Mitos Atau Fakta: Susu Bikin Gemuk?

| 22 Jul 2017

Mitos Atau Fakta: Susu Bikin Gemuk?

Sebagai salah satu sumber kalsium terbaik, susu sudah seharusnya masuk dalam menu makan Anda setiap hari. Sayangnya, tidak sedikit orang yang enggan minum susu dengan alasan takut gemuk. Padahal ini adalah mitos yang perlu diluruskan. Selama diminum sesuai porsinya, katakanlah 1 - 2 gelas per hari, susu tidak akan membuat Anda gemuk. Sebab, susu sama seperti menu makanan lain yang juga mengandung lemak dan sejumlah kalori. Bila Anda tidak memerhatikan total kalori harian yang masuk ke dalam tubuh Anda, tanpa susu pun bobot Anda akan tetap bertambah.

Kalori Pada Susu

Apa yang menyebabkan berat badan naik? Sederhana saja, kalori yang masuk ke dalam tubuh lebih banyak daripada kalori yang dibakar oleh tubuh. Sebenarnya tidak ada makanan spesifik dalam menjaga berat badan, karena yang perlu Anda perhatikan adalah keseimbangan antara kalori yang masuk dan dibakar. Terkandung sekitar 150 kalori pada segelas susu murni atau whole milk, 140 kalori pada susu rendah lemak 2%, 100 kalori pada susu rendah lemak 1%, dan 80 kalori pada skim milk.  Minum susu tidak akan menaikkan berat badan selama diminum dalam porsi yang  dianjurkan. Jangan lupa, tubuh Anda juga butuh lemak dan kandungan lemak pada segelas susu tidak melebihi jumlah yang tubuh butuhkan.

Sadari Total Kalori Harian

Kebutuhan kalori tiap orang berbeda karena dipengaruhi beberapa faktor, seperti usia, berat badan, tinggi badan, dan tingkat aktivitas. Seandainya hanya 2000 kalori per hari yang boleh dikonsumsi agar berat tubuh Anda ideal, maka minum susu tidak akan memengaruhi berat badan selama jumlah kalori pada susu   termasuk di dalam hitungan 2000 kalori. Minum 1-2 gelas susu setiap hari justru baik bagi kesehatan berkat ragam kandungan  gizinya. Selain protein dan kalsium, Anda bisa mendapatkan vitamin A dan D. Tak ketinggalan, susu merupakan asupan  bergizi yang  mudah diserap oleh tubuh dan memberikan tambahan energi. Jadi, sebaiknya tambahkan susu sebagai salah satu menu dalam pola makan sehat Anda.

Jadi, jangan jadikan susu alasan berat badan Anda bertambah. Manfaatkan segala kebaikan dan kelezatan susu yang bisa membuat Anda dan seluruh anggota keluarga semangat beraktivitas setiap hari. Konsumsi  dua gelas Susu Kental Manis Frisian Flag Full Cream Gold  yang  diproduksi dengan susu segar serta sumber 9 Vitamin (Vitamin A, D3, E, B1, B2, B3, B6, B12 dan C) dan 5 mineral (Kalsium, Fosfor, Selenium, Mangan dan Yodium) dapat memberikan energy sebanyak 260 kkal dan 6 gr protein untuk melengkapi asupan kalori harian Anda. . Susu Kental Manis Frisian Flag tersedia dalam  3 varian, yakni Frisian Flag Full Cream Gold,  Frisian Flag Bendera Kental Manis dan Frisian Flag Bendera Cokelat  dalam kemasan kaleng, pouch dan sachet yang praktis dan ekonomis .

Artikel Terkait