Rahasia Umur Panjang Penduduk China dan Jepang

| 17 Agu 2017

Rahasia Umur Panjang Penduduk China dan Jepang


Bila Anda pernah mendengar pepatah you are what you eat, berarti Anda sudah mengetahui salah satu rahasia panjang umur orang Jepang atau China. Bukan teknologi canggih atau obat mahal untuk memelihara kesehatan hingga usia senja, tapi konsumsi makanan bergizi seimbang dan pola hidup sehat  seperti rajin berjalan kaki. Bagaimana agar kita bisa mengikuti kebiasaan ini? Salah satunya adalah dengan mencontoh kebiasaan konsumsi makanan bergizi seimbang yaitu minum susu.

Kenapa minum susu? Ternyata minum susu berpotensi memanjangkan usia. Profesor Ian Givens, dari University of Reading mengatakan ketika jumlah kematian dari serangan jantung, stroke dan kanker colorectal dihitung, ada bukti kuat bahwa konsumsi susu bisa mengurangi risiko kematian akibat penyakit kronis. University of Reading mengumumkan bahwa ini adalah pertama kalinya ditemukan risiko penyakit yang dikaitkan dengan susu, menyusul tingginya jumlah kematian yang diakibatkan jantung dan stroke. 

Kandungan zat gizi dalam susu memang bisa menyehatkan tubuh. Dalam segelas susu terdapat zat gizi makro seperti karbohidrat yang menjadi sumber energi, protein untuk pertumbuhan sel-sel dan lemak untuk melindungi organ penting tubuh, serta zat gizi mikro seperti vitamin dan mineral untuk mendukung metabolisme tubuh. Susu juga merupakan sumber protein dan kalsium yang  baik setara telur. Minum susu setidaknya 1 kali dalam sehari dapat membantu melengkapi asupan gizi tubuh, membantu meningkatkan daya tahan, dan menjaga kesehatan. 

Para peneliti mengumpulkan informasi dari kurang lebih 300 kajian yang sebelumnya telah dilakukan pada susu dan hubungannya dengan stroke, jantung koroner, dan penyakit diabetes, lalu membandingkannya dengan informasi mengenai jumlah kematian yang disebabkan oleh masalah-masalah kesehatan.

Para peneliti menyebutkan bahwa pola konsumsi makanan bergizi seimbang, gaya hidup yang menekankan aktivitas fisik, ditambah dengan hubungan baik dengan keluarga adalah faktor-faktor yang mendukung umur panjang. Itulah mengapa orang Jepang lebih sehat dan memiliki usia harapan hidup tinggi. 

Nampak sangat sederhana bila dicermati karena semua dimulai dari pola konsumsi  sehari-hari. Ini juga sesuai dengan saran Bapak Pengobatan Barat, Hippocrates untuk mengonsumsi makanan yang baik untuk tubuh dan kesehatan melalui pernyataannya ‘let food be your medicine’, jadikan makanan sebagai obat Anda.

Karena itu, yuk budayakan hidup sehat mulai dari apa yang kita makan sehari-hari, apalagi hidup sehat itu sangat mudah dan menyenangkan. Jadikan minum susu sebagai bagian dari pola konsumsi makanan bergizi seimbang  sehari-hari. Siapkan selalu susu kental manis Frisian Flag Fullcream Gold, Frisian Flag Bendera Kental Manis, dan Frisian Flag Bendera Cokelat. Konsumsi Susu Kental Manis Frisian Flag setiap hari sesuai dengan saran penyajian disertai dengan pola makan yang baik (mengatur asupan gula, garam dan lemak sesuai kebutuhan harian) serta olahraga teratur akan mendukung kesehatan keluarga.



Artikel Terkait