Ini Bedanya Khasiat Susu Sapi dan Susu Kedelai!

| 10 Nov 2017

Ini Bedanya Khasiat Susu Sapi dan Susu Kedelai!

Saat ini, susu kedelai dan susu almond jadi alternatif gizi selain susu sapi. Ketiganya mengandung protein, kalium, magnesium, dan khasiat susu lainnya yang serupa dengan kandungan susu sapi. Benarkah demikian? Yuk cari tahu benarkah kandungan dan khasiat susu kedelai atau almond tak jauh berbeda dengan khasiat susu sapi.

Yang membedakan susu sapi dengan susu almond dan kedelai adalah sumber proteinnya. Protein dalam susu sapi adalah protein hewani sedangkan protein dalam susu almond dan kedelai adalah protein nabati.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh American Journal of Clinical Nutrition menyebutkan ada perbedaan yang membuat khasiat susu pada susu sapi tak bisa digantikan oleh jenis susu lainnya. Penelitian tersebut menyebutkan bahwa pertambahan tinggi badan pada anak yang minum susu sapi setiap hari lebih cepat daripada anak yang meminum susu kedelai atau susu almond. Dr. Jonathon Maguire, penulis utama studi tersebut mencetuskan bahwa anak usia tiga tahun yang mengonsumsi tiga cangkir susu non-sapi lebih pendek 1,5 sentimeter dari anak-anak yang minum susu sapi. Perbedaan tinggi tersebut nampak pada 5.034 anak-anak berusia 2-6 tahun yang menjadi subyek penelitian yang berlangsung mulai Desember 2008 hingga September 2015 di sebuah rumah sakit di Toronto.

Hasil penelitian ini menarik perhatian Connie Weaver, seorang profesor ilmu gizi dari Universitas Purdue. Dalam tulisannya, Weaver menyebutkan bahwa beberapa minuman nabati seperti susu almond memiliki kandungan protein yang lebih rendah. Dia menduga hal ini turut memengaruhi penyerapan kalsium yang pada akhirnya memengaruhi pertumbuhan anak.

Studi tersebut menjelaskan bahwa protein pada susu sapi lebih tinggi ketimbang susu nabati. Khasiat susu sapi lainnya adalah adanya kandungan Insulin-like Growth Factor-1 (IGF-1) yang tidak dimiliki oleh susu nabati. IGF-1 diketahui bisa membantu mendorong pertumbuhan. Meski demikian, Weaver menyebutkan bahwa minuman nabati tetap bisa dijadikan salah satu alternatif sumber zat gizi yang dibutuhkan seperti protein, kalsium, magnesium, kalium.

Pastikan kandungan susu yang Anda sajikan untuk keluarga memenuhi angka kecukupan gizi harian yang dianjurkan. Sediakan Susu Kental Manis Frisian Flag Full Cream Gold setiap hari dan konsumsi sesuai dengan saran penyajian. Sertai dengan pola makan yang baik serta olahraga teratur untuk mendukung kesehatan keluarga Anda.

ARTIKEL TERKAIT