk menghasilkan tenaga uap, pengelolaan air dalam lingkungan pabrik melalui fasilitas Waste Water Recycling, serta menggunakan sistem atap Solar Panel untuk memanfaatkan sinar matahari. Uap, air dan panas matahari kami kelola mandiri menjadi sumber energy untuk operasional pabrik. Pendekatan ini sudah kami lakukan di dua pabrik terdahulu dan di pabrik yang baru ini akan kami tingkatkan pemanfaatannya. Hasilnya adalah energy terbarukan yang membantu kami mengurangi emisi karbon hingga 45%.”

Pabrik baru ini akan memiliki fasilitas produksi atau pengolahan produk susu cair siap minum dan susu kental manis yang akan di ekspor ke beberapa negara tetangga, sentra logistik dan distribusi, serta perkantoran yang ramah lingkungan.

Dengan berkembangnya usaha, FFI jugga akan meningkatkan penyerapan susu segar dalam negeri yang dipasok oleh belasan ribu peternak sapi perah rakyat di tanah air dan peningkatan kerjasama dengan para mitra bisnis baik para pemasok maupun ratusan mitra distributor yang tersebar di seluruh Indonesia. Langkah ini juga untuk mendukung FFI dalam menyediakan produk susu bergizi dan terjangkau sebagai upaya membangun keluarga kuat dan mendukung peningkatan status gizi jutaan keluarga Indonesia.