Mendapatkan Rasa Susu Yang Tepat Lewat 5 Aturan Sederhana

| 13 Okt 2017

Mendapatkan Rasa Susu Yang Tepat Lewat 5 Aturan Sederhana

Meski bergizi, tak jarang orang malas minum susu karena rasanya yang tidak sesuai selera. Ini bisa jadi karena penyajian susu yang tidak tepat. Untuk mendapatkan rasa susu yang tepat dan Anda bersemangat meminumnya, sajikan susu dengan memperhatikan 5 aturan minum susu sederhana berikut.

Sesuaikan takaran airnya

Terlalu banyak atau kekurangan air dapat merusak cita rasa segelas susu. Anda cukup membaca dan mematuhi petunjuk cara pembuatan yang tertera pada kemasan susu bubuk atau kental manis, misalnya campurkan 4 sendok makan susu kental manis dengan segelas air (±140 ml).

Minum sesuai anjuran

Hindari minum susu berlebihan. Selain dapat mengganggu sistem pencernaan, juga agar Anda tidak jenuh minum susu. Minum susu tiap hari sesuai aturan dan kebutuhan usia. Canada’s Food Guide merekomendasikan 2 gelas susu per hari bagi anak usia 2-8 tahun dan dewasa usia 19-50 tahun, sedangkan maksimal 4 gelas susu per hari bagi mereka yang berusia 9-18 tahun.

Temperatur Susu

Hindari memasukkan susu ke dalam freezer untuk mendapatkan susu dingin. Bila ingin menikmati sajian susu hangat, dikutip dari Okezone Food, ahli gizi Emilia Achmadi menjelaskan bahwa sebaiknya susu hanya dipanaskan hingga suhu 50oC. Lebih dari itu, tidak hanya merusak kandungan gizi, susu panas juga dapat membuat mulut Anda terasa terbakar.

Sajikan di waktu yang tepat

Selain di pagi hari, Anda bisa menikmati susu di malam hari, 90 menit sebelum tidur, namun 20-30 menit setelah makan malam. Kandungan asam amino triptofan pada susu bantu memproduksi hormon serotonin dan melatonin yang dapat membuat tidur Anda lebih lelap. Namun hindari minum susu tepat sesudah makan, karena bisa menimbulkan rasa “penuh”.

Sajikan sebagai pendamping

Anda bisa mencelupkan cookies favorit Anda ke dalam segelas susu, menuangkan susu ke dalam mangkuk sereal Anda, atau tambahkan susu pada segelas smoothie sebagai tambahan zat gizi.

Agar Anda dan keluarga semangat minum susu, andalkan lezatnya rasa Susu Kental Manis Frisian Flag Full Cream Gold yang diproduksi dengan susu segar dengan kandungan zat gizi makro (protein, karbohidrat dan lemak) serta sumber 9 Vitamin (Vitamin A, D3, E, B1, B2, B3, B6, B12 dan C) dan 5 mineral (Kalsium, Fosfor, Selenium, Mangan dan Yodium).   Konsumsi Susu Kental Manis Frisian Flag Full Cream Gold setiap hari sesuai dengan saran penyajian disertai dengan pola makan yang baik serta olahraga teratur untuk mendukung kesehatan keluarga dan memenuhi kebutuhan zat gizi harian.

Artikel Terkait