Dari Segelas Susu, Semua Manfaat Ini Bisa Anda Dapatkan!

| 13 Sep 2017

Dari Segelas Susu, Semua Manfaat Ini Bisa Anda Dapatkan!

Minum susu di pagi hari atau setelah olahraga mungkin sudah sering Anda lakukan. Yang mungkin Anda belum tahu adalah apa yang terjadi pada tubuh Anda setelah Anda minum segelas susu. Simak empat manfaat susu di bawah ini:

1. Sumber Energi 

Anda akan merasa lebih berenergi karena kandungan zat gizi makro (karbohidrat, protein dan lemak) di dalam susu dapat menghasilkan energi.  Riboflavin (Vitamin B2) dalam susu juga efektif mengubah karbohidrat menjadi glukosa yang merupakan sumber energi bagi tubuh. Kandungan potasium (kalium) membantu jantung memompa darah ke seluruh tubuh sehingga Anda merasa bugar. Kalium juga membantu mempertahankan, memelihara, serta menjaga keseimbangan elektrolit, cairan, dan asam basa tubuh.

2. Lebih Fokus Menjalani Aktivitas

Susu juga membantu meningkatkan konsentrasi dan mencegah stres. Penelitian yang diterbitkan International Dairy Journal menyebutkan bahwa orang dewasa yang mengonsumsi enam gelas susu dalam sepekan memiliki tingkat fokus dan daya ingat lebih baik daripada yang jarang atau tidak minum sama sekali. Para peneliti dari University of Maine juga menemukan bahwa kandungan magnesium dalam susu memiliki manfaat mencegah pikun.

3. Efektif Mengganti Cairan

Susu direkomendasikan untuk dikonsumsi setelah berolahraga karena, menurut National Dairy Council, efektif untuk rehidrasi dan menggantikan cairan yang hilang. Karbohidrat dan protein dalam susu pun bisa me-recharge energi dan mencegah terjadinya kerusakan otot karena risiko berolahraga.

4. Meredakan Gejala Premenstrual Symptoms (PMS)

Untuk perempuan, manfaat susu putih adalah meredakan sakit datang bulan. Studi yang dipublikasi di Journal of Obstetrics and Gynaecology Research menjelaskan bahwa perempuan yang rutin mengonsumsi susu mengalami lebih sedikit nyeri menstruasi dibanding mereka yang tidak minum susu. Studi tersebut mengungkapkan bahwa ini berkat bantuan kalsium dan magnesium yang terdapat dalam susu.

National Center of Biotechnology Information menguatkan temuan bahwa kalsium dalam susu mampu mengurangi gejala PMS seperti depresi, kelelahan, dan meningkatnya nafsu makan.

Masih banyak lagi manfaat susu selain dari empat hal di atas. Mengingat banyaknya manfaat dari susu, mulai sekarang ajak keluarga dan orang-orang tersayang untuk rutin mengonsumsi susu setiap hari untuk membantu memenuhi kebutuhan zat gizi harian. Konsumsi Susu Kental Manis Frisian Flag Full Cream Gold setiap hari sesuai dengan saran penyajian disertai dengan pola makan yang baik (mengatur asupan gula, garam, dan lemak sesuai kebutuhan harian) serta olahraga teratur akan mendukung kesehatan keluarga.

Artikel Terkait